Alasan Mengapa Papa Perlu Ajak Bayi Bicara Sejak dalam Kandungan

Yuk luangkan waktu sejenak Pa untuk mengajak bayi dalam kandungan berbicara.

21 Januari 2019

Alasan Mengapa Papa Perlu Ajak Bayi Bicara Sejak dalam Kandungan
Freepik/Oleg Baliuk

Memantau perkembangan bayi sejak dalam kandungan memang harus Mama dan Papa lakukan. Mama dan Papa disarankan untuk rutin mengajak bayi berbicara sejak ada dalam kandungan, terlebih saat usia kehamilan sudah menginjak 19 atau 21 minggu.

Sebab pada usia ini, umumnya bayi sudah bisa mendengar suara luar, termasuk suara Mama dan Papa.

Nah, bagi Papa yang sibuk dan jarang mengajak berbicara janin dalam kandungan, nampaknya harus mulai memerhatikan intensitas “ngobrol” dengan bayi dalam kandungan deh Ma.

Sebab ada beragam manfaat yang diperoleh dari “perbincangan” Papa dengan janin dalam kandungan.

Mama ingin tahu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Moms Get Real, berikut manfaat yang dapat diperoleh:

1. Memiliki kemampuan kognitif yang baik

1. Memiliki kemampuan kognitif baik
Unsplash/Scorpio Creative

Mama harus tahu, kebiasaan Papa mengajak berbicara janin dalam kandungan rupanya mampu memengaruhi kemampuan kognitifnya.

Penelitian menunjukkan bahwa komunikasi prenatal mampu merangsang otak janin dalam kandungan.

Dengan mengajak bayi berbicara sejak dalam kandungan kemampuan kognitif dan kemampuan motorik anak cenderung lebih baik lho Ma!

2. Bayi dapat lebih tenang

2. Bayi dapat lebih tenang
Freepik/Senivpetro

Mengajak berbicara bayi dalam kandungan rupanya juga dapat membuat bayi merasa tenang Ma. Suara Mama dan Papa yang terdengar secara berulang-ulang mungkin membuat bayi merasa nyaman.

Selain mengajaknya berbicara, cara lain berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan yang bisa Mama dan Papa lakukan adalah membacakan cerita kepadanya.

Editors' Picks

3. Bayi jarang alami kolik

3. Bayi jarang alami kolik
Freepik

Tak hanya saat berada di dalam kandungan, manfaat mengajak bayi berbicara sejak dalam kandungan juga dapat dirasakan begitu bayi lahir.

Penelitian menunjukkan bahwa komunikasi prenatal mampu membawa berbagai macam manfaat pasca melahirkan yaitu lebih jarang mengalami kolik, jarang menangis, dapat tidur lebih nyenyak dan cenderung lebih kreatif.

4. Lebih cerdas

4. Lebih cerdas
Freepik/Senivpetro

Bayi yang sering diajak berbicara oleh Papa ataupun Mama sejak dalam kandungan kabarnya lebih cerdas lho Ma. Dr Davis Chamberlain, spesialis kandungan dari Boston University, Massachusetts, AS mengungkap bahwa janin yang diajak  ‘belajar’ orangtuanya sejak di dalam kandungan memiliki kemampuan kecerdasan ganda pada usia sekolah.

Itulah manfaat Papa berbicara dengan janin dalam kandungan. Jadi jika ada waktu luang, sempatkan untuk menyapa si Kecil secara rutin agar perkembangannya dapat lebih optimal. Dengan mengajak berbicara si Kecil sejak dalam kandungan, si Kecil juga akan lebih mengenal suara Papa lho begitu dirinya terlahir ke dunia.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!