Ini Dia 5 Efek Buruk Kelamaan Duduk Saat Hamil

Ternyata ada efek buruk dari kelamaan duduk saat hamil Ma!

13 September 2018

Ini Dia 5 Efek Buruk Kelamaan Duduk Saat Hamil
Freepik

Ada banyak larangan atau hal-hal yang Mama harus hindarkan saat hamil agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan tetap terjaga.

Mama yang bekerja di kantoran dan harus duduk berlama-lama nampaknya harus mempertimbangkan efek buruk kelamaan duduk saat hamil.

Ingin tahu apa saja? Ini dia Ma, efek buruk kelamaan duduk selama hamil yang harus kamu ketahui:

1. Perut alami nyeri

1. Perut alami nyeri
Freepik

Kelamaan duduk saat hamil juga bisa membuat Mama alami nyeri pada bagian perut.

Perut dapat terasa nyeri karena seiring bertambahnya usia kehamilan, rahim akan semakin membesar dan memenuhi rongga perut Mama dan saat Mama duduk terlalu lama, rongga perut akan menjadi lebih “penuh” sehingga nyeri perut terkadang tak terhindarkan.

Editors' Picks

2. Penggumpalan darah

2. Penggumpalan darah
Freepik/Yanalya

Karena memiliki beban yang lebih besar, Mama memang disarankan untuk menghindari berdiri atau duduk terlalu lama selama hamil. Sebab, jika hal tersebut Mama lakukan, akan ada tekanan yang dapat memengaruhi pembuluh darah sehingga Mama rentan untuk mengalami kram ataupun pembekuan pembuluh darah.

Saat pembekuan darah terjadi, Mama bisa saja mengalami bengkak pada kaki atau bagian tubuh lainnya.

Untuk Mama yang bekerja kantoran, disarankan untuk menghindari duduk lebih dari delapan jam.

Mama perlu untuk meregangkan otot sejenak dengan berjalan-jalan di sekitar kantor jika tak merasa lelah atau melakukan gerakan sederhana di tempat duduk dengan menggoyangkan kaki atau mengangkat kaki dengan posisi lebih tinggi.

3. Tekanan pada tulang belakang

3. Tekanan tulang belakang
Freepik/Yanalya

 Duduk terlalu lama bisa menyebabkan tekanan pada tulang belakang semakin meningkat. Mama sangat mungkin mengalami nyeri punggung jika duduk terlalu lama lho!

4. Kelebihan berat badan

4. Kelebihan berat badan
sciencenews.org

Ternyata kebiasaan duduk terlalu lama saat hamil juga bisa memengaruhi penambahan berat badan Ma. Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa kelamaan duduk saat hamil bisa membuat Mama menjadi malas bergerak.

Nah, Mama yang merasa jadi malas bergerak cenderung berisiko mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan karena cenderung jarang bergerak.

5. Lebih mudah stres

5. Lebih mudah stres
Freepik

Mama sedang alami stres? Mungkin ini bukan hanya disebabkan karena tekanan pekerjaan, tapi juga bisa karena duduk terlalu lama saat hamil.

Ya, kaitan duduk terlalu lama dengan stres juga ada Ma. Saat Mama duduk terlalu lama, maka aktivitas atau gerak tubuh akan berkurang dan terlalu banyak diam bisa mengurangi kadar endorfin dalam tubuh.

Padahal, hormon satu ini berperan dalam merangsang perasaan bahagia lho Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.