Hamil Anak Kedua, Chelsea Olivia Rutin Mengonsumsi Air Kelapa

Asupan air kelapa yang bernutrisi memang sudah rutin dikonsumsi Chelsea Olivia sejak hamil Nastusha

18 Agustus 2020

Hamil Anak Kedua, Chelsea Olivia Rutin Mengonsumsi Air Kelapa
Instagram.com/chelseaoliviaa

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie sedang menanti kehadiran anak kedua mereka. Mengingat usia kehamilan Chelsea sudah masuk bulan ketujuh, Glenn sebagai suami ikut fokus terhadap kesehatan serta perkembangan anak keduanya di dalam kandungan.

Melalui InstaStory Chelsea, ia sempat merekam aktivitas sang Suami ketika sedang membelah kelapa untuk diambil airnya. Air kelapa tersebut ditaruh ke dalam botol agar bisa dikonsumsi oleh Chelsea. 

"Setiap hari dia (Glenn) membelah kelapa untuk aku, fresh coconut. Sejak hamil Nastusha juga udah begini," kata Chelsea. 

Perlu diketahui bahwa air kelapa memberikan banyak nutrisi untuk ibu hamil. Chelsea pun merasakan hal tersebut sejak kehamilan anak pertamanya dulu. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat positif dari air kelapa untuk ibu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Membantu pertumbuhan rambut si Kecil selama di dalam kandungan 

1. Membantu pertumbuhan rambut si Kecil selama dalam kandungan 
Instagram.com/chelseaoliviaa

Bayi yang terlahir dengan rambut lebat tentunya sangat lucu dan menggemaskan. Tak jarang banyak orangtua menginginkan anaknya terlahir dengan rambut yang lebat.

Keinginan tersebut membuat sebagian ibu hamil memilih asupan makanan atau minuman yang dapat membantu pertumbuhan rambut anaknya kelak. Mengonsumsi air kelapa menjadi salah satu cara yang seringkali dilakukan. 

Rutin meminum air kelapa juga membantu ibu hamil dalam melawan berbagai macam penyakit. Apalagi air kelapa mengandung senyawa asam laurat yang baik untuk melawan penyakit di dalam tubuh. 

Untuk orangtua yang menginginkan si Kecil terlahir dengan rambut cukup lebat, cobalah untuk rutin mengonsumsi air kelapa. 

Rutin mengonsumsi minuman sehat ini dapat membantu pertumbuhan rambut si Kecil selama di dalam kandungan.

Editors' Picks

2. Menjaga imunitas tubuh selama masa kehamilan 

2. Menjaga imunitas tubuh selama masa kehamilan 
Freepik/Rawpixel.com

Ibu hamil tentu ingin nutrisi dan gizinya terpenuhi dengan baik, termasuk memenuhinya dengan buah serta sayuran. 

Mama perlu tahu bahwa air kelapa juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung elektrolit alami. Selain elektrolit, air kelapa juga mengandung banyak kalsium, magnesium, dan beberapa zat lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan. 

Nutrisi yang ada di dalam air kelapa mampu mencegah terjadinya dehidrasi dan menjaga tubuh lebih sehat. 

Tubuh ibu hamil perlu terhidrasi selama menjalani aktivitas keseharian, sehingga terhindar dari gangguan kesehatan seperti sakit kepala atau kram. 

3. Membantu agar bayi lahir dengan kulit yang bersih 

3. Membantu agar bayi lahir kulit bersih 
Freepik/Jcomp

Air kelapa tidak hanya dapat membantu pertumbuhan rambut janin dari dalam kandungan saja, melainkan dapat memberikan beragam manfaat positif. Perlu diketahui bahwa air kelapa juga banyak dipercaya dapat membantu kulit bayi bersih saat dilahirkan. 

Saat hamil, air kelapa bisa menjadi pilihan minuman sehat yang bisa dikonsumsi karena termasuk asupan sehat bernutrisi. Air kelapa memberikan manfaat dalam mencegah dehidrasi hingga melancarkan sistem ekskresi.

Rutin meminum air kelapa selama hamil juga mampu membantu membersihkan kulit bayi, sehingga terlahir putih dan bersih. 

Bahkan di negara India, daging dari buah kelapa yang sudah matang dan cukup tua usianya dapat menjadi camilan selama masa kehamilan. Mereka meyakini kalau daging kelapa yang berwarna putih dan tebal dapat membantu kulit bayi menjadi lebih bersih.

Namun, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan dampak nyata air kelapa terhadap kebersihan kulit bayi. Tetapi mengingat manfaat air kelapa yang luar biasa, tidak ada salahnya untuk tetap mengonsumsinya secara rutin.

4. Membantu menjernihkan air ketuban secara alami 

4. Membantu menjernihkan air ketuban secara alami 
Freepik/topntp26

Air kelapa bisa menjadi minuman sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Dibandingkan minuman soda, kafein, atau alkohol setidaknya air kelapa dapat memberikan segudang manfaat untuk ibu hamil. 

Salah satu manfaat lain yang diberikan oleh air kelapa yakni mampu menjernihkan air ketuban secara alami. 

Perlu diketahui bahwa kandungan antioksidan dan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu membersihkan serta menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut dapat menyerap lendir serta kotoran pada air ketuban.  

5. Mengatasi morning sickness yang seringkali muncul 

5. Mengatasi morning sickness seringkali muncul 
Freepik/chaded

Morning sickness memang termasuk masalah kehamilan yang cukup menganggu karena ditandai dengan rasa mual dan muntah. 

Ibu hamil bisa mengatasi permasalahan ini dengan mengonsumsi air kelapa. Rasa air kelapa yang segar setidaknya dapat menghilangkan sensasi ketika ingin muntah. 

Dilansir dari Mom Junction, walau air kelapa bermanfaat untuk kesehatan, ibu hamil perlu tetap memerhatikan asupannya. Usahakan tidak memaksakan untuk minum air kelapa apabila memiliki alergi. 

Mama bisa mengonsumsi air kelapa setidaknya satu sampai dua gelas hanya beberapa kali selama seminggu. Pilihlah air kelapa segar dibandingkan dengan air kelapa dalam kemasan, sehingga memberikan manfaat positif serta mengembalikan hidrasi dalam tubuh. 

Itulah kebiasaan Chelsea Olivia mengonsumsi air kelapa saat hamil dan beberapa manfaat positif yang bisa diberikan air kelapa pada ibu hamil ketika mengonsumsinya secara rutin.

Air kelapa setidaknya dapat menjadi pengganti soda atau minuman berkafein yang justru berbahaya untuk jadi di dalam kandungan. 

Semoga informasi ini berguna ya, Ma.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk