Ternyata, Kehamilan Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan Lho!

Selain rasa tidak nyaman, kehamilan ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan, Ma

25 November 2021

Ternyata, Kehamilan Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan
Pexels/cottonbro

Selain luar biasa, kehamilan dan memiliki bayi juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Meski mungkin Mama akan mengalami kurang tidur, kelelahan, dan ketidaknyamanan tetapi manfaat kesehatan dari kehamilan dapat menebusnya.

Salah satu keuntungan terbesar adalah Mama dapat fokus pada kesehatan. Saat hamil, pemeriksaan prenatal memungkinkan dokter untuk mengawasi Mama untuk memastikan Mama dalam keadaan sehat.

Begitu bayi lahir, pemeriksaan pascapersalinan adalah waktu yang tepat untuk fokus pada kesehatan Mama di masa depan.

Apa saja manfaat kesehatan dari kehamilan dan menjadi seorang ibu? Rangkuman informasinya dapat Mama baca di ulasan Popmama.com berikut ini, ya!

1. Periode menstruasi yang lebih ringan

1. Periode menstruasi lebih ringan
Freepik/diana.grytsku

Kabar baik untuk mama dengan kram saat menstruasi. Memiliki bayi dapat memberi Mama sedikit kelegaan dalam jangka panjang.

Banyak perempuan mengalami periode yang lebih ringan setelah kelahiran bayi.

Dokter tidak yakin apa penyebabnya. Tetapi ini lebih banyak dialami oleh mama yang menjalani persalinan normal.

Peregangan rahim selama persalinan sebagai mekanisme bisa menjadi penyebab Mama mengalami menstruasi yang lebih ringan.

Jika Mama mengalami kram parah setelah persalinan, diskusikan dengan dokter. Dokter akan memeriksa apakan ada gangguan seperti penyakit radang panggul atau endometritis.

Editors' Picks

2. Menurunkan risiko kanker

2. Menurunkan risiko kanker
Pexels/Michelle Leman

Manfaat kesehatan dari kehamilan dirasakan oleh ibu menyusui. Menurut penelitian, kehamilan dan menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara pada perempuan.

Ada beberapa alasan. Pertama, lebih banyak jumlah kehamilan berarti lebih sedikit menstruasi. Ini membatasi paparan terhadap estrogen dan progesteron.

Hormon-hormon ini, yang diproduksi oleh ovarium, merangsang pertumbuhan sel dan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Kedua, perubahan yang dialami sel payudara selama kehamilan dan menyusui dapat membuatnya lebih tahan untuk berubah menjadi sel kanker.

Manfaat perlindungan kehamilan berkurang pada saat Mama mencapai usia 30 tahun. Itulah sebabnya perempuan disarankan untuk menyusui selama mungkin sehingga bisa mendapatkan manfaatnya.

Menurunkan risiko kanker payudara bukan satu-satunya manfaat melawan kanker. Pergeseran hormonal yang terjadi selama kehamilan dan menyusui juga melindungi terhadap kanker ovarium dan endometrium. Semakin banyak kehamilan yang Mama alami, semakin besar manfaatnya.

Namun tidak berarti memiliki banyak anak adalah satu-satunya cara untuk menghindari kanker.

Cara terbaik untuk menurunkan risiko kanker tetap sama: Jangan merokok dan hindari asap rokok, berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat dan hindari alkohol.

3. Seks yang lebih baik

3. Seks lebih baik
Pexels/Andrea Piacquadio

Hormon kehamilan bertanggung jawab atas beberapa ketidaknyamanan kehamilan. Ini termasuk kembung, mulas, ruam kulit, dan bulu yang tumbuh semakin lebat. Tapi ada satu efek samping yang menyenangkan.

Testosteron dan estrogen, hormon seks yang diproduksi oleh janin, dan progesteron, dapat meningkatkan gairah seks.

Dan selama trimester pertama dan kedua, semua aliran darah ekstra itu memompa daerah panggul. Ini membuatnya terasa lebih sensitif.

4. Mengurangi risiko multiple sclerosis

4. Mengurangi risiko multiple sclerosis
Freepik/freepik

Multiple sclerosis, yang memengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang dapat meningkat karena memiliki sedikit anak.

Tetapi memiliki bayi mengurangi risiko terkena gangguan autoimun ini. Dan setiap kehamilan dapat memberikan lebih banyak perlindungan dari multiple sclerosis, menurut peneliti.

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh Mama menyesuaikan diri agar dapat melindungi janin. Para ahli berpendapat bahwa ini dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan kerusakan saraf.

Setelah melahirkan, beberapa sel si Kecil tetap berada di tubuh dan dapat menjaga aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Sehingga risiko multiple sclerosispun turun. Meskipun dokter menyarankan perempuan dengan multiple sclerosis untuk tidak memiliki bayi, mereka percaya bahwa kehamilan sebenarnya mengurangi risiko kekambuhan. Diskusikan dengan dokter jika Mama memiliki kondisi ini, ya.

Kehamilan dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan, namun ini berarti tubuh Mama sedang merawat dan menumbuhkan janin.

Di antara beberapa keluhan itu, banyak hal baik yang muncul karena kehamilan, Ma.

Itulah tadi informasi seputar hamil memberikan banyak manfaat kesehatan. Apa efek kehamilan yang Mama rasakan?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.