5 Hal Penting yang Harus Diketahui oleh Wanita Hamil

Nomor 4 paling penting untuk diketahui, Ma

10 Mei 2020

5 Hal Penting Harus Diketahui oleh Wanita Hamil
psychcentral.com

Terkadang Mama sering mendapatkan saran, baik dari keluarga atau teman, mengenai kehamilan. Saran ini biasanya diberikan dengan niat baik, namun mungkin tidak selalu bermanfaat bagi Mama.

Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa naluri keibuan akan muncul ketika Mama bersama bayi. Namun, sesungguhnya naluri itu muncul seiiring dengan waktu.

Sangat normal jika Mama tidak mengetahui apapun tentang bayi, seperti apa arti tangisannya atau bagaimana Mama mengetahui jika bayi lapar.

Untuk membantu Mama, berikut lima hal penting yang harus diketahui oleh ibu hamil. Yuk, simak ulasannya di Popmama.com berikut ini.

1. Hamil tidak selalu menyenangkan

1. Hamil tidak selalu menyenangkan
Freepik

"Saya berharap orang-orang akan jujur ​​dengan bagaimana rasanya hamil," kata Tionna Smalls, penulis dan tokoh TV dari Brooklyn, NY. "Orang selalu terlihat sangat bahagia dan kehamilan tidak selalu menyenangkan."

Di satu sisi wanita hamil merasa beruntung bisa hamil dan melahirkan anak. Namun di sisi lain, sebagian wanita tidak suka akan perubahan kulit, mual, dan efek samping lain yang dialami selama kehamilan.

Wanita mungkin merasa seolah-olah ada sesuatu yang salah dengan mereka karena tidak mencintai setiap kehamilan. Tetapi kenyataannya adalah, kehamilan itu sulit bagi banyak wanita dan sangat normal bila sulit menikmati setiap detiknya.

Editors' Picks

2. Sangat normal untuk meminta bantuan setelah bayi lahir

2. Sangat normal meminta bantuan setelah bayi lahir
parentmap.com

Setiap Mama selalu ingin menjadi orangtua yang terbaik bagi anaknya. Namun menjadi orangtua yang hebat bukan berarti Mama harus melakukan segalanya sendiri.

Sarah McKinley Adcox dari Chattanooga, Tennessee, mengatakan ini adalah jenis saran yang dia harap dia dapatkan sebelumnya. Dia berjuang untuk tetap bersama dalam beberapa bulan pertama setelah bayinya lahir. Dan hanya setelah beberapa keraguan diri yang serius, baru dia akhirnya menyadari kebenaran.

"Tidak apa-apa untuk merasa seperti kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan. Tidak apa-apa untuk meminta seseorang membawakan makan malam, atau menggendong bayi saat Mama tidur siang, atau meminta bantuan untuk mencuci pakaian." ucapnya.

Lagipula jika Mama tidak meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri, Mama tidak akan pernah bisa merawat keluarga seperti yang Mama inginkan.

3. Menyusui tidaklah semudah yang dibayangkan

3. Menyusui tidaklah semudah dibayangkan
Freepik

Walaupun menyusui adalah sebuah proses yang alami, menyusui tidaklah selalu mudah. Pada awalnya mungkin sulit karena Mama dan bayi harus menyesuaikan diri.

Banyak Mama yang merasa sangat kesal, kadang-kadang bahkan dengan diri mereka sendiri, jika menyusui ternyata lebih sulit dari yang diharapkan.

"Saya berharap seseorang akan memberi tahu saya betapa sulit dan menyakitkannya menyusui," kata Jennifer Huzl-Recine dari Tampa, Florida. Ia berasumsi bahwa segala sesuatu yang akan dialami itu mudah, namun terjadi hal ini tidak berlaku untuk menyusui.

Seiring dengan berjalannya waktu, Mama dan bayi akan melakukan penyesuaian dan kesulitan pun hilang.

4. Peringatan tentang baby blues dan depresi pasca persalinan

4. Peringatan tentang baby blues depresi pasca persalinan
Mothering.com

Perubahan hormon, kurang tidur, serta bayi baru lahir yang rewel dapat membuat Mama stres.

"Dua bulan pertama sangat sulit," kata Alexandra Monti dari Laval, Kanada. "Dan tidak ada yang memberitahu itu." Hal ini bisa menjadi jauh lebih emosional ketika terjadi secara tidak terduga.

Sedikit nasehat tentang apa itu baby blues atau di mana mencari bantuan untuknya, serta kondisi pasca melahirkan lainnya, seperti depresi pasca persalinan, tidak hanya membantu, tetapi juga bisa menyelamatkan jiwa.

Jika Mama merasa stres atau bahkan depresi pasca melahirkan, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan. Kesehatan mental Mama adalah salah satu hal yang terpenting.

5. Persiapan untuk melahirkan

5. Persiapan melahirkan
Monetnicole.com

"Banyak orang lupa mempersiapkan calon ibu untuk melahirkan. Katakan yang sebenarnya," kata Ashley Donald, Warga Trinidad dan Tobago. Ia berharap orang tidak akan menyembunyikannya, tetapi lebih terbuka tentang pengalaman mereka.

Persalinan bisa menakutkan, berisiko, dan menyakitkan, tetapi tidak peduli seberapa sulitnya, persalinan hasilnya akan benar-benar layak dan sepadan. Meskipun tidak ada yang mau mendengar keluhan tentang persalinan yang menyakitkan, beberapa saran realistis tentang cara menangani persalinan dapat sangat membantu.

Apakah Mama juga punya saran atau informasi penting lain seputar kehamilan dan persiapan melahirkan? 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.