5 Kalimat Zikir untuk Ibu Hamil, Melindungi dan Membentuk Moral Bayi

Yuk, amalkan saat hamil demi masa depan si Kecil nanti!

8 Juli 2024

5 Kalimat Zikir untuk Ibu Hamil, Melindungi Membentuk Moral Bayi
Freepik/prostooleh

Berzikir atau mengingat Allah adalah praktik spiritual yang dianjurkan dalam Islam bagi semua umat, termasuk ibu hamilKehamilan bisa menjadi periode yang penuh dengan stres dan kecemasan, baik terkait dengan kesehatan ibu maupun janin yang di dalam kandungnya.

Berzikir dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan memberikan perasaan ketenangan. Berzikir pun membuat kamu semakin yakin bahwa Allah selalu bersama dan memberikan perlindungan.

Dengan mengingat Allah secara rutin, ibu hamil dapat merasa lebih tenang serta yakin bahwa segala sesuatu berada di tangan-Nya. Hal ini membantu mengurangi kecemasan yang mungkin timbul terutama terkait dengan kesehatan dan keamanan diri serta bayi.

Perlu diