Ternyata 5 Hal Ini Menjadi Penyebab Diare saat Hamil -

Diare saat hamil bisa disebabkan oleh berbagai macam hal

5 Mei 2019

Ternyata 5 Hal Ini Menjadi Penyebab Diare saat Hamil -
healthspectra.com

Saat hamil, berbagai gangguan kesehatan yang menyebabkan ketidaknyamaan terkadang harus Mama rasakan. Tak hanya gangguan mual dan muntah saja, gangguan kesehatan lainnya seperti diare juga mungkin untuk Mama alami.

Diare terjadi saat Mama lebih dari 3 kali buang air besar dalam sehari dan perlu ditangani dengan cepat agar tidak membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Diare saat hamil bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dilansir dari Mom Junction, berikut beberapa di antaranya:

1. Perubahan pola makan

1. Perubahan pola makan
Freepik/Senivpetro

Saat hamil, perubahan pola makan secara mendadak dan drastis dapat menyebabkan Mama mengalami diare saat hamil. Perubahan pola makan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan dapat menyebabkan diare karena tubuh merasa “kaget” dengan perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.

Karena tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan perubahan, diare akhirnya terjadi. Namun umumnya kondisi ini hanya bersifat sementara dan mereda seiring berjalannya waktu.

Editors' Picks

2. Perubahan hormon

2. Perubahan hormon
Freepik/Pressfoto

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan juga bisa menjadi penyebab diare saat hamil Ma. Hal ini karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan turut memengaruhi kinerja sistem pencernaan Mama.

 Sistem pencernaan dapat  menjadi lambat dalam mencerna makanan sehingga diare atau sembelit saat hamil pun tidak terhindarkan.

3. Sensitif terhadap makanan baru atau makanan tertentu

3. Sensitif terhadap makanan baru atau makanan tertentu
polkacafe.com

Saat hamil, kepekaan Mama terhadap makanan tertentu mungkin saja dialami. Jika sebelum hamil Mama tidak sensitif terhadap makanan tertentu misalnya, bisa jadi saat hamil, Mama menjadi sensitif terhadap makanan tersebut.

Perubahan ini mungkin terjadi karena saluran cerna Mama menjadi lebih peka terhadap makanan tersebut, sehingga risiko untuk alami gangguan pencernaan seperti diare bisa saja terjadi.  

4. Pengaruh konsumsi suplemen kehamilan

4. Pengaruh konsumsi suplemen kehamilan
Freepik/Yanalya

Suplemen kehamilan yang berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan juga bisa menimbulkan ketidaknyaman pada saluran cerna, seperti menyebabkan diare Ma.

Suplemen vitamin C misalnya, diklaim menjadi salah satu penyebab diare dan mual saat hamil.

5. Intoleransi terhadap laktosa

5. Intoleransi terhadap laktosa
Freepik/Kate Mangostar

Penyebab diare lainnya adalah meningkatnya konsumsi susu selama kehamilan. Kebanyakan orang tidak dapat mentoleransi kelebihan susu, keju dan produk lain yang mengandung laktosa.

Selain disebabkan oleh ke 5 hal tersebut, diare saat hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Beberapa kondisi yang menyebabkan diare saat hamil di antaranya infeksi bakteri dan virus, keracunan makanan, pengaruh konsumsi obat tertentu, sindrom iritasi usus, radang usus besar, hingga penyakit celiac.

Mama yang mengalami diare saat hamil harus memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik agar Mama tidak mengalai dehidrasi. Jika diare yang Mama derita tak kunjung sembuh, segera konsultasikan kepada dokter agar diare yang derita tidak mengggangu kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.