5 Manfaat Bersepeda saat Hamil, Bisa Meningkatkan Mood

Selama dokter memberikan lampu hijau, maka bersepeda bisa dilakukan saat sedang hamil

11 Oktober 2021

5 Manfaat Bersepeda saat Hamil, Bisa Meningkatkan Mood
Freepik/marymarkevich

Jika Mama suka mengendarai sepeda ke mana-mana, Mama mungkin bertanya-tanya apakah bersepeda aman untuk ibu hamil. Apakah Mama khawatir soal intensitas latihan, cara mengayuh, atau risiko jatuh dari sepeda?

Pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri Every Mother, Leah Keller menjelaskan bahwa bersepeda merupakan pilihan latihan aerobik yang aman dan berdampak rendah yang dapat dinikmati sepanjang kehamilan.

Selama dokter memberikan lampu hijau mengenai olahraga ini, maka bersepeda aman dilakukan saat hamil asalkan tidak terlalu lelah. Namun bersepeda saat hamil tentu berbeda dengan ketika Mama tidak hamil, ya.

Ada beberapa tindakan pencegahan keselamatan yang perlu diterapkan. Selama Mama melakukan beberapa tips keamanan, maka akan semakin mendapatkan manfaat dari olahraga ini.

Berikut beberapa manfaat bersepeda saat hamil yang dirangkum oleh Popmama.com secara lebih detail. 

1. Meningkatkan perubahan suasana hati menjadi lebih baik

1. Meningkatkan perubahan suasana hati menjadi lebih baik
Freepik/gpointstudio

Semua jenis olahraga, termasuk bersepeda, sangat baik untuk memperbaiki suasana hati.

Seperti yang Mama ketahui bahwa perubahan hormon saat hamil juga ikut memengaruhi perubahan suasana hati. Bukan tidak mungkin kalau Mama bisa mendadak kesal atau tidak mood untuk melakukan sesuatu.

Hal ini terjadi lantaran saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memicu timbulnya perasaan positif, serta mengurangi stress. Selain itu, olahraga juga dapat meredakan nyeri selama kehamilan terjadi.

2. Menjaga kesehatan otot dan sendi

2. Menjaga kesehatan otot sendi
Freepik/prostooleh

Bersepeda bisa memperkuat otot paha, betis, kaki, pinggul, perut, lengan, dan bokong.

Selain itu, bersepeda juga dapat menambah stamina dan mendukung kesehatan otot serta sendi Mama saat hamil. Jadi tubuh Mama pun lebih siap untuk menyongsong persalinan nanti.

Dengan stamina yang lebih tinggi dan tubuh yang bugar, maka Mama akan lebih bersemangat tanpa merasa cepat lelah.

Editors' Picks

3. Membantu mengontrol berat badan selama hamil

3. Membantu mengontrol berat badan selama hamil
Unsplash/I Yunmai

Kenaikan berat badan menjadi suatu hal yang normal saat hamil. Namun kenaikan berat badan berlebih sebaiknya dihindari karena akan meningkatkan risiko komplikasi.

Bersepeda dapat membantu menjaga kenaikan berat badan selama hamil tetap stabil. Ini karena olahraga seperti bersepeda dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mengontrol kenaikan berat badan saat hamil, maka Mama juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Asupan ini meliputi biji-bijian, sayur, dan aneka buah untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/bristekjegor

Selain dengan menjalani pola makan sehat dan istirahat yang cukup, bersepeda dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh kuat, Mama pun jadi tidak mudah sakit.

Tubuh yang sehat akan mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Ini tentunya juga harus didukung dengan istirahat yang cukup, hindari stres, dan konsumsi makanan bernutrisi ya, Ma.

5. Meningkatkan kualitas tidur

5. Meningkatkan kualitas tidur
Freepik/gpointstudio

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh Mama saat hamil, yakni sulit tidur. Padahal tidur yang berkualitas dan cukup sangat penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

Salah satu cara untuk mengatasinya, yakni dengan berolahraga. Bersepeda dapat membuat Mama menjadi lebih santai. Oleh karena itu, bersepeda saat hamil bisa membantu meredakan stres dan membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Tips Aman Bersepeda saat Hamil

Tips Aman Bersepeda saat Hamil
Pixabay/doctor-a

Ibu hamil boleh bersepeda, tetapi harus memperhatikan beberapa tips keamanan agar janin di dalam kandungan tetap sehat. Berikut tips yang bisa dilakukan ibu hamil saat bersepeda, antara lain:

  • Hindari bersepeda di tempat yang terlalu ramai atau berpolusi.
  • Selalu berhati-hati saat bersepeda. Bila memungkinkan, bersepedalah bersama suami atau teman.
  • Kenakan pakaian yang nyaman.
  • Pastikan Mama dalam kondisi sehat saat bersepeda.
  • Pilihlah waktu yang tepat bila ingin bersepeda di luar rumah, tidak terlalu panas atau hujan. Jangan lupa untuk menghindari kerumunan ya, Ma.

Meski aman, diskusikan dengan dokter kandungan. Dengan begitu, Mama bisa mendapatkan saran dari dokter yang sesuai dengan kondisi kehamilan saat ini.

Itulah tadi beberapa manfaat bersepeda saat hamil. Apakah Mama juga suka bersepeda?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.