Jalan Trimester Ketiga, Begini 7 Cerita Tiara Pangestika Saat Hamil

Arief Muhammad dan Tipang semakin dekat bertemu anak pertama nih, Ma!

12 Maret 2020

Jalan Trimester Ketiga, Begini 7 Cerita Tiara Pangestika Saat Hamil
Instagram.com/tiarapangestika

Setiap perjuangan ibu hamil pasti memiliki cerita tersendiri, begitu juga dengan kehamilan anak pertama dari Tiara Pangestika alias Tipang. 

Di kehamilan trimester kedua kemarin, Tipang sempat melakukan babymoon ke Bali.

Selain untuk menciptakan momen-momen kehamilan pertamanya yang membahagiakan bersama sang Suami, Tipang pun mencari vitamin D secara alami dari matahari dengan cara memperbanyak untuk berjemur. 

Tak hanya itu, olahraga ringan pun dilakukan oleh Tipang untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan janin di dalam kandungan. 

Setelah menjalani kehamilan di trimester ketiga ini pasti perjuangan Tipang akan kembali diuji, termasuk mempersiapkan fisik serta mental menjelang persalinan. 

Sambil menanti banyak cerita baru dari Tipang di trimester ketiga kehamilannya, Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menarik mengenai perjuangan istri Arief Muhammad ini termasuk mengenai stretch mark. 

Disimak yuk, Ma!

1. Bahagia telah melewati trimester kedua

1. Bahagia telah melewati trimester kedua
Instagram.com/ariefmuhammad \

Menanti kehadiran anak pertama tentu menjadi salah satu momen penantian untuk setiap pasangan yang baru menikah. 

Setiap momen kehamilan menjadi fase yang membahagiakan untuk banyak orang, apalagi jika dijalani dengan penuh cinta.  

"Alhamdulillah trimester kedua udah berhasil dilalui. Few more months to go! Sehat terus sampai waktumu lahir, ya Abang Kecil," tulis Tipang. 

Doaka agar kehamilan Tipang bisa terus lancar hingga persalinan nanti ya, Ma!

2. Menggelar Mitoni atau Tingkeban sebagai upacara adat Jawa

2. Menggelar Mitoni atau Tingkeban sebagai upacara adat Jawa
Instagram.com/tiarapangestika

Belum lama ini Arief dan Tipang baru saja menggelar acara mitoni yakni upacara adat Jawa saat usia 7 bulan kehamilan. 

Berdasarkan ceritanya di Instagram, Tipang menjelaskan kalau prosesi tersebut dimulai dari sungkeman dengan tujuan meminta dibukakan pintu maaf. Tak hanya itu sungkeman dengan orangtua pun menjadi momen berterima kasih kararena telah dibesarkan sejauh ini sekaligus minta doa restu supaya dilancarkan proses persalinan nantinya. 

"Alhamdulillah, pengajian nujuh bulanan berjalan dengan lancar dan sakral. Semoga do’a dan harapan yang telah kami panjatkan, dikabulkan Allah SWT dan segala urusan kami dimudahkan jalannya hingga proses persalinan nanti," ucap Tipang. 

Dalam ritual adat ini, ada banyak prosesi yang tentunya memiliki filosofi serta harapan untuk kesehatan si Kecil.

Editors' Picks

3. Definisi perempuan hebat menurut Tipang 

3. Definisi perempuan hebat menurut Tipang 
Instagram.com/tiarapangestika

Sebagai perempuan, Tipang memiliki definisi sendiri mengenai sosok perempuan yang hebat. Menurut Tipang, semua perempuan hebat karena setiap orang pasti memiliki perjuangan dan pengorbanannya masing-masing. 

Untuk kamu yang mengejar mimpi dan kariernya, kamu hebat. Untuk kamu yang berusaha membangun bisnis, kamu hebat. 

Untuk kamu yang mengesampingkan ego dan mimpi.  Untuk kamu yang mengutamakan kepentingan keluarga, kamu hebat. 

Untuk yang tetap harus bekerja dan terpaksa kehilangan separuh waktu bersama keluarga, kamu hebat. 

Untuk kamu yang sedang struggling mendapatkan buah hati, kamu pun luar biasa. 

Untuk kamu yang berjuang menghadapi mental illness, kamu hebat! 

Untuk kamu yang sedang berjuang menghadapi baby blues, kamu pasti bisa dan kamu hebat! 

Untuk kamu yang sering mendapat wife atau mom-shamming, harus semangat karena kamu hebat!

Tipang berharap bagi sesama perempuan bisa saling mengangkat satu sama lain dan tidak lagi menjatuhkan satu sama lain hanya untuk menunjukan siapa yang lebih superior. 

"Saling support dan menghargai meskipun jalan yang dipilih nggak selalu sama. Selalu ngingetin satu sama lain kalo kita semua hebat, nggak peduli jalan hidup mana yang kita pilih," ucap Tipang.  

Semoga kata-kata dari Tipang ini menjadi inspirasi tersendiri untuk semua perempuan di Indonesia. 

