Kehamilan Minggu ke-28

Inilah yang terjadi di minggu ini Ma

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-28
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-28

Selamat datang di awal trimester ketiga! Berat bayi dalam kandungan mama sekarang bisa mencapai 1.200 gram, dengan ukuran sekitar 37 cm dari kepala hingga ke bawah.

Saat ini ia memiliki pertambahan berat badan yang signifikan dalam sebulan. Jaringan otaknya terus mengembangkan lipatan-lipatan pada permukaan yang dulunya halus.

Meskipun ukuran janin kini bertambah besar, dia masih memiliki banyak ruang untuk bergerak dan berguling. Jadi, posisi apa pun yang ada sekarang, tentu akan bergeser dalam tiga bulan ke depan.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-28 Mengubah Kehidupan Mama?

Mama, peningkatan berat badan pada kehamilan minggu ke-28 biasanya antara 8 sampai 12 kg. Rahim kamu sudah bergeser sampai 7 cm di atas pusar dan menekan tabung antara ginjal dan kandung kemih. Keadaan ini dapat memperlambat aliran urin.

Lakukan pemeriksaan menggunakan USG jika kamu minggu ini membuat janji bertemu dokter. Lihat posisi bayi dalam kandungan dan ketahui berapa berat sesungguhnya yang ia miliki. Dari situ kamu juga bisa mengetahui perkiraan berat plasenta dan cairan ketuban yang ada di dalam perut kamu.

Selain itu, hormon progesteron juga menyulitkan sistem kemih kamu untuk menyiram bakteri seperti bakteri E.coli untuk keluar dari kandung kemih, dan membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Jika kamu mengalami ini dan tidak segera diobati, hal ini dapat berkembang menjadi infeksi ginjal yang lebih serius atau menyebabkan persalinan prematur. Jika kamu merasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, segera hubungi dokter kandungan.

Lakukan dan Larangan

Jika kamu masih aktif bekerja saat ini dan sering berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, sering-seringlah beristirahat untuk jari, pergelangan tangan, dan tangan kamu beristirahat.

Waspadalah dengan nyeri sendi dan pegal-pegal. Yang perlu kamu perhatikan juga adalah posisi kaki dari paha, betis sampai pergelangan kaki, sebaiknya jangan menggantung terlalu jauh dari lantai. Jika memungkinkan, selalu ciptakan posisi kaki menapak.

Hal ini untuk menghindari pembengkakkan pada pergelangan kaki dan kaki.

Untuk peregangan lengan yang mudah, lakukan hal berikut ini. Perenggangan bisa dilakukan dalam posisi berdiri atau duduk, lalu genggam tangan kamu di belakang punggung kamu. Tarik kedua tangan yang tergenggam tadi ke belakang dan ke bawah, lalu lepaskan. Ulangi delapan sampai sepuluh kali.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu Ke-28

Kamu perlu menanyakan kepada dokter atau bidan kamu, hal-hal terkait persalinan kamu nanti. Beberapa pertanyaan yang perlu disiapkan sebagai berikut.

  1. Apa yang perlu dilakukan jika nanti kamu melalui persalinan normal?
  2. Apa yang bisa melancarkan proses persalinan normal?
  3. Bagaimana posisi yang baik dan memudahkan ibu hamil dalam proses persalinan normal?
  4. Jika persalinan normal spontan tidak memungkinkan, apakah harus melalui cara induksi?
  5. Berapa lama perkiraan proses persalinan setelah induksi dan bagaimana jika cairan ketuban sudah pecah terlebih dulu?

Beberapa pertanyaan di atas perlu mama ketahui, dan ini sebagai bentuk bagian dari mempersiapkan dan mematangkan pengetahuan mama. Melibatkan prosedur induksi pada persalinan normal juga perlu kamu ketahui lebih dini, jadi saat nanti kamu menjalani proses persalinan, kamu sudah lebih siap dan mengerti tindakan apa yang perlu dilakukan.

Meski perkembangan janin pada minggu ke-28 dinyatakan baik-baik saja, tidak ada salahnya ini tetap didiskusikan dengan dokter kandungan mama.

Jika dibicarakan sejak dini, akan lebih baik dibandingkan jika dibicarakan saat sudah waktu persalinan, biasanya mama tidak dapat berpikir tenang. Jika didiskusikan sekarang, kamu dan pasangan bisa mengerti lebih awal dan bisa menanyakan jika ada hal yang kurang dimengerti secara leluasa.

Baby Shower

Mama, jika kamu memiliki banyak teman dan saudara yang ingin mengadakan baby shower untuk kamu, bantulah mereka dengan memberikan daftar barang-barang yang sedang kamu butuhkan.

Daftar tersebut adalah data barang atau keperluan yang belum sempat kamu beli atau barang yang kamu harapkan untuk dihadiahkan ke kamu. Bayangkan berapa banyak jumlah teman dan saudara yang ingin membuat acara untuk kamu, setelah itu buatlah list barang yang kamu butuhkan untuk bayi kamu.

Biasanya kamu bisa request, tema baby shower yang kamu inginkan seperti apa nantinya. Ini adalah momen penting bagi kamu, dimana semua orang memusatkan perhatiannya untuk kamu dan bayi yang ada di dalam kandungan kamu. Sungguh hal yang sangat menyenangkan dan sangat disayangkan jika dilewatkan.

Kehamilan Kembar

Menyusui satu bayi bisa menjadi tantangan, jadi dua atau lebih mungkin terlihat sangat menakutkan. Tapi itu tidak perlu kamu takutkan.

Lakukan posisi crisscross, masukkan kepala masing-masing bayi ke dalam lekukan lengan, dan taruh tubuh mereka satu di atas yang lain berlawanan arah di seberang kamu.

Ini akan membuat menyusu lebih cepat dan membuat mama merasa resah, karena lapar dalam saat menunggu bayi-bayi menyusui selesai.

Topic: