Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rawan Disalahgunakan, Waspada Unggah Momen Kehamilan ke Sosmed!

Momen kehamilan yang Mama unggah bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab

28 November 2022

Rawan Disalahgunakan, Waspada Unggah Momen Kehamilan ke Sosmed
Pexels/ Amina Filkins

Penggunaan media sosial saat ini bukanlah sebuah hal yang tabu. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga keamanan akun media sosial mama, ya!

Pasalnya, masyarakat baru saja dihebohkan oleh akun TikTok bernama @abcd14695 yang mengunggah beragam video ibu hamil. Akun ini dianggap meresahkan masyarakat, terutama ibu hamil, karena video-video yang diunggah oleh akun tersebut digunakan untuk aktivitas berbau seksual atau sexualizing.

Untuk itu, ibu hamil harus waspada jika ingin mengunggah momen kehamilan di sosial media (sosmed). Dikhawatirkan, konten-konten yang mama unggah di sosmed disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut Popmama.com merangkum informasinya untuk Mama. Yuk, dibaca hingga selesai, Ma!

1. Heboh akun TikTok berisi video ibu hamil yang digunakan untuk sexualizing

1. Heboh akun TikTok berisi video ibu hamil digunakan sexualizing
Twitter.com/tanyarlfes

Pengguna media sosial kembali digemparkan dengan aksi yang tidak menyenangkan.

Baru-baru ini, masyarakat menemukan sebuah akun TikTok yang mengunggah berbagai video ibu hamil yang sedang berjoget ataupun melakukan pekerjaan sehari-hari.

Sekilas, tidak ada yang aneh pada akun ini. Namun, nyatanya caption dan komentar-komentar yang terdapat di dalam video mengarah pada hal-hal berbau seksualitas.

Editors' Picks

2. Video-video tersebut diunggah ulang dari akun milik orang lain

2. Video-video tersebut diunggah ulang dari akun milik orang lain
Tiktok.com/@abcd14695

Akun dengan nama @abcd14695 diketahui telah mengunggah paling tidak 20 video ibu hamil dari berbagai akun.Hal ini bisa dengan jelas dilihat karena setiap video menampilkan wajah bumil yang berbeda-beda.

Tak sedikit pula warga dunia maya yang sudah menyaksikan beragam video yang ditampilkan melalui akun ini. Salah satu videonya bahkan menembus angka 42 ribu penonton. 

3. Netizen diminta untuk ikut melaporkan akun Tiktok tersebut

3. Netizen diminta ikut melaporkan akun Tiktok tersebut
Twitter.com/tanyarlfes

Melihat kejadian ini, salah satu akun Twitter @tanyarlfes, dengan segera meminta semua orang untuk segera me-report atau melaporkan akun tersebut agar segera mendapatkan tindak lanjut dari pihak TikTok.

Tak sedikit pula warga Twitter yang ikut me-retweet permintaan dari akun @tanyarlfes tersebut agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui serta waspada terhadap aksi tersebut.

4. Ibu hamil sebaiknya waspada unggah momen kehamilan ke sosmed

4. Ibu hamil sebaik waspada unggah momen kehamilan ke sosmed
Tiktok.com

Tindakan kejahatan di dunia maya memang tidak selalu bisa dihindari, Ma. Untuk itu, jika Mama ingin mengunggah momen kehamilan di sosmed, maka sebaiknya berhati-hati. Dikhawatirkan konten yang Mama unggah bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Agar Mama bisa lebih aman dan nyaman dalam menggunakannya, jangan ragu untuk mengaktifkan pengaturan privasi pada akun pribadi.

Pilihan lainnya adalah pengaturan video yang hanya dapat dilihat oleh teman-teman atau pengikut akun media sosial yang sudah mendapat persetujuan.

Nah, itulah tadi rangkuman informasi tentang heboh akun Tiktok sexualizing ibu hamil. Segera lakukan report dan block jika menemukan akun-akun yang digunakan dengan cara tidak tepat di dunia maya dan tetaplah waspada, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk