Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil, Panjatkan agar Janin Sehat

Berdoa menjadi salah satu bentuk ikhtiar agar janin tumbuh sehat, Ma

2 Juni 2024

Kumpulan Doa Ibu Hamil, Panjatkan agar Janin Sehat
Freepik/freepik

Setiap orangtua pasti mengharapkan buah hatinya lahir dengan sehat, selamat, dan tumbuh menjadi sosok berbudi luhur.

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Allah SWT telah menetapkan empat takdir manusia sejak ia masih menjadi janin, yaitu tentang rezekinya, amalannya, ajalnya, serta kebahagiaan atau kesengsaraan selama hidupnya nanti.

Itulah sebabnya berdoa dapat menjadi bentuk ikhtiar supaya janin tumbuh dalam keadaan sehat serta terbebas dari godaan setan. Beberapa doa yang dianjurkan tersebut juga diambil dari ayat Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi kaum muslimin.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum kumpulan doa untuk ibu hamil yang bisa dipanjatkan. Simak sampai akhir, yuk, Ma!

1. Berdoa dengan membaca surah Yasin

1. Berdoa membaca surah Yasin
Freepik/freepik

Surah Yasin dapat memberi manfaat bagi orang yang membacanya, termasuk bila dijadikan sebagai doa untuk ibu hamil. Bacaan surah Yasin dapat diamalkan secara rutin setiap selesai salat Magrib sebagai waktu khusus.

Keutamaan surah Yasin untuk Mama yang sedang hamil dapat membuat janin terjaga kesehatannya serta dijauhkan dari godaan setan maupun kejahatan manusia. Selain itu, surah ini juga dapat mendatangkan ketenangan hati bagi ibu hamil atau pembacanya.

Oleh sebab itu, bacaan surah Yasin bisa ditujukan sebagai bentuk pengharapan agar sang buah hati kelak lahir menjadi pribadi yang tenang hatinya.

2. Berdoa dengan membaca Ayat Kursi

2. Berdoa membaca Ayat Kursi
Freepik/freepik

Bacaan ayat kursi atau surah Al-Baqarah ayat 255 bisa dijadikan sebagai sebuah doa untuk ibu hamil. Dapat diketahui, ayat kursi dikenal sebagai salah satu ayat mulia di dalam Al-Qur’an sebab mengandung makna keesaan serta kekuasaan Allah SWT.

Menjadikan ayat kursi sebagai bacaan rutin sehari-hari dapat menjadi amalan yang baik untuk memperkuat keimanan. Mama dapat membaca ayat kursi sebagai doa di waktu pagi dan sore atau setelah menunaikan salat wajib.

Bacaan ayat kursi juga dapat dipanjatkan sebagai doa sebelum tidur agar senantiasa diberi perlindungan dari godaan setan.

3. Perbanyak membaca surah Al-Fatihah

3. Perbanyak membaca surah Al-Fatihah
Freepik/freepik

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan surah Al-Fatihah. Surah yang berada dalam urutan pertama mushaf Al-Qur’an ini menyimpan keutamaan yang luar biasa, salah satunya bisa menjadi penyembuh penyakit.

Bacaan surah Al-Fatihah biasanya diamalkan sebagai doa setelah menunaikan salat wajib dengan membacanya sebanyak tujuh kali. Setelah membaca surah ini, ibu hamil dianjurkan untuk meniup kedua telapak tangannya lalu diusapkan pada bagian perut.

Amalan ini dapat menjadi bentuk ikhtiar agar rasa sakit yang dialami oleh ibu hamil bisa segera mereda.

Editors' Pick

4. Membaca ayat terakhir surah Al-Baqarah

4. Membaca ayat terakhir surah Al-Baqarah
Freepik/freepik

Ayat terakhir surah Al-Baqarah atau ayat 286 berisi tentang permohonan ampun serta perlindungan dari Allah SWT. Saat menjalani masa kehamilan, perempuan biasanya akan mengalami kondisi yang lebih lemah dari biasanya.

Untuk itu, ayat terakhir surah Al-Baqarah ini bisa menjadi bacaan doa supaya ibu maupun janin dalam kandungan dapat terjaga dengan baik. Adapun bacaan ayatnya, yaitu:

Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir". (QS Al-Baqarah: 286).

5. Membaca surah Al-Hasyr

5. Membaca surah Al-Hasyr
Freepik/freepik

Surah Al-Hasyr adalah surah ke-59 dalam Al-Qur’an yang mengandung berbagai keutamaan di dalamnya, di antaranya dapat menjauhkan diri dari gangguan jin serta didoakan oleh 70.000 malaikat Allah SWT.

Membaca surah Al-Hasyr dapat menjadi doa yang baik untuk ibu hamil agar terlindung dari segala mara bahaya, gangguan penyakit, serta dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk.

Mama yang sedang hamil dapat membacanya sebagai doa setelah salat Magrib sebanyak tujuh kali kali. Setelah itu, tiupkan pada kedua telapak tangan dan usapkan pada bagian perut yang terdapat janin di dalamnya.

6. Berdoa dengan membaca surah Ali Imran ayat 35

6. Berdoa membaca surah Ali Imran ayat 35
Freepik/freepik

Surat Ali Imran ayat 35 dapat diamalkan setiap saat sebagai doa untuk ibu hamil. Ayat ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan anak yang soleh serta meminta perlindungan atas kehamilan yang sedang dijalani. Adapun bacaannya, yaitu sebagai berikut:

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (QS Ali Imran: 35).

7. Membaca zikir ibu hamil

7. Membaca zikir ibu hamil
Freepik/freepik

Selain membacakan ayat-ayat dalam Al-Qur’an, ibu hamil juga dapat melafalkan bacaan zikir sebagai doa di masa kehamilan. Beberapa bacaan zikir yang dianjurkan antara lain sebagai berikut:

  • Istigfar sebanyak 33 kali dengan bacaan “Astaghfirullahaladzim”.
  • Tasbih sebanyak 33 kali dengan bacaan “Subhanallah”.
  • Zikir hauqalah sebanyak 33 kali dengan bacaan “Laa haula wala quwwata illa billah”.

8. Bacaan doa untuk ibu hamil setelah berusia 4 bulan

8. Bacaan doa ibu hamil setelah berusia 4 bulan
Freepik/rawpixel.com

Saat usia kehamilan menginjak 4 bulan, artinya sudah ada roh serta detak jantung pada janin di dalam kandungan. Untuk itu, Mama dianjurkan untuk membaca doa untuk ibu hamil sebagai berikut setelah janin berusia 4 bulan:

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaknya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran dan hadis dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam."

9. Bacaan doa untuk ibu hamil yang dibacakan suami

9. Bacaan doa ibu hamil dibacakan suami
Freepik/freepik

Tidak hanya ibu hamil saja yang perlu memanjatkan doa secara rutin, sebagai suami juga wajib mendoakan sang istri agar selalu diberi keselamatan. Dikutip dari NU Online, berikut terdapat doa untuk ibu hamil yang dapat dibacakan oleh suami:

Artinya: "Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu kepada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadis dan Al-Qur'an yang agung, dengan berkah Nabi Muhammad saw. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam."

Nah, itu tadi beberapa kumpulan doa untuk ibu hamil yang bisa menjadi amalan rutin sehari-hari. Mama dan Papa juga dapat membacanya di waktu-waktu mustajab, seperti kala sepertiga malam terakhir atau di antara azan dan ikamah. Semoga bermanfaat, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest