Kehamilan Minggu Ke-14

Berat janin bisa mencapai 28 gram di minggu ini

5 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-14
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-14

Selamat, kamu sudah memasuki kehamilan trimester kedua. Kepalkan tangan kamu, begitulah kira-kira besar janin pada kehamilan minggu ke-14 yang berada di dalam perut Mama saat ini.

Pada kehamilan minggu ke-14 panjangnya mendekati 4 inci atau sektar 4 cm dan beratnya mencapai 0,28 kg.

Sama seperti mama, bayi di dalam perut juga bisa membuat kepalan di tangannya. Lapisan epidermis di kulitnya menunjukkan tonjolan genetis pada ujung jari dan telapak tangan. Mama harus rajin minum susu secara rutin, karena pembentukan tulang-tulang bayi terus berlangsung hingga minggu-minggu mendatang.

Kalsium yang terserap akan diendapkan dan menguatkan tulang-tulang yang terus bertumbuh. Lehernya mulai menguat, itu artinya kepala tidak selalu merunduk dan dagu tidak akan selalu bertopang lagi di dadanya.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-14 Mengubah Kehidupan Mama?

Rasa mual akhirnya benar-benar mereda pada kehamilan minggu ke-14 dan membuat kamu merasa lebih baik. Keluhan lain mungkin bisa datang, seperti sakit perut, mulas atau heartburn.

Sakit perut ini bisa disebabkan karena rahim yang terus bertumbuh sehingga ligamen sekitarnya membentang tepat di sampingnya. Ligamen adalah pita-pita keras yang menghubungkan tulang-dengan tulang. Terjadi perenggangan yang luar biasa di sekitar perut kamu, penyesuaian ini yang membuat kamu merasa sakit perut dan nyeri pada kehamilan minggu ke-14.

Jika kamu mengalami gusi bengkak, ini adalah hal yang wajar. Rajinlah menggosok gigi, dan gunakan sikat gigi berbulu halus karena gusi kamu menjadi sensitif. Ini membuat mulut kamu rentan dari kuman, kalau kebersihan tidak terjaga bisa menyebabkan bau mulut.

Mulai terlihat lekukan pada bagian tubuh, karena perubahan bentuk yang sangat kecil justru kamu malah jadi penasaran untuk menggunakan pakaian yang mengikuti lekukan tubuh. Kamu juga ingin mengetahui apakah orang lain akan menyadari perubahan bentuk tubuhmu.

Editors' Picks

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-14?

Jika kamu biasa menggunakan lensa kontak, jangan heran jika kamu merasa jadi tidak nyaman. Biasanya kamu akan berpikir kalau kamu perlu beli yang baru, ternyata setelah ganti yang baru tetap terasa tidak nyaman dipakai.

Ini karena bentuk mata kamu telah  berubah, tidak ada air mata sebanyak biasanya. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan hal ini, sementara kamu perlu memakai lensa kontak, segera tanyakan ke dokter kamu.

Kamu perlu perbanyak minum air putih. Ibu hamil yang malas minum bisa mengalami dehidrasi, ini berbahaya bagi kandungannya. Jika kamu terus merasa tidak nyaman menggunakan lensa kontak meski sudah banyak minuk air mineral dan sudah menggunakan obat dari dokter, mungkin kamu harus menggunakan kaca mata dulu selama kehamilan.

Penting Melakukan Kegel Pada Kehamilan Minggu Ke-14

Latihan kegel bisa memperkuat otot vagina dan perineum. Ini akan membantu mencegah inkontinensia, memberi dorongan pada kamu untuk memiliki kemampuan mengontrol saat mendorong, dan mengurangi robek saat proses melahirkan.

Kamu bisa lakukan denga cara ini, berbaringlah di lantai, rapatkan kedua kaki kamu, letih otot vagina dan paha bagian dalam, kunci seolah-olah kamu sedang menghentikan urin saat buang air kecil. Lepaskan otot kamu setelah melakukan beberapa hitungan. latih terus dan lakukan lebih lama setiap kali menahannya. Lakukan latihan kegel sehari dua kali.

Jika ini bukan kehamilan pertama kamu, berarti ada sang kakak di rumah yang siap menunggu kelahiran adiknya. Ceritakan lebih banyak tentang perkembangan janin di kehamilan minggu ke-14 ini kepadanya. Ceritakan mengenai perkembangan bayi yang sedang bertumbuh di dalam perut kamu kepada "si kakak" agar Ia mulai mengenal adiknya.