Jelang Persalinan Anak Kedua, Caca Tengker Ikut Kelas Hypnobirthing

Caca Tengker berusaha untuk melahirkan anak keduanya secara normal

28 Januari 2021

Jelang Persalinan Anak Kedua, Caca Tengker Ikut Kelas Hypnobirthing
Instagram.com/cacatengker

Caca Tengker, adik Nagita Slavina sebentar lagi akan melahirkan anak keduanya. Walau sudah pernah menghadapi proses persalinan secara normal, namun Caca tetap melakukan persiapan secara fisik dan mental. 

Melalui unggahannya di Instagram, Caca bercerita kalau ia sempat mengikuti kelas menjelang persalinan anak keduanya yang diketahui berjenis kelamin perempuan. Kelas hypnobirthing dijalani oleh Caca dan sang Suami bersama bidan Lanny Kuswandi sebagai usaha untuk melahirkan secara normal. 

"Aku dan Mas @barry.tamin masih berusaha untuk lahiran normal seperti pas pertama kali melahirkan dulu," tulis Caca dalam unggahannya. 

Hypnobirthing adalah metode untuk menyamankan proses persalinan yang tenang dan nyaman dengan self-hypnosis. Metode ini menggunakan kekuatan sugesti, sehingga membantu setiap perempuan agar bisa lebih rileks dan lebih nyaman saat menjalani proses persalinan. Ketika suasana hati menjadi tenang, maka membuat rasa sakit saat persalinan menjadi lebih berkurang. 

Jika Mama sudah mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) seperti Caca Tengker dan ingin mengetahui banyak informasi mengenai hypnobirthing, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak juga cerita dari Caca Tengker menjelang persalinan ya, Ma!

Editors' Picks

1. Caca Tengker bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengikuti kelas bersama Lanny Kuswandi

1. Caca Tengker bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengikuti kelas bersama Lanny Kuswandi
Instagram.com/cacatengker

Menjelang persalinan anak kedua, Caca Tengker sempat bercerita mengenai kesempatannya mengikuti kelas bersama Lanny Kuswandi. 

"Kali ini bersyukur banget dapat kesempatan ikutan hypnobirthing yang dipandu sama Bu @lannykuswandi lagi. Bikin semakin yakin usaha kita nggak akan sia-sia mau apapun hasilnya nanti," tulis Caca Tengker. 

Melalui kelas tersebut, Caca kembali belajar kalau afirmasi positif mampu memberikan energi yang semakin positif juga. 

"Harapan kita bisa melahirkan anak kedua dengan sehat, kuat, pasrah dan ikhlas bagaimanapun bentuk perjalanannya nanti," ucapnya.

2. Caca Tengker sempat mengikuti kelas hypnobirthing secara online menjelang persalinan

2. Caca Tengker sempat mengikuti kelas hypnobirthing secara online menjelang persalinan
Instagram.com/lannykuswandi

Di tengah pandemi Covid-19, Caca Tengker dan sang Suami juga sempat mengikuti kelas hypnobirthing secara online. Demi menjaga kesehatan masing-masing menjelang persalinan, pasangan ini tetap melakukan sesi kelas bersama Lanny Kuswandi. 

"Foto bersama di sesi terakhir privat hypnobirthing. Lancar dan sukses ya Caca. Jangan lupa terus memberdayakan diri. Love you," tulis Lanny Kuswandi dalam unggahannya bersama Caca. 

Menurut Caca sendiri, momen yang paling membuat kangen saat sesi kelas hypnobirthing yaitu relaksasi. 

"Rasanya badan lebih enteng dan tenang banget. Rasa kecemasan dan ketakutan banyak berkurang walaupun masih harus terus berproses," ucap Caca. 

Perlu diketahui bahwa dalam sesi kelas hypnobirthing biasanya peserta akan dibantu untuk menghilangkan rasa takut, cemas dan khawatir berlebihan ketika proses persalinan nanti.

Teknik yang diajarkan pun cukup beragam, namun bisa membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri mama, mengatasi rasa sakit dan mengendalikan diri selama momen persalinan. 

3. Metode hypnobirthing membutuhkan peran seorang suami 

3. Metode hypnobirthing membutuhkan peran seorang suami 
Instagram.com/lannykuswandi

Bagi ibu hamil yang sudah masuk kehamilan di trimester ketiga tentunya proses persalinan adalah suatu hal yang sangat dinantikan.

Walau demikian, terkadang kebahagiaan itu juga dibalut dengan perjuangan berat yang harus ditanggung olehnya. Maka dari itu, secara personal seorang istri tentu sangat membutuhkan dukungan dari suami.

Perlu dipahami bahwa metode hypnobirthing juga perlu peran dari suami, sehingga bisa membantu sang Istri lebih tenang dan fokus selama menjalani persalinan. 

"Sentuhan seorang suami mempunyai makna yang dalam bagi istri karena tangan kita adalah pusat energi. Sentuhlah dengan sepenuh hati, ikhlas dan penuh cinta dan niatkan istri dan adik bayi sehat secara lahir batin, kami mencintaimu," jelas Lanny Kuswandi dalam unggahannya di Instagram. 

Afirmasi positif dari suami ketika menerapkan metode hypnobirthing saat persalinan tanpa disadari bisa meningkatkan ikatan batin bersama si Kecil, walau baru dilahirkan. 

Itulah beberapa cerita dari persiapan persalinan Caca Tengker sekaligus sedikit informasi terkait hypnobirthing sebagai salah satu metode saat melahirkan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.