Doa agar Ibu Hamil Dijauhkan dari Berbagai Penyakit

Tak hanya menjaga kesehatan dari luar, Mama juga bisa mengimbanginya dengan doa

2 November 2021

Doa agar Ibu Hamil Dijauhkan dari Berbagai Penyakit
Freepik/prostooleh

Menjalani kehamilan tentu menjadi hal yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Selama kurang lebih sembilan bulan, Mama akan selalu membawa janin yang dikandung ke manapun berada.

Untuk menjaga kesehatan mama dan janin yang dikandung, berbagai upaya pun dilakukan oleh setiap calon orangtua. Mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga teratur, dan mengimbanginya dengan doa.

Ketika hamil, perempuan sangat dianjurkan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa agar baik Mama maupun janin yang dikandung bisa sehat dan selamat sampai persalinan tiba.

Memang tidak ada zikir atau doa khusus yang diperuntukkan untuk ibu hamil, namun Mama bisa mengamalkan amalan baik dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan bagi ibu hamil.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa doa agar ibu hamil dijauhkan dari berbagai penyakit dan tetap sehat sampai persalinan.

Yuk, dibaca dan diamalkan setiap hari, Ma!

1. Perbanyak membaca surat Al-Fatihah

1. Perbanyak membaca surat Al-Fatihah
Pixabay/David Wagner

Al-Fatihah merupakan surat pertama dalam Alquran yang memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Surat pertama ini berisikan doa seorang muslim yang mengharapkan petunjuk Allah SWT dan dijauhkan dari sifat merugi kepada Sang Pencipta.

Memiliki banyak keutamaan baik dalam hidup umat muslim, membaca dan mengalamkan surat Al-Fatihah juga sangat dianjurkan ketika Mama tengah mengandung.

Ibu hamil dianjurkan memperbanyak membaca surat tersebut untuk memohon keselamatan dan dijauhkan dari berbagai penyakit bagi Mama dan janin. Adapun surat Al-Fatihah bisa Mama baca kapan saja.

Editors' Picks

2. Perbanyak berzikir

2. Perbanyak berzikir
Freepik/pvproductions

Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, ibu hamil yang memasuki usia kandungan empat bulan sudah mulai ditiupkan ruh pada janinnya.

Di waktu yang sama, Allah SWT juga sudah menetapkan perkara rezeki, ajal, amal perbuatan, dan jalan hidup manusia. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan memperbanyak berzikir untuk memohon ketetapan baik dari Allah SWT, salah satunya kesehatan agar terhindar dari berbagi penyakit.

Adapun beberapa bacaan zikir yang dianjurkan adalah beristigfar, kalimat tasbih, dan laa hawla walaa quwwata illa billah. Mama bisa membacanya usai salat, maupun kapan saja di waktu senggang.

3. Doa meminta perlindungan dan kesehatan

3. Doa meminta perlindungan kesehatan
Freepik/tirachardz

Ada pula doa yang banyak dibacakan ibu hamil untuk meminta perlindungan dan kesehatan dari berbagi penyakit. Doa tersebut berbunyi:

"Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama."

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

4. Membaca surat Al-Hasyr

4. Membaca surat Al-Hasyr
Freepik

Agar diberikan kesehatan dan dihindari dari berbagai penyakit selama hamil, Mama juga bisa membacakan surat Al-Hasyr yang merupakan surat ke-59 dalam Alquran.

Adapun manfaat membaca surat ini secara rutin adalah agar terhindar dari gangguan jin serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT. Sehingga senantiasa melindungi Mama selama masa kehamilan.

Surat ini baik dibaca oleh ibu hamil sambil mengusap perut, atau juga dibaca oleh Papa sebanyak tujuh kali dan ditiupkan ke perut mama.

5. Membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah

5. Membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah
Pixabay/estebantroncosofoto0

Untuk meminta perlindungan agar terhindar dari berbagai penyakit, Mama juga bisa membacakan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah. Sebagaimana diriwayatkan Ibnu Mas’ud Al Anshari dari Rasulululla SAW dalam HR Bukhari dan Muslim:

“Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat ini akan mencukupinya (dari segala keburukan, godaan setan, gangguan jin dan manusia).”

Kedua ayat terakhir Al-Baqarah ini sangat dianjurkan bagi setiap calon orangtua agar dibacakan selama masa kehamilan. Adapun keutamannya adalah untuk memohon perlindungan dari segala keburukan termasuk terhindar dari berbagi penyakit selama kehamilan.

Itu dia doa agar ibu hamil dijauhkan dari berbagi penyakit dan selalu diberikan kesehatan selama menjalani kehamilan. Jangan lupa untuk selalu membaca dan mengamalkannya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.