Selain Mengurangi Tingkat Stres, Ini Manfaat Lain Vitamin C untuk Mama

Vitamin C bisa membantu mengurangi tingkat stres lho, ibu hamil bisa rajin mengonsumsi buah ini

9 Juli 2018

Selain Mengurangi Tingkat Stres, Ini Manfaat Lain Vitamin C Mama
Unsplash/rawpixel

Kamu sudah mengonsumsi vitamin C belum nih hari ini?

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan tidak diproduksi oleh tubuh. Seringkali buah jeruk dijadikan alternatif untuk mendapatkan asupan dari vitamin C. Padahal ada banyak makanan lain yang mengandung vitamin C yang perlu kamu ketahui. 

Beberapa orang masih kurang mengenal manfaat dari vitamin C di dalam tubuh. Mungkin mereka hanya mengira kalau vitamin C hanya bisa menyembuhkan sariawan. Jenis vitamin yang larut dalam air ini sebenarnya punya banyak sekali manfaat, salah satunya menurunkan tingkat stres.

Untuk kamu yang ingin mengetahui manfaat lain dari vitamin C, berikut rangkuman dari Popmama.com.

1.  Sebagai antioksidan

1.  Sebagai antioksidan
Unsplash/Christopher Campbell

Seberapa sering nih mengonsumsi vitamin C setiap harinya?

Vitamin C yang kamu konsumsi bisa berguna sebagai antioksidan. Ini tentunya akan membantu dalam pelindungan sel tubuh dari segala kerusakan akibat radikal bebas. Secara tidak langsung kamu bisa terhindari dari resiko terjadinya penuaan dini, penyakit kanker hingga penyakit jantung.

Tak hanya itu, vitamin C bisa berguna sebagai antioksidan terhadap tingkat stres, depresi, rasa lelah hingga memperbaiki mood.

Vitamin C memiliki kemampuan dalam menangkal hormon penyebab stres yaitu hormon kortisol. Setidaknya dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin setiap harinya, kamu akan jauh terhindar dari stres.

2. Mengurangi resiko diabetes

2. Mengurangi resiko diabetes
Unsplash/Dane Deaner

Semua pasti suka makan sesuatu yang manis-manis ya. Mulai dari kue, permen hingga cemilan manis lainnya. Padahal terlalu sering mengonsumsi sesuatu yang manis di dalam tubuh bisa memicu penyakit diabetes. 

Untuk mengurangi meningkatnya kadar gula yang tinggi, ada baiknya tetap menambahkan vitamin C ke dalam tubuh. Vitamin yang satu ini mampu menurunkan kadar gula di dalam tubuh dan juga membantu dalam mencegah efek buruk dari diabetes. 

Kamu bisa mengganti kebiasaan memakan cemilan atau makanan yang manis dengan buah jeruk. Cari tahu juga buah-buahan lain yang cukup banyak mengandung vitamin C. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik

Vitamin C memiliki khasiat dalam membantu proses pemulihan tubuh terhadap penyakit yang sedang kamu alami. Begitu pula saat kamu merasa kelelahan dengan segala aktivitas sehar-hari, tubuh akan semakin lebih bugar.

Tak hanya itu, saat kamu merasa ada gejala batuk, pilek atau kurang enak badan ternyata penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin C.

Ini dikarenakan vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi dari berbagai penyakit. 

Editors' Picks

4.  Membantu dalam memproduksi kolagen

4.  Membantu dalam memproduksi kolagen
Unsplash/Kyle Loftus

Setiap perempuan pasti menginginkan kulit yang halus, bersih dan putih. Ini bisa menjadi standar khusus untuk para perempuan yang ingin tampil cantik. 

Untuk memiliki kondisi kulit sesuai dengan keinginanmu, ada baiknya kamu mulai mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ya. 

Kandungan vitamin C dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Itu berarti protein yang dibutuhkan tubuh akan meningkat, sehingga membantu mencegah kulit keriput, memperlambat proses penuaan dini, kulit menjadi lebih elastis, mencerahkan kulit hingga menyembuhkan luka yang ada pada kulit. 

Wah, banyak juga ya manfaat vitamin C untuk kondisi kulit. 

5. Menghindari berbagai penyakit

5. Menghindari berbagai penyakit
Unsplash/Jonathan Pielmayer

Manfaat lain dari vitamin C juga dipercaya menjaga kesehatan tubuh, mulai dari membantu merawat kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan dari serangan jantung dan pembuluh darah. 

Seperti yang kamu ketahui nih kalau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kematian mendadak bagi penderitanya. Dengan mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang benar akan mengurangi tekanan darah dan kerusakan jantung. 

Rutin memberikan asupan vitamin C juga dipercaya mampu mencegah katarak dan penyakit empedu. 

Dari mana tubuh mendapatkan asupan vitamin C?

Dari mana tubuh mendapatkan asupan vitamin C
Popmama.com/FxDimasPrasetyo

“Vitamin termasuk ke dalam mikronutrien yang penting bagi tubuh, peranannya sangat vital bagi pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal. Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain vitamin C dan B. Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, antara lain sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, menjaga daya tahan tubuh, serta dapat dikonsumsi saat sariawan dan gusi berdarah,” kata dr. Marya Haryono, Sp.GK.

Untuk mendapatkan asupan vitamin C secara alami, kamu bisa mendapatkan ini pada buah-buahan. Mulai dari buah jeruk, kiwi, pepaya, mangga, nanas dan buah naga. Lalu untuk sayuran bisa ditemui melalui brokoli, paprika, cabai merah hingga tomat. 

Sebagai pelengkap asupan vitamin C di dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau minuman yang menggandung kandungan vitamin C. Oronamin C hadir menjawab tuntutan kaum urban yang berusaha menerapkan gaya hidup sehat di tengah berbagai kesibukan.

Oronamin C merupakan minuman Vitamin C dan B mengandung madu  membantu memelihara kesehatan tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin C dan B harian. Vitamin C yang ada di Oronamin C setara dengan lima buah lemon, lho.