Ini Dia Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil dengan Hipertensi

Ada beragam makanan yang sebaiknya perempuan hamil hindari saat menderita hipertensi.

9 April 2019

Ini Dia Pantangan Makanan Ibu Hamil Hipertensi
Freepik/Pressfoto

Memiliki tubuh yang sehat selama hamil tanpa adanya gangguan kesehatan apapun tentu menjadi keinginan semua perempuan. Namun sayang, beberapa perempuan yang sedang hamil harus menghadapi kenyataan adanya gangguan kesehatan yang diderita seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Ya, tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil memang kerap dialami beberapa perempuan hamil. Mama yang mengalaminya harus menjaga kesehatan lebih ekstra, termasuk mengetahui pantangan makanan ibu hamil dengan hipertensi.

Penasaran apa saja pantangan makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi? Dilansir dari Healthline dan Livestrong, berikut beberapa diantaranya:

1. Makanan yang tinggi garam

1. Makanan tinggi garam
Unsplash/Sean McClintock

Makanan yang mengandung garam tinggi memang harus Mama hindari. Berdasarkan Dietary Guidline fot America, orang yang menderita tekanan darah tinggi hanya diperbolehkan mengonsumsi asupan sodium sebanyak 1.500 mg dalam sehari Ma.

Mama harus membatasi asupan garam dengan baik agar hipertensi saat hamil dapat terkontrol dengan baik dan tidak membahayakan kesehatan Mama. Mama disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang tinggi garam seperti daging olahan, makanan kalengan, dan makanan cepat saji.

2. Makanan yang tinggi gula

2. Makanan tinggi gula
Freepik/Rawpixel.com

Tak hanya membatasi asupan garam, Mama juga harus membatasi asupan gula dengan bijak jika menderita hipertensi.

Mengapa demikian? Penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Open Heart mengungkap bahwa asupan gula menjadi salah satu faktor yang dapat mengembangkan risiko hipertensi dan penyakit jantung dibanding asupan garam.

Jadi jika Mama hipertensi, ada baiknya untuk membatasi asupan gula dengan baik agar hipertensi yang Mama alami terkontrol dengan baik. Makanan tinggi gula yang harus Mama hindari diantaranya aneka kue kering, saus tomat kemasan atau saus botol, yoghurt rasa buah, buah kering, selai, minuman soda, dan smoothies.

Baca juga: Hal Penting yang Wajib Diketahui Soal Hipertensi Pada Kehamilan

Editors' Picks

3. Makanan tinggi lemak jenuh

3. Makanan tinggi lemak jenuh
Unsplash/Victoria Shes

Pantangan makanan untuk ibu hamil dengan hipertensi berikutnya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Mama disarankan untuk menghindari konsumsi gorengan, susu penuh lemak, daging merah berlemak, susu berlemak, dan juga kulit ayam. Juga makanan kemasan dan makanan cepat saji karena makanan-makanan ini cenderung berlemak namun tidak bergizi Ma.

Mama ingin tahu mengapa konsumsi makanan berlemak harus dibatasi? Hal ini karena mengonsumsi terlalu banyak makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh,

Nah, kadar LDL yang tinggi ini bisa membuat tekanan darah Mama menjadi memburuk dan tentu akan membahayakan kesehatan Mama dan juga janin dalam kandungan.

4. Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

4. Makanan Sebaik Dikonsumsi
Freepik/Lifeforstock

Dilansir dari Webmd, Mama yang menderita hipertensi saat hamil memang harus lebih jeli dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan terjaga. Untuk mengontrol tekanan darah selama kehamilan,

 Mama disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang inggi kalium, magnesium, dan serat agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik. Untuk menambah asupan kalium, magnesium dan serat, Mama dapat mengonsumsi:

  • Brokoli
  • Wortel
  • Kubis
  • Kentang
  • Labu
  • Bayam
  • Tomat
  • Ubi jalar
  • Apel
  • Pisang
  • Jeruk
  • Mangga
  • Melon
  • Stroberry
  • Anggur

Itulah makanan pantangan dan makanan yang sebaiknya Mama konsumsi jika menderita hipertensi saat hamil. Jaga pola makan dengan baik yuk Ma agar kesehatan Mama dan janin dalam kandungan terus terjaga. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!