Mitos atau Fakta, Ini 6 Ciri-Ciri Mama Hamil Anak Laki-Laki

Ciri-ciri ini sudah pernah dirasakan selama masa kehamilan belum nih?

17 Juni 2020

Mitos atau Fakta, Ini 6 Ciri-Ciri Mama Hamil Anak Laki-Laki
Unsplash/Sharon McCutcheon

Beberapa ibu hamil seringkali menebak-nebak jenis kelamin kandungannya lewat berbagai ciri. Ini bisa terlihat dari perubahan fisik ibu hamil, mulai dari bentuk tubuh hingga warna urin yang dikeluarkan selama kehamilan.

Selain melakukan USG, tak jarang ciri-ciri selama masa kehamilan ini dijadikan patokan tersendiri untuk mengetahui apakah bayi yang di dalam kandungan itu laki-laki atau perempuan.

Kira-kira apa saja ciri-ciri yang menandakan kehamilan Mama berjenis kelamin laki-laki?

Kali ini Popmama.com sudah merangkum mengenai ciri-ciri hamil anak laki-kaki yang seringkali dijadikan patokan dalam memprediksi jenis kelamin.

1. Bentuk perut bulat

1. Bentuk perut bulat
Pixabay/ekseaborn0

Ada yang masih mengira kalau jenis kelamin janin di dalam kandungan bisa diprediksi dari bentuk perut. Bila perut Mama cenderung lebih berbentuk membulat sempurna dan ke arah bawah berarti sedang mengandung anak laki-laki.

Kondisi perut sebenarnya belum tentu benar prediksinya.

Sebab, tampilan perut ibu hamil sangat bervariasi. Ini disesuaikan dengan jenis tubuh dan tahapan kehamilannya, sehingga bentuk perut tidak bisa dijadikan acuan yang pasti dalam menentukan jenis kelamin.

2. Munculnya jerawat

2. Muncul jerawat
Freepik/katemangostar

Banyak yang mengira kalau munculnya banyak jerawat saat masa kehamilan menandakan janin yang dikandung adalah laki-laki. Apalagi ini diperkuat jika Mama sebelumnya tidak pernah mengalami masalah pada jerawat.

Padahal timbulnya jerawat bisa umum terjadi saat masa kehamilan. Kemunculan jerawat saat hamil ini disebabkan oleh meningkatnya hormon androgen.

Hormon inilah yang bisa membuat produksi zat minyak atau yang disebut dengan sebum di wajah menjadi berlebihan.

Sebum yang berlebihan di wajah akan menutup pori-pori kulit dan menciptakan area baru, sehingga bakteri bisa dengan cepat berkembang biak.

Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya peradangan dan kulit menjadi berjerawat.

Kondisi kulit yang berjerawat di masa kehamilan juga bisa dipengaruhi dari konsumsi makanan, kebersihan muka hingga aktivitas hormonal yang sedang terjadi di dalam tubuh.

Editors' Picks

3. Warna urine gelap pekat

3. Warna urine gelap pekat
healthline.com

Ciri lain yang biasa dipercaya untuk mengetahui jenis kelamin janin di dalam kandungan yaitu dengan melihat warna urine. Banyak yang mengatakan kalau tanda kehamilan anak berjenis kelamin laki-laki akan terlihat dari warna urine yang lebih gelap.

Perlu disadari kalau warna urine seseorang termasuk ibu hamil tergantung pada apa yang dikonsumsinya. Perubahan warna urine bisa saja terjadi karena tingkat kecukupan cairan dalam tubuh. Termasuk apakah ibu hamil kekurangan atau kelebihan minum karena inilah yang menentukan warna urine.

Untuk itu, warna urine tidak bisa menjadi patokan untuk memprediksi jenis kelamin janin di dalam kandungan. 

4. Ngidam jenis makanan asam dan asin

4. Ngidam jenis makanan asam asin
Unsplash/Charles Deluvio

Saat hamil anak laki-laki, Mama akan lebih banyak menginginkan atau ngidam makanan yang asam, asin, serta gurih. Namun, belum ada sebuah penelitian yang jelas sebagai bukti kuat kalau ngidam makanan asam dan asin menjadi patokan sedang hamil anak laki-laki.

Ibu hamil pada umumnya tidak hanya mengidam jenis makanan tertentu saja, namun bisa berbagai macam makanan.

Jika memang ibu hamil sedang mengidam makanan tertentu saja, biasanya terjadi karena perubahan kebutuhan gizi selama masa kehamilan.

5. Kondisi denyut jantung di bawah 140 kali

5. Kondisi denyut jantung bawah 140 kali
Unsplash/Ashton Mullins

Ada yang percaya kalau denyut jantung janin anak perempuan akan lebih tinggi dibandingkan denyut jantung dari anak-laki-laki. Dengan begitu, ada yang berpendapat kalau denyut jantung ibu hamil per menit di bawah 140 kali berarti sedang mengandung anak laki-laki.

Padahal masalah denyut jantung ini tidak bisa menjadi tolak ukur. Tidak ada perbedaan yang begitu bermakna antara detak jantung anak laki-laki dan perempuan saat masa kehamilan. Denyut jantung pada janin itu bisa bervariasi sesuai dengan pergerakan dan perkembangan usia kandungan.

6. Lebih jarang mengalami morning sickness

6. Lebih jarang mengalami morning sickness
Unsplash/Amadeo Muslimović

Kondisi ibu hamil yang lebih jarang mengalami morning sickness menandakan kalau sedang hamil anak laki-laki. Sebaliknya, ibu hamil yang mengalami mual muntah sepanjang hari sering dianggap sedang mengandung bayi perempuan.

Namun, hal ini belum bisa dipastikan secara medis. Ini dikarenakan morning sickness atau rasa mual memang umum terjadi pada awal-awal kehamilan.

Kondisi morning sickness pun akan berbeda-beda pada setiap ibu hamil, jadi tidak bisa disamaratakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi.

Itulah enam cciri-ciri hamil anak laki-kaki. Kira-kira dari keenam ciri di atas pernah Mama rasakan nggak nih?

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.