Apa Saja yang Dilakukan Janin di Dalam Kandungan? Cek di Sini!

Si Kecil ternyata memiliki banyak aktivitas ketika berada di dalam perut Mama, lho!

12 November 2021

Apa Saja Dilakukan Janin Dalam Kandungan Cek Sini
Pexels/Josh Willink

Mama mungkin pernah bertanya-tanya tentang apa yang dilakukan si Kecil di dalam kandungan? Meskipun melakukan pemeriksaan USG, Mama tidak benar-benar melihat apa yang dilakukan janin.

Janin dalam kandungan beraktivitas layaknya bayi yang baru dilahirkan, Ma. Ia makan, tidur, bahkan mendengarkan suara Mama. Selain itu, si Kecil juga tumbuh dan belajar lho, Ma.

Penasaran dengan apa saja yang dilakukan janin saat di dalam perut Mama? Popmama.com merangkum informasi tentang 9 hal yang dilakukan janin di dalam perut. Apa saja, ya?

1. Makan

1. Makan
Pexels/Koolshooters

Setelah Mama melewati fase mual dan muntah, Mama mungkin menyadari bahwa menumbuhkan janin dapat membuat Mama lapar. Itu karena janin juga ikut mendapatkan nutrisi dari makanan Mama melalui plasenta.

Nah, inilah sebabnya Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar cukup untuk Mama dan janin yang bertumbuh.

2. Menikmati “pemandangan”

2. Menikmati “pemandangan”
Pexels/Jonathan Borba

Pada akhir trimester kedua, janin mulai membuka matanya! Namun apa yang dilihatnya di dalam perut Mama?

Meski tidak dapat menikmati pemandangan seperti di luar, janin dapat merespons cahaya, Ma. Mama dapat bereksperimen dengan mengarahkan senter ke perut. Namun jangan sering-sering dilakukan ya, Ma.

3. Mendengarkan suara Mama

3. Mendengarkan suara Mama
Pexels/PNW Production

Seperti mata, telinga mungilnya mulai berkembang di minggu-minggu pertama kehamilan. Selama trimester kedua, sepasang telinganya dapat mendeteksi suara di luar rahim.

Dan dari semua hal yang didengar bayi, suara Mama yang paling jelas terdengar. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memainkan musik dan bernyanyi untuk si Kecil!

Hindari tempat-tempat yang bising untuk melindungi pendengaran janin ya, Ma.

Editors' Picks

4. Cegukan

4. Cegukan
Pexels/MART Production

Apakah Mama merasakan gerakan janin yang teratur? Bisa jadi Mama sedang merasakan si Kecil mengalami cegukan. Cegukan biasanya normal, Ma. Namun jika Mama khawatir, jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter, ya.

5. Yuk, hitung tendangan si Kecil

5. Yuk, hitung tendangan si Kecil
Pexels/ Ivan Samkov

Ketika Mama merasakan beberapa tendangan pertama, Mama mungkin tidak benar-benar menyadarinya. Tendangan pertama mungkin terasa seperti gelembung atau kepakan.

Seiring dengan bertumbuhnya janin, tendangannya pun makin terasa. Jangan lupa untuk menghitung tendangan atau gerakan janin untuk mengetahui apakah ada potensi masalah tertentu ya, Ma.

6. Mengisap jempol

6. Mengisap jempol
Pexels/Melike Benli

Mengisap jempol adalah kebiasaan masa kecil yang umum. Bahkan ini sudah dimulai sejak si Kecil berada dalam perut Mama. Kadang kegiatan ini dapat Mama lihat saat pemeriksaan USG.

Apakah Mama khawatir jika kebiasaan ini berlanjut ketika bayi lahir? Jangan khawatir, biasanya ini bukan masalah yang mengganggu perkembangan si Kecil, Ma.

7. Tidur pulas dan bermimpi

7. Tidur pulas bermimpi
Freepik

Apa yang paling sering dilakukan janin saat berada dalam perut Mama? Janin sebenarnya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Jika kehamilan dan aktivitas membuat Mama merasa lelah, cobalah untuk tidur siang atau istirahat.

Meski sulit untuk diamati, tetapi para peneliti berpendapat bahwa mungkin saja janin mengalami mimpi pertamanya ketika ia masih dalam kandungan.

8. Terus bertumbuh

8. Terus bertumbuh
Pixabay/Greyerbaby

Salah satu tugas terpenting janin di dalam rahim adalah bertumbuh. Sulit dibayangkan, sejak pembuahan hingga akhir kehamilan, janin bertumbuh dari tidak terlihat hingga memiliki berat beberapa kilogram.

Jangan lewatkan waktu pemeriksaan kehamilan ya, Ma. Ini penting untuk mengetahui apakah janin tumbuh dan berkembang sesuai usianya.

9. Berputar

9. Berputar
Freepik/Macrovector

Janin berputar ketika berada di dalam rahim. Jelang persalinan, Mama mungkin khawatir mengenai posisi janin. Tindakan terbaik adalah berbicara dengan dokter.

Dokter dapat membantu mengarahkan posisi janin ke posisi persalinan yaitu dengan kepala di bawah dan menghadap jauh dari perut.

Sekarang setelah Mama mengetahui apa yang dilakukan janin saat dalam kandungan. Meski Mama tidak sabar untuk bertemu dengan si Kecil, nikmatilah masa-masa kehamilan ini.

Apakah Mama merasakan beberapa aktivitas bayi di atas?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.