10 Manfaat Terong Belanda untuk Ibu Hamil

Segudang manfaat yang kaya akan nutrisi jika mengonsumsi terong belanda saat hamil

4 Februari 2020

10 Manfaat Terong Belanda Ibu Hamil
Amazon.com

Ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin di dalamnya. Salah satu yang perlu dicoba adalah terong Belanda. Terdapat segudang manfaat terong Belanda untuk ibu hamil.

Terong Belanda atau tamarillo memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan terong lainnya seperti terong ungu atau hijau. Terong Belanda berbentuk bulat warna merah seperti tomat. Rasanya yang asam juga berbeda dengan terong lain.

Buah ini disebut terong Belanda karena pertama kali diperkenalkan di Belanda.

Meskipun buah tersebut diambil dari tanah Amazon, Amerika, yang jauh dari Belanda. Terong Belanda jarang dikonsumsi secara langsung biasanya menjadi campuran es atau sop buah.

Tahukah kamu kalau terong Belanda kaya akan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

Inilah kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram terong Belanda:

  • Air: 81-87 gram
  • Protein: 1,5-2,5 gram
  • Lemak: 0,05-1,28 gram
  • Serat: 1,4-6,0 gram
  • Total keasaman: 1,0-2,4 gram
  • Vitamin A: 0,32-1,48 mg
  • Vitamin C: 19,7-57,8 mg
  • Kalsium: 3,9-11,3 mg
  • Magnesium: 19,7-22,3 mg
  • Zat besi: 0,4-0,9 mg

Dengan kandungan nutrisi tersebut, apa saja manfaat terong Belanda untuk ibu hamil?

Berikut Popmama.com merangkum deretan manfaat terong Belanda untuk ibu hamil.

1. Bagus untuk perkembangan bayi

1. Bagus perkembangan bayi
Freepik

Manfaat terong belanda untuk ibu hamil tidak hanya bagus buah tubuh Mama tapi juga perkembangan bayi dalam kandungan. Sejumlah nutrisi seperti vitamin A dan vitamin E mengandung asam folat yang sangat penting perkembangan sel darah merah si Kecil.

Janin membutuhkan nutrisi dalam bentuk asam folat untuk perkembangannya. Terong Belanda kaya akan zat besi yang membantu tumbuh kembangnya dalam kandungan.

Zat besi membantu dalam pembentukan janin yang segar dan mengurangi risiko segala jenis cacat lahir.

Baca juga:

2. Terhindar dari diare atau sembelit

2. Terhindar dari diare atau sembelit
Freepik/jcomp

Banyak ibu hamil yang mengalami diare atau sembelit selama mengandung buah hati tercinta. Nah, terong Belanda membantu mencegahnya.

Terong Belanda yang tinggi serat membantu melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi dalam bentuk jus bisa membantu Mama tetap bugar selama kehamilan.

3. Tidak mudah kelelahan

3. Tidak mudah kelelahan
Freepik/dragana-gordic

Sangat wajar bagi seorang ibu hamil merasa kelelahan. Ini mengapa ibu hamil perlu mengonsumsi terong Belanda. Manfaat terong Belanda untuk ibu hamil salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terong Belanda memiliki banyak kandungan vitamin C yang berguna menjaga sistem kekebalah tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh baik maka Mama akan merasa selalu bugar, terhindar dari penyakit, serta tidak mudah lelah.

Baca juga:

4. Membuat ibu hamil tidak makan berlebihan

4. Membuat ibu hamil tidak makan berlebihan
Freepik/onlyyouqj


Manfaat terong Belanda untuk ibu hamil selanjutnya adalah membuat Mama tidak ingin makan berlebihan. Terong Belanda memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan tinggi serat. Jadi bisa membantu Mama mengontrol makanan.

Kebutuhan tubuhmu untuk mengonsumsi makanan manis terpenuhi karena buah tetap memiliki unsur manis. Kadar air yang tinggi juga membantu Mama merasa kenyang sehingga mengurangi perasaan ingin mengonsumsi camilan tidak sehat.

