Seperti Inilah Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester Ketiga

Melihat perkembangan bayi pada No.7 pasti akan meluluhkan hati Mama, nih!

7 Mei 2018

Seperti Inilah Perkembangan Janin Kehamilan Trimester Ketiga
Freepik/freepik

Memasuki masa kehamilan pada trimester ketiga mengisyaratkan bahwa Si Kecil di dalam kandungan telah menunjukan perkembangan maksimal yang menyatakan bahwa dirinya siap untuk lahir ke dunia Mama.

Namun, Mama pastilah bertanya-tanya mengenai perkembangan bayi di masa kehamilan trimester ketiga yang secara spesifik dilalui Si Kecil did alam kandungan. Dilansir dari Mayo Clinic, di bawah ini adalah perkembangan janin pada kehamilan trimester ketiga yang perlu Mama ketahui.

1. Mata Si Kecil mulai terbuka

1. Mata Si Kecil mulai terbuka
freepik/valeria_aksakova

Membayangkan gambaran anak bayi dalam kandungan, Mama tentu mengimajinasikan Si Kecil tertidur pulas atau setidaknya bertumbuh dengan keadaan mata tertutup. Setidaknya, itulah yang tidak asing kita lihat dari gambar-gambar yang memperlihatkan bayi dalam kandungan.

Akan tetapi, tahukah Mama? Ketika Mama memasuki masa kehamilan trimester ketiga, anak mama tercinta sebenarnya sudah mulai bisa membuka kedua bola matanya tepatnya pada minggu ke-28 di mana kelopak matanya sudah mulai dapat dibuka.

2. Kemampuan melihat cahaya

2. Kemampuan melihat cahaya
deccanchronicle.com

Sebagaimana kelopak mata Si Kecil sudah mulai bisa digerakkan untuk terbuka, anak mama tentu sudah mulai membangun kemampuan untuk melihat keadaan sekitar di dalam kandungan. Namun, kemampuan tersebut baru dibangun pada minggu ke 31, Ma!

Tentu, kemampuan melihatnya terbatas sesuai dengan keberradaan dirinya yang masih ada di dalam kandungan, di mana Si Kecil mengawalinya dengan bagaimana dirinya bisa mendeteksi cahaya atau warna terang.

Hal tersebut disebabkan karena pada masa kehamilan trimester ketiga, kedua pupil atau biji mata Si Kecil mulai berkembang dengan baik dengan melakukan perubahan ukuran (besar dan kecil) sebagai bagian dari respon terhadap gelap dan terang.

3. Rambut bertumbuh

3. Rambut bertumbuh
Pixabay/pedroserapio

Saat anak mama tercinta akhirnya lahir ke dunia, Mama tentu akan melihat kondisi fisiknya yang bugar dan lengkap, tanpa terkecuali dengan sedikit rambut yang sudah bertumbuh. Pertanyaannya, kapan Si Kecil mengalami proses pertumbuhan rambut dalam kandungan?

Tepatnya pada minggu ketiga puluh sebelum Si Kecil membangun kemampuan melihat cahaya, tubuh Si Kecil sudah mulai memberi respon yang membantu pertumbuhan rambut dan bulu-bulu pada tubuhnya.

Secara bersamaan hal itu menandakan proses yang positif sehingga menghantar Si Kecil menglamai pembentukan sel darah merah yang secara khusus terbentuk di sumsum tulang belakang bayi mama tercinta di dalam kandungan.

Editors' Picks

4. Berat tubuh bertambah, kulit menunjukkan warna.

4. Berat tubuh bertambah, kulit menunjukkan warna.
Pixabay/cleberaraujo182
Gemas ya, Papa ternyata ikut-ikutan mengidam seperti Mama!

Berbicara mengenai proses tumbuh kembang Si Kecil di dalam kandungan, Mama sebaiknya mengetahui bahwa proses tersebut diawali dengan perkembangan pada bagian-bagian vital tubuh Si Kecil, seperti jantung, mata, otak dan semacamnya.

Memasuki masa kehamilan trimester ketiga, Si Kecil barulah memasuki masa pertumbuhan pada berat tubuhnya yang disebut terjadi secara cepat. Menurut laman webmad.com yang di-review oleh seorang pakar bernama Traci C. Johnson, MD, berat badan terjadi dalam persentasi 16%.

Hal ini kemudian membawa bayi mama tercinta di dalam kandungan menunjukkan perubahan pada bentuk tubuhnya yang semakin chubby atau gemuk serta kulit tubuhnya yang menjadi halus dan berwarna merah muda. Tidak ketinggalan, kuku Si Kecil pun ikut bertumbuh, lho!

5. Latihan pernafasan

5. Latihan pernafasan
Pixabay/tawnynina

Apabila mama telah memasuki masa kehamilan trimester ketiga, itu artinya bayi mama tercinta seharusnya telah selesai mengalami perkembangan inti pada organ-organ tubuhnya. Tak terkecuali, alat pernafasan Si Kecil yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Sebelumnya anak mama di dalam kandungan hanya melakukan proses pernafasan dengan memanfaatkan tali pusar yang menghubungkan tubuhnya dengan tubuh Mama, di mana terjadi pertukaran antara karbondioksida dan oksigen.

Namun, memasuki masa kehamilan trimester ketiga, Si Kecil di dalam kandungan sudah berada pada kondisi di mana paru-parunya berada pada kondisi yang siap untuk melakukan proses pernafasan. Alhasil, Si Kecil-pun diketahui dapat mencoba berlatih bernafas dengan paru-paru.

Seperti itulah perkembangan janin di kehamilan trimester ketiga yang penuh perjuangan.

6. Gerak-gerik tubuh Si Kecil

6. Gerak-gerik tubuh Si Kecil
Pixabay/ronincampos

Pada masa kehamilan trimester ketiga, Si Kecil tercinta sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang nyaris menuju kesempurnaan. Hal tersebut dibuktikan dari organ-organ tubuh yang sudah berkembang begitu juga keadaan tubuhnya yang menggemuk.

Alhasil, Si Kecil diketahui sudah dapat menikmati tubuhnya dengan maksimal. Hal inilah yang kemudian membuat anak mama pada masa trimester ketiga sudah mulai bisa bergerak seperti menendang, meraba-raba dan menggaruk sebagai kemampuan motorik pertamanya.

7. Ekspresi wajah

7. Ekspresi wajah
Pixabay/stocksnap

Kita mungkin hanya mengira bahwa anak mama tercinta hanya bisa menggerakkan tubuhnya saja. Nyatanya, sebagaimana dilansiir dari laman webmd.com, bayi mama juga dapat menunjukkan perubahan pada ekspresi wajah.

Tentu, hal tersebut didasarkan pada emosi atau perasaan yang sudah mulai bisa dirasakannya. Salah satunya, Si Kecil sudah bisa menunjukkan senyuman manis di balik kandungan Mama. Ia-pun disebut juga bisa menangis di sana.

Sekarang, Mama telah mengetahui mengenai perkembangan janin saat kehamilan trimester ketiga. Semoga informasi di atas bisa membuat Mama menjadi semakin mengenal anak mama tercinta. Semoga lancar menjelang kelahiran ya, Ma!

Topic: