Apakah Berhubungan Seks Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang?

Agar tidak semakin penasaran, kita simak penjelasan para ahli berikut ini, Ma!

24 Juli 2022

Apakah Berhubungan Seks Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang
Unsplash

Pernahkah Mama mendengar informasi ini dari orang lain dan akhirnya bertanya-tanya pada diri sendiri tentang apakah berhubungan seks bisa mengubah posisi bayi sungsang? Atau mungkin, Mama salah satu orang yang mempercayainya?

Posisi bayi sungsang memang sedikit mengkhawatirkan bagi ibu hamil ya, Ma. Apalagi, jika memang sedang berusaha untuk bisa melahirkan normal. Sebab saat posisi bayi sungsang, dokter tak jarang memberikan rekomendasi persalinan caesar.

Beberapa ibu hamil mungkin akan menerima pilihan tersebut dan mempersiapkan diri untuk melakukan operasi caesar, sementara yang lainnya akan tetap mengusahakan agar posisi bayi berubah menjadi siap lahir normal.

Ibu hamil yang tetap ingin melahirkan normal akan mencari tahu tentang berbagai tips untuk mengubah posisi bayi. Mulai dari bertanya dengan dokter, orang terdekat, hingga membaca artikel di internet.

Namun, apakah berhubungan seks bisa mengubah posisi bayi sungsang? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Mama, jangan lewatkan artikel dari Popmama.com berikut ini, ya!

Posisi Bayi Sungsang Membuat Ibu Hamil Direkomendasikan Melahirkan dengan Operasi Caesar

Posisi Bayi Sungsang Membuat Ibu Hamil Direkomendasikan Melahirkan Operasi Caesar
parents.com

Bayi disebut sungsang jika posisi kepalanya tidak menghadap ke bawah atau ke jalan lahir. Pada posisi bayi seperti ini, tidak semua tempat persalinan menerima proses melahirkan normal. Sebab untuk lahir normal yang lebih mudah, kepala bayi sebaiknya berada di posisi bawah.

Patricia Ladis, seorang terapis fisik dan founder WiseBody PT, mengungkapkan pendapatnya tentang hal ini. Menurutnya, kekhawatiran utama bukan karena persalinan caesarnya.

"Bayi sungsang biasanya akan membuat ibu hamil harus menjalani operasi caesar," tukas Ladis. "Tapi sebenarnya keputusan tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan."

Menurut Ladis, yang perlu dikhawatirkan adalah keamanan dalam persalinannya, kesiapan mental ibu hamil, serta emosional keluarga yang menemani. Sebab saat melakukan operasi caesar, ibu hamil akan dimonitor setiap saat.

Editors' Picks

Apa yang Menjadi Penyebab Posisi Bayi Sungsang?

Apa Menjadi Penyebab Posisi Bayi Sungsang
Freepik/lookstudio

Tahukah Mama bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab posisi bayi menjadi sungsang? Seorang ahli persalinan dan doula, Sara Lyon, memberikan penjelasan tentang hal ini.

"Saat seorang ibu hamil membungkuk atau duduk tanpa sandaran sehingga tubuhnya melengkung," Lyon memulai penjelasannya. "Posisi tersebut akan membuat kepala bayi berada di posisi tidak nyaman, karena kepalanya mendongak ke atas."

Karena bayi suka berada di posisi seperti sedang meringkuk, maka saat ibu hamil berada di posisi yang tidak membuatnya nyaman, ia akan memutar tubuhnya ke posisi sebelumnya.

Untuk menghindari bayi berubah posisi dan menjadi sungsang, Lyon meminta ibu hamil untuk menjaga lengkungan di punggung bawah, serta menggunakan bantal lumbar untuk menopang tubuh saat bersantai atau duduk.

Apakah Berhubungan Seks Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang?

Apakah Berhubungan Seks Bisa Mengubah Posisi Bayi Sungsang
Shutterstock/metamorworks

Karena secara ilmiah hampir tidak ada data yang mampu mendukung pernyataan ini, maka jawabannya adalah tidak. Namun, beberapa posisi seks berkemungkinan bisa membantu bayi berubah posisi.

Lyon pun tak lupa menyampaikan pendapatnya tentang hal ini. Menurut Lyon, seks bukanlah olahraga yang direkomendasikan untuk merubah posisi bayi sungsang.

Namun menurut Lyon, tidak ada salahnya juga melakukan hubungan seks saat posisi bayi sedang sungsang. Berhubungan seks saat hamil pun punya manfaat baik untuk Mama dan janin.

"Kenapa tidak dilakukan?" tegas Lyon. "Hormon seks bagus untuk ibu hamil dan bayi. Dan jika melakukan gerakan dan posisinya bisa membantu posisi bayi, kenapa tidak?"

Bukan Kegiatannya, tetapi Beberapa Posisi Seks Bisa Membantu Merubah Posisi Bayi Sungsang

Bukan Kegiatannya, tetapi Beberapa Posisi Seks Bisa Membantu Merubah Posisi Bayi Sungsang
eonline.com

Menurut Lyon, bukan tentang hubungan seks yang bisa merubah posisi bayi sungsang, tetapi beberapa posisi seks bisa membantu bayi berputar.

Nah, jika ibu hamil ingin berada di posisi tersebut sambil melakukan hubungan seks, pastikan untuk mengantongi izin dari dokter kandungan, ya.

Posisi hubungan seks pertama yang bisa dilakukan adalah doggy style. Salah satu jenis olahraga yang bisa membuat posisi bayi sungsang berubah adalah merangkak dengan sedikit goyangan di bagian punggung.

Doggy style adalah posisi seks yang paling mendekati dengan kegiatan tersebut. Nah, saat akan melakukan hubungan seks dengan posisi ini, cobalah untuk memberikan kemiringan pada postur tubuh, dimana bagian dada lebih rendah dari pada pantat.

Posisi hubungan seks yang kedua adalah misionaris. Namun saat akan melakukannya, tambahkan bantal penyangga yang bisa membuat posisi panggul lebih tinggi dari pada dada.

Kedua posisi ini akan mendorong bagian tubuh bayi yang lebih berat ke arah dada ibu hamil, sehingga diharapkan bisa merubah posisi bayi sungsang. 

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang apakah berhubungan seks bisa mengubah posisi bayi sungsang, Ma. Jadi, bukan kegiatannya yang bisa mengubah posisi bayi ya, Ma, tetapi posisi ibu hamil saat melakukan seks mampu merangsang pergerakan bayi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk