Kehamilan Minggu Ke-15

Rambut halus atau bulu halus yang disebut lanugo mulai tumbuh di tubuhnya

5 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-15
Freepik/onlyyouqj

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-15

Berat bayi kamu minggu lalu hanya sekitar 0,28 kg, kamu akan terkejut mengetahui perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-15, beratnya bertambah menjadi sekitar 0,5 kg dan ukurannya kira-kira 11,5 cm dari kepala hingga bagian pantatnya.

Rambut halus atau bulu halus yang disebut lanugo akan tumbuh di tubuhnya. Rambut kepalanya juga mulai tumbuh, meskipun warnanya bisa berubah nantinya. Alisnya mulai terisi bulu halus.

Meski sudah bisa cegukan karena diafragma terbentuk lebih sempurna, tapi bayi belum bisa mengeluarkan suara karena trakeanya masih terisi cairan, bukan udara.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-15 Mengubah Kehidupan Mama ?

Minggu ini kehamilan membuat kamu sedikit terengah-engah. Kamu mulai merasa kelelahan, tapi ini hanya terjadi pada sebagian perempuan yang hamil di minggu ke-15, tidak semua.

Kamu akan benar-benar merasa terganggu jika rahim menempel di diafragma kamu, sehingga sedikit ruang bagi paru-paru untuk berkembang.

Kalau kamu mengalami kesulitan bernapas, segera hubungi dokter kamu. Terutama jika kamu memiliki sakit asma bawaan. Jangan tunggu sampai ujung jari membiru atau jantung kamu berdebar kencang tapi dengan detak yang lemak.

Editors' Picks

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-15?

Setelah melewati kehamilan minggu ke-14, kamu perlu konsultasi ke dokter bagaimana mencegah terkena flu dan batuk. Sebagian ibu hamil diberi suntikan pencegah flu atau vitamin, jika dibutuhkan. Ini bisa menjaga kamu dari serangan pneumonia.

Kemungkinan besar kamu tidak merasakan efek samping dari vaksin ini, selain sedikit sakit saat disuntikan. Jika kamu punya riwayat kandungan lemah selama masa kehamilan, sebaiknya kamu juga jangan sampai terkena batuk. Tekanan saat kamu batuk bisa membuat kandungan tidak nyaman.

Lakukan pengecekan menggunakan alat USG untuk mengetahui perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-15. Kamu juga bisa mengetahui ukuran dan berat bayi secara rinci.

Hubungan Intim dengan Suami

Libido yang kadang naik dan turun, sekarang sudah tidak lagi. Rasa tidak nyaman saat berhubungan intim dengan suami selama trimester pertama kini sudah menghilang. Sebaiknya lakukan dengan posisi misionaris, berbaring telentang adalah ide bagus untuk kehamilan minggu ke-15.

Keuntungan Berhubungan Intim dengan Posisi Misionaris

- Kamu bisa saling pandang dan mencium pasangan kamu.

- Memanimalisir risiko pada kehamilan karena posisi yang lain mungkin bisa menekan bayi dan mengganggu suplai oksigen untuk bayi.

- Jika kamu sedang tidak terlalu bersemangat dan malas berhubungan intim, ini bisa membuat kamu lebih nyaman.

- Jika sebelum hamil, kamu lebih suka posisi seks lain karena alasana posisi misionaris kurang cukup untuk mendapatkan penetrasi maka kamu bisa menambahkan bantal atau guling di bawah punggung.