Kehamilan Minggu Ke-19

Lakukan ini untuk menjaga hubungan Mama dan Papa

22 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-19
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-19

Janin dalam perut kamu sekarang lebih mirip dengan bayi mungil. Keahlian barunya saat ini adalah menjadi pesenam mini. Perkembangan sensorik Beratnya sekitar 8 ons dan panjangnya bisa mencapai 22 cm atau seukuran buah tomat pusaka.

Lengan dan kakinya tumbuh semakin proporsional. Neuron motorik antara otot dan otak sudah terhubung, ia dapat mengontrol gerakannya sendiri. Dia bisa menendang, menggulung dan juga bisa membentangkan tubuhnya kapan pun ia mau.

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-19 memperlihatkan pertumbuhan pesat pada seluruh bagian tubuhnya. Tulang rawan terus berkembang dan berubah menjadi tulang. Selubung mielin bertumbuh dan menyelubungi sumsum tulang belakang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi mama mungkin bisa mendengar suara kamu sekarang, mulailah membaca buku dengan keras, membaca kitab dengan suara lebih lantang, atau nyanyikan lagu yang menyenangkan mood kamu.

Sepertini Ini Kehamilan Minggu ke-19 Mengubah Kehidupan Mama

Kehamilan minggu ke-19 bisa membuat berat badan mama bertambah hingga 6 kg. Berat yang bertambah itu mewakili bobot janin yang bertambah, plasenta, cairan amnion dan payudara yang membesar.

Mulai saat ini kamu sebaiknya tidak bangun secara mendadak setelah berbaring, duduk, jongkok atau berlutut. Bangun mendadak bisa membuat kamu pusing dan kunang-kungan. Jika kamu mengalami ini, itu karena adanya gravitasi dan penurunan tekanan darah yang cepat. Apalagi jika kamu penderita anemia, kamu harus lebih berhati-hati. Cobalah duduk tenang dan bangun perlahan, sehingga tubuh kamu bisa beradaptasi dengan baik.

Editors' Picks

Lakukan dan Larangan Selama Kehamilan

Makanlah sesuai kebutuhan. Meski pintar menjaga berat badan tiak lebih dari 45 kg saat sedang hamil, mama juga harus ingat kalau diet bisa melukai bayi mama. Risikonya adalah bayi lahir prematur atau cacat lahir.

Jika kamu suka berendam dalam air panas, isilah bak mandi dengan air yang tidak terlalu panas. Panas yang hebat bisa membuat bayi dalam kandungan kamu merasa tidak nyaman.

Olahraga yang Dianjurkan Pada Kehamilan Minggu ke-19

Kamu mungkin akan mengalami keluhan punggung pegal dan terasa panas. Coba lakukan peregangan yang mudah berikut ini, duduklah di kursi atau lantai, luruskan kaki ke depan. Pelan-pelan turunkan kepala ke arah lutut dan jangkau jemari kaki dengan ujung jari kamu.

Coba untuk ciptakan posisi punggung yang lurus ke depan dan hitung satu sampai delapan. Lakukan beberapa kali. Jika betis terasa tertarik, jangan terlalu dipaksakan. Lakukan perlahan dan berulang kali, semakin lama lakukan dengan semakin sempurna. Peregangan ini baik untuk meredakan pegal-pegal di sekitar punggung, bahu dan leher.

Hubungan dengan Suami

Tubuh mama belum terlalu berat dan ini membuat kamu masih mudah bergerak. Atur jadwal untuk pergi keluar bersama pasangan. Kamu bisa lakukan makan malam di luar, pergi ke taman hiburan atau nonton film terbaru berdua.

Di minggu ini jangan kaget jika keinginan kamu untuk berhubungan seks meningkat, itu karena kamu mulai merasa nyaman dengan kehamilan kamu. Bentuk tubuh kamu juga semakin berisi dan bisa menambah daya tarik bagi pasangan.