Mengonsumsi terong Belanda dalam bentuk jus atau makan langsung mempunyai khasiat yang sama. Asam dari terong Belanda membantu mengurangi sel-sel lemak dalam tubuh.

Editors' Picks

5. Memerangi diabetes

5. Memerangi diabetes
Freepik

Saat hamil, keinginan mengonsumsi makanan manis dengan gula tinggi terkadang tidak bisa terelakkan. Jika tak bisa mengontrol konsumsi gula bisa berisiko mengalami diabetes.

Terong Belanda dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Terong Belanda memiliki indeks glikemik rendah yang tidak meningkatkan kadar gula dalam darah dan bermanfaat untuk diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam buah membantu mengurangi stres oksidatif di hati serta pankreas.

Selain itu, asam klorogenik di dalamnya membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta membatasi timbulnya diabetes.

Baca juga: Penyebab Arteri Perifer (PAP) pada Kaki Penderita Diabetes Mellitus

6. Meningkatkan kesehatan jantung

6. Meningkatkan kesehatan jantung
Freepik

Manfaat terong Belanda untuk ibu hamil lainnya bisa memerangi penyakit mematikan seperti serangan jantung. Sebenarnya, tidak hanya untuk ibu hamil tapi juga semua orang.

Kandungan protein, antosianin, dan karoten dalam buah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kadar natrium tinggi dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama yang mengarah pada penyakit jantung. Kemudian diseimbangkan dengan kalium yang ada dalam terong Belanda sehingga mengurangi risiko penyakit tersebut.

Demikian juga, magnesium dalam terong Belanda mengatur berfungsinya sistem kardiovaskular. Kandungan serat dalam buah ini efektif dalam mengobati kolesterol jahat dalam tubuh karena nutrisi menahan penyerapan kolesterol LDL.

7. Memerangi kanker

7. Memerangi kanker
Pixabay/Marijana1

Tahukah Mama kalau mengonsumsi terong Belanda bisa membantumu memerangi kanker? Kandungan antioksidan dalam terong Belanda membantu mencegah sel-sel radikal bebas yang menyebabkan kanker. Antosianin dalam buah merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk melindungi tubuh dari kerusakan karena stres oksidatif.

Dampak antioksidan dalam memerangi sel kanker telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah. Kandungan antioksidan dalam terong Belanda dapat mencegah timbulnya kanker terutama pada payudara dan usus besar. Itu mengapa terong Belanda sangat bermanfaat buat ibu hamil dan perempuan.

8. Mengurangi anemia

8. Mengurangi anemia
Freepik/bearfotos

Ibu hamil sering mengalami anemia karena perubahan dalam tubuhnya. Terong Belanda kaya kandungan zar besi yang bermanfaat untuk menyembuhkan anemia.

Kandungan mineral juga berkontribusi untuk mengatur dan mempromosikan produksi sel darah merah. Manfaat mengonsumsi terong Belanda untuk ibu hamil juga bisa mengurangi rasa lelah, lemah, dan pusing karena anemia.

Baca juga:

9. Bagus untuk kulit

9. Bagus kulit
Freepik/yanalya

Terong Belanda kaya akan vitamin A, C, dan E yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan antosianin, fenol, dan flavonoid yang ada dalam buah bertindak sebagai perisai pelindung terhadap polutan eksternal.

Terong Belanda juga dipercaya bisa melindungi kulit dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan keriput, noda, dan jerawat. Belum lagi kaya antioksidan yang bermanfaat melawan tanda-tanda penuaan dini.

10. Meningkatkan kesehatan rambut

10. Meningkatkan kesehatan rambut
Freepik

Rambut rontok selama kehamilan? Terong Belanda bisa membantu mengurangi kerontokan. Kandungan asam polyunsaturated linoleic di dalamnya efektif dalam mengobati ketombe, mencegah rambut rontok, eksim, serta psoriasis. Asam lemak esensialnya juga akan memperkuat rambutmu sampai akarnya dengan meremajakan kulit kepala.

Baca juga: 7 Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.