50 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Modern di Tahun 2020

Bisa jadi ide bagi Mama yang baru saya melahirkan bayi perempuan

30 Desember 2019

50 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Modern Tahun 2020
Pexels/Kevin Octa

Ketika hari persalinan Mama semakin dekat. Mama dan Papa pasti sudah siap menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan buah hati ke dunia.

Mulai dari perlengkapan bayi dan kebutuhan Mama yang dibawa saat proses melahirkan nanti.

Selain itu, orangtua juga perlu menyiapkan nama yang akan diberikan pada anak saat lahir nanti.

Nama tidak hanya sebagai tanda pengenal, tetapi juga juga berisi harapan atau doa orangtua bagi anak.

Jika Mama sudah mengetahui bahwa anak berjenis kelamin perempuan, berikut Popmama.com berikan 50 daftar nama bayi perempuan modern yang dapat jadikan inspirasi dilansir dari berbagai sumber:

1. Nama bayi pelangi

1. Nama bayi pelangi
Pexels/Shahbaz Akram

Bayi pelangi merupakan sebutan bagi Mama yang pernah mengalami keguguran sebelumnya.

Bayi yang hadir setelahnya menjadi sebuah harapan baru bagi kedua orangtuanya.

Berikut beberapa nama bayi perempuan di bawah ini dapat menjadi pilihan Mama dan Papa. 

  1. Aksha, berasal dari bahasa India yang memiliki arti berkah dari Tuhan.
  2. Iris, sebuah nama dari dewi pelangi di Yunani. Digambarkan sebagai sosok perempuan muda yang cantik dengan sayap emas.
  3. Iridiana, berarti sosok perempuan berparas cantik dan feminim.
  4. Scralett, memiliki arti warna merah yang cerah serta merona.
  5. Coral, nama ini memiliki banyak arti dalam beragam bahasa. Jika dalam bahasa Inggris, Coral merupakan nama permata abad ke-19 yang populer digunakan untuk membuat perhiasan dan ornamen. 
  6. Goldie, berasal dari kata Gold yang berarti berwarna emas.
  7. Mazerine, dalam bahasa Prancis berarti warna biru tua. Nama yang diberikan sebagai penghormatan bagi ulama Prancis abad ke-17 yang berpengaruh yaitu, Kardinal Mazarin.
  8. Mireya, merupakan nama dari bahasa Spanyol yang berarti miracle atau mukjizat dan keajaiban.
  9. Ruby, berasal dari kata Rubeus yang dalam bahasa Latin berarti warna merah. Ruby digambarkan sebagai permata berwarna merah tua.
  10. Violet, berasal dari bahasa Latin yang berarti warna ungu. Menggambarkan sosok perempuan yang manis dan lembut. 

Editors' Picks

2. Nama bayi dari tokoh hebat

2. Nama bayi dari tokoh hebat
Pexels/Georgia Maciel

Jika menginginkan putri kecil Mama tumbuh sebagai perempuan yang kuat dan tangguh. Memberikannya nama dari tokoh-tokoh yang terkenal dan hebat mungkin dapat menjadi pilihan. Berikut beberapa nama yang bisa dijadikan inspirasi. 

  1.  Elizabeth, sosok pemimpin perempuan legendaris di Inggris. Dalam alkitabiah Elizabeth berarti kuat dan tak lekang oleh waktu. Nama Elizabeth merupakan perempuan yang berhasil menduduki tahta Inggris dari masa ke masa. 
  2. Harriet, diambil dari nama Harriet Tubman, seorang mantan budak yang membantu membimbing puluhan budak untuk kebebasan melalui Underground Railroad. Harriet kemudian berjuang untuk hak pilih perempuan pada masa itu. 
  3. Margaret, berarti mutiara, merupakan pilihan yang tepat untuk menggambarkan sosok Margaret Mead, seorang antropolog budaya yang brilian. 
  4. Gloria, menjadi nama inspiratif dari sosok Gloria Steinem yang telah memimpin gerakan pembebasan perempuan sejak 1960-an, memperjuangkan perempuan untuk memiliki pernikahan dan membayar kesetaraan, dan hak-hak reproduksi. 
  5. Ella, menjadi nama pilihan karena sosok multitalenta Ella Fitzgerald. Seorang penyanyi, Ella Fitzgerald berarti cahaya terang, mengindikasikan seseorang yang ditakdirkan menjadi bintang. 
  6. Hermione, tokoh ciptaan J.K. Rowling dalam buku dan film Harry Potter. Hermione Granger adalah penyihir yang sangat cerdas setelah muncul dalam mitologi kuno di Shakespeare. Hermione merupakan variasi dari nama dewa Yunani Hermes, yang berarti "utusan."
  7. Luna, merupakan tokoh ciptaan J.K. Rowling dalam buku dan film Harry Potter. Nama panjangnya Luna Lovegood, sosok pahlawan keren yang memiliki arti nama bulan. 
  8. Elsa, tokoh animasi dalam film Frozen. Digambarkan sebagai sosok perempuan yang kuat, tangguh, dan pemimpin hebat.
  9. Anne, berasal dari nama tokoh Anne Shirley dalam Prince Edward Island. Anne telah dicintai oleh generasi perempuan. Nama Anne berarti rahmat.
  10. Dorothy, sebuah nama terinspirasi dari Dorothy Gale, gadis petualang yang memiliki arti seorang dicintai oleh Tuhan.

3. Nama bayi yang berarti bunga

3. Nama bayi berarti bunga
Pexels/Georgia Maciel

Apabila Mama merupakan orang yang menyukai bunga karena keindahannya. Menamai bayi perempuan dengan makna bunga dapat menjadi pilihan. Berikut nama-nama bayi perempuan dengan makna bunga.

  1. Azalea, merupakan nama bunga dalam bahasa Yunani Azaleos yang berarti kering karena bunga Azalea ini tumbuh dengan baik pada area tanah subur maupun berpasir. Azalea adalah simbol kewanitaan, romansa dan hasrat baru - serta kerapuhan.
  2. Blossom, merupakan bunga dalam bahasa Inggris yang memiliki arti segar. Orang dengan nama ini senang dengan perubahan, petualangan, dan kegembiraan. Mereka dinamis, visioner dan serbabisa.
  3. Camelia, diambil dari nama bunga Camellia. Dalam bahasa Latin nama Camelia berarti muda dan mengarah pada sosok perempuan feminim.
  4. Dahlia, merupakan nama anak perempuan dari Skandinavia yang berarti bunga Dahlia. Nama Dahlia menggambarkan sosok perempuan anggun serta bermartabat.
  5. Daisy, merupakan nama bunga yang berarti day's eye atau mata hari bunga ini berhibernasi dan membuka kelopaknya saat fajar tiba. 
  6. Flora, dalam bahasa Latin berarti bunga. Flora merupakan dewi bunga dan musim semi Romawi, istri Zephyr angin barat. Nama Flora telah digunakan sejak zaman Renaisans di Prancis. 
  7. Jasmine, dalam bahasa Persia nama Jasmine bermakna hadiah dari Tuhan. Jasmine merupakan bunga melati yang lembut dan aromatik. 
  8. Lily, berasal dari kata Lilium dalam bahasa Latin yang berarti bunga sebagai simbol kemurnian.
  9. Poppy, nama ini berasal dari bahasa Latin yang berarti bunga merah. Tidak seperti nama bunga pada umumnya yang memiliki makna feminim, Poppy menggambarkan sosok yang pemberani. 
  10. Rose, berarti bunga mawar. Selain nama Rose, ada beberapa nama dengan arti sama seperti Rosa, Rosetta, Roseanne, Rosanna, Rosemary, Rosamund, Rosalind, Rosalie.

4. Nama bayi bernuansa klasik

4. Nama bayi bernuansa klasik
Pexels/Ivone De Melo

Jika Mama mencintai gaya-gaya zaman dulu atau nuansa yang klasik, nama-nama bayi di bawah ini bisa jadi referensi, lho. 

  1. Adelaide, memiliki arti bangsawan. Nama Adelaide juga merupakan nama ratu Inggris pada abad ke-19. 
  2. Beatrice, merupakan sebuah nama klasik dalam bahasa Latin. Memiliki makna indah yang berarti pembawa kebahagiaan. 
  3. Clementine, dikenal sebagai nama lagu rakyat terkenal. Clementine dalam bahasa Latin memiliki arti ringan atau penyayang. 
  4. Agnes, dalam bahasa Yunani nama ini berarti suci. Nama ini mengacu pada sosok bernama Saint Agnes, seorang perempuan yang mati syahid selama penganiayaan kaisar Romawi Diokletianus. Nama itu dikaitkan dengan bahasa Latin Agnus yang berarti domba sehingga digambarkan sebagai orang suci dengan domba di sisinya.
  5. Eleanor, nama Eleanor berasal dari bahasa Yunani yang memiliki makna bersinar dan cerah.
  6. Hazel, merupakan nama yang berasal dari pohon hazelnut. Nama ini memiliki arti perlindungan dan juga otoritas. 
  7. Helen, adalah nama yang berarti cahaya yang bersinar terang. Orang dengan nama Helen biasanya memiliki jiwa pemimpin dan mandiri.
  8. Theodora, merupakan nama yang dalam bahasa Yunani berarti pemberian Tuhan. 
  9. Pearl, merupakan nama yang mengacu pada batu permata. Anak perempuan dengan nama Pearl diharapkan membawa kesehatan dan juga kesejahteraan.
  10. Louisa, merupakan nama perempuan dalam bahasa Latin yang berarti prajurit terkenal. 

5. Nama bayi bernuansa putri kerajaan

5. Nama bayi bernuansa putri kerajaan
Unsplash/Shelby Miller

Nama-nama putri di kerajaan mungkin terkenal kuno karena secara turun temurun dalam tradisi, nama tersebut terulang dalam beberapa waktu.

Namun, tidak ada salahnya jika Mama ingin memberikan si Kecil nama bernuansa putri kerajaan. 

Selain terlihat keren, nama ini juga pasti terkesan unik. 

  1. Alice, merupakan putri kedua Ratu Victoria dalam kerajaan Inggris. Nama Alice memiliki arti mulia. 
  2. Anne, dalam bahasa Ibrani, Prancis, dan Inggris nama Anne memiliki arti rahmat. Di kerajaan Inggris terdapat 6 nama Anne, dua di antaranya istri Henry VIII, serta nama putri tunggal Ratu Elizabeth saat ini ditambah royalti Prancis dan Rusia. 
  3. Catherine, dalam bahasa Yunani nama Catherine berarti murni. Di kerajaan Inggris, nama Catherine merupakan istri pangeran William, Catherine atau yang dikenal sebagai Kate Middleton. 
  4. Charlotte, memiliki arti orang yang bebas dalam bahasa Prancis. Saat ini nama Charlotte merupakan Putri Muda Cambridge. 
  5. Diana, merupakan nama istri Pangeran Charles dalam kerajaan Inggris. Dalam bahasa Inggris, nama Diana memiliki arti bercahaya dan kesempurnaan. 
  6. Grace, memiliki arti kemurahan hati dan kebaikan. Dalam bahasa Latin berarti rahmat Tuhan, sedangkan dalam mitologi Yunani berarti sukacita dan keindahan. Grace dalam kerajaan merupakan seorang putri Monako. 
  7. Josephine, merupakan nama dari istri Napoleon Bonaparte pada tahun 1796. Nama Josephine memiliki arti Tuhan akan meningkat atau mengangkat. 
  8. Mary, dalam kerajaan Inggris nama ini telah digunakan oleh dua ratu dan ratu Skotlandia. Mary berasal dari kata Maria yang berarti pengharapan. 
  9. Sonja, berasal dari kata Sophia dalam bahasa Yunani yang berarti kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, dan penilaian yamg baik. 
  10. Victoria, dalam bahasa Latin nama Victoria berarti kemenangan. Victoria merupakan ratu Inggris yang memerintah selama lebih dari 63 tahun. 

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

Temukan juga pilihan nama bayi lainnya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.