4. Tipang sudah tidak sabar menanti kehadiran anak pertama

4. Tipang sudah tidak sabar menanti kehadiran anak pertama
Instagram.com/tiarapangestika

Sebagai calon Mama untuk anak pertamanya, Tipang sudah semakin tidak sabar menanti kelahiran si Kecil. 

Dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya belum lama ini, Tipang menuliskan sebuah kata-kata puitis. 

"We wanted you so much, that you've been loved from the start, Sayang," tulis Tipang di salah satu unggahan Instagram pribadinya. 

Ungkapan cinta untuk si Kecil tersebut, seolah memperlihatkan kalau Tipang sudah tidak sabar menanti kehadiran anak pertama. 

5. Banyak mengonsumsi asam folat saat hamil 

5. Banyak mengonsumsi asam folat saat hamil 
Instagram.com/tiarapangestika

Melalui Instagram pribadinya, Tipang memberikan pengalaman terkait asupan makanan yang mengandung asam folat. 

Perlu diketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asam folat karena berperan penting dalam pembentukan DNA. Saat rutin dikonsumsi, asam folat pun dapat membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan serta mencegah anemia selama masa kehamilan. 

Demi mencukupi asam folat selama masa kehamilan, ibu hamil pun perlu memerhatikan beberapa asupan makanan mulai dari bayam, brokoli, asparagus, melon jingga, telur hingga sereal. 

Pilihan asupan sumber asam folat ini bisa menjadi pilihan ideal untuk menu sehari-hari.

6. Berenang dipilih sebagai olahraga untuk hamil 

6. Berenang dipilih sebagai olahraga hamil 
Instagram.com/ariefmuhammad

Berenang memang termasuk salah satu olahraga ringan yang disarankan oleh ibu hamil atas saran dari dokter kandungan. 

Jika diperhatikan Tipang seringkali rutin melakukan olahraga berenang selama masa-masa kehamilan pertamanya. 

Dilansir dari Baby Centre, ibu hamil yang melakukan olahraga ringan salah satunya dengan berenang dapat memberikan manfaat positif seperti: 

  • Memperkuat otot rahim dan panggul.
  • Mampu memperlancar sirkulasi udara.
  • Mengurangi pembengkakan dan retensi cairan. 
  • Meningkatkan imunitas tubuh selama masa kehamilan. 
  • Melatih paru-paru dan jantung bekerja secara aktif. 
  • Membakar kalori yang membantu ibu hamil mengatur keseimbangan berat badan.

Menurut dokter kandunganku bagus banget! Bisa memperlancar aliran darah, menghilangkan pegel, baik buat latihan pernapasan terus bisa untuk menjaga berat badan agar tidak melonjak. 

Tetapi balik lagi, sebelum ambil atau ikut aktivitas apapun sebaiknya konsultasi dulu ya sama dokter kandungan kalian. Soalnya kondisi hamil setiap orang berbeda-beda dan yang paling tahu kondisi kalian, ya dokter yang udah rutin memeriksa kalian. 

Sebelum memilih jenis olahraga, ada baiknya tetap melakukan konsultasi. 

Ada yang rutin melakukan olahraga berenang saat hamil seperti Tipang nggak nih, Ma?

7. Kemunculan stretch mark membuat Tipang kembali mengingat tentang semua perjuangannya

7. Kemunculan stretch mark membuat Tipang kembali mengingat tentang semua perjuangannya
Instagram.com/tiarapangestika

Semakin bertambahnya usia kandungan, Tipang belum lama ini baru menyadari kalau kemunculan stretch mark selama hamil sudah semakin parah. 

Walau kemunculan stretch mark sempat membuatnya kaget, namun Tipang kembali mengingat segala bentuk perjuangannya selama ini. 

"Tapi kalau nginget-nginget perjuangan buat sampai di momen sekarang ini, rasanya nggak beryukur banget kalau aku masih komplain sama keadaan badanku selama hamil," tulis Tipang. 

Tak hanya berusaha untuk memberikan semangat untuk diri sendiri saja, namun Tipang membagikan motivasi kepada ibu hamil lain yang sedang berjuang. 

"We should thank our body more for doing such an incredible job, carrying and bringing a human being to life. Semangat all Moms to be! Perjuangan sebenar-benarnya bakal lebih berasa ketika anaknya lahir, tetapi semuanya pasti akan worth it. Worth the wait and worth the pain," ucapnya. 

Bangga terhadap tubuh sendiri selama hamil memang sangat diperlukan. Walau terkesan sepele, namun cara ini membantu agar tidak mudah stres karena terlalu banyak memikirkan bentuk tubuh yang semakin berubah ketika hamil. 

Tipang yang mengunggah beberapa foto-foto stretch mark berharap bisa mengurangi beban para pejuang ibu hamil dan mengingatkan mereka tidak sendirian. 

"Semoga dengan share kekuranganku ini bisa bikin kalian merasa lebih baik dan nggak sendirian ya," tulisnya. 

Nah, itulah beberapa cerita yang dibagikan oleh Tiara Pangestika saat menjalani masa-masa kehamilan pertamanya. 

Terus sehat serta bahagia untuk Arief dan Tipang!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.