Eksklusif Popmama Talk: Persiapan Persalinan Caesar Chua Kotak

Chua Kotak direncanakan akan melahirkan secara caesar pada 17 Maret nanti

15 Maret 2019

Eksklusif Popmama Talk Persiapan Persalinan Caesar Chua Kotak
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai Millennial Mama of the Month edisi November 2018, Swasti Sabdastantri atau yang biasa dikenal dengan Chua Kotak sedang menanti persalinan anak keduanya. 

Sama seperti anak pertama, Chua kembali melakukan persalinan secara caesar. Melalui Popmama Talk, Chua juga mengaku memilih persalinan caesar pada hari libur agar keluarganya bisa berkumpul. 

Untuk tanggalnya sendiri, Chua mengatakan kalau 17 Maret 2019 nanti menjadi hari di mana dirinya melakukan persalinan secara caesar. 

Jika Mama yang sempat tertinggal Popmama Talk edisi perdana bersama Chua, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa informasi pentingnya. 

Semoga bisa menjadi inspirasi ya, Ma!

1. Chua berusaha tidak terlalu membawa banyak barang saat persalinan

1. Chua berusaha tidak terlalu membawa banyak barang saat persalinan
Popmama.com/Michael Andrew

Jika saat persalinan Raja banyak barang-barang yang dibawa, kali ini Chua sudah lebih berpengalaman daripada sebelumnya. 

“Kalau barang-barang saat persalinan pertama karena perdana, jadi agak lebay seperti mau pulang mudik sampai berkoper-koper. Ternyata saat di rumah sakit disediakan pakaian, terus bayi untuk popok sudah tersedia. Di persalinan kedua nanti, mungkin lebih membawa pakaian untuk pulang saja. Paling dua pakaian aja, terus barang bayi yang dibawa car seat kecil. Jadi nanti digunakan waktu sudah bisa pulang dari rumah sakit,” jelas Chua. 

Kalau Mama sendiri barang apa saja yang tidak boleh tertinggal saat persalinan? 

2. Kembali menggunakan barang-barang lama dari anak pertamanya

2. Kembali menggunakan barang-barang lama dari anak pertamanya
Popmama.com/Michael Andrew

Selain persiapan fisik dan mental sama seperti ibu hamil lainnya, Chua tetap berusaha mempersiapkan kebutuhan anak kedua dengan baik usai persalinan. 

“Paling aku mempersiapkan baju-baju dengan nuansa pink karena alhamdulillah bayinya perempuan. Lalu juga melakukan persiapan laundry barang-barang bayi yang dulu pernah digunakan, seperti baby box, stroller hingga selimut milik Raja,” ucap Chua. 

Untuk persiapan persalinan anak kedua, Chua mengaku kalau kali ini lebih hemat. Apalagi banyak barang-barang dengan warna netral seperti putih yang pernah dipakai oleh Raja saat bayi dulu. Jadi banyak barang-barang yang masih bisa digunakan oleh anak kedua Chua. 

Ini pun menjadi tips untuk para Mama untuk berusaha memilih warna-warna netral. Putih menjadi warna yang aman saat digunakan untuk bayi laki-laki dan perempuan. Pemilihan warna ini juga bisa membuat kondisi keuangan keluarga bisa menjadi hemat saat menjadi anak kedua.

Editors' Picks

3. Bahagia menjadi kunci persalinan yang menyenangkan

3. Bahagia menjadi kunci persalinan menyenangkan
Popmama.com/Michael Andrew

Melalui pembicaraan bersama Chua di Popmama Talk, Chua mengatakan kalau persiapan mental menjelang persalinan memang perlu dilakukan. Menurutnya menyambut kehadiran anak dengan sukacita membantu persiapan mental menjadi lebih baik. 

Selain itu, Chua juga mengingatkan kembali kalau selalu merasa bahagia menjadi kunci persalinan yang menyenangkan baik persalinan secara normal atau caesar. 

“Sebenarnya masih banyak kontra antara kelahiran caesar dan normal. Jujur aku belajar semuanya, kelahiran normal itu memang bagus karena faktor alami. Hanya saja jangan menyalahkan ibu-ibu yang melahirkan secara caesar karena pasti ada satu dan lain hal. Yang penting rumusnya adalah happy karena kalau happy bisa membawa energi positif ke bayinya," kata Chua yang kembali mengingatkan kalau persalinan normal dan caesar itu tetap harus dijalani dengan bahagia.

Chua mengingatkan dengan selalu bahagia dapat membantu proses persalinan menjadi lebih nyaman, anak tidak stres saat dilahirkan, anak merasa disambut dengan baik di dunia.

"Kuncinya, kita harus memberikan energi serba positif. Mau lahiran normal mau lahiran caesar yang penting intinya adalah positive thinking dan positive energy,” ucap Chua. 

Itulah beberapa persiapan persalinan caesar dari Chua untuk anak keduanya. Bukan hanya kebutuhan menjelang persalinan, namun fisik dan mental pun harus dipersiapkan dengan sangat baik. 

Semoga Popmama Talk kali bersama Chua bisa memberikan inspirasi tersendiri ya, Ma!

Popmama Talk Menjadi Program Terbaru Popmama.com

Popmama Talk Menjadi Program Terbaru Popmama.com
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Ada yang sudah menonton program Popmama Talk di Instagram @Popmama_com edisi Chua "Kotak"?

Popmama Talk pertama kali diadakan pada hari Kamis (14/03/2019).

Popmama Talk ini akan menjadi program rutin dari Popmama.com di tahun 2019. Program ini akan dilakukan melalui Instagram Live bersama berbagai narasumber yang selalu membahas mengenai dunia parenting dengan lebih menarik. Jika Mama sempat tertinggal Popmama Talk edisi Chua yang membahas mengenai persiapan persalinan caesar anak keduanya, jangan sampai ketinggalan sesi berikutnya ya!

Melalui Popmama Talk, Mama bisa mendapatkan banyak informasi, pengetahuan serta inspirasi. Jangan terlewat ya Ma, Popmama Talk edisi selanjutnya!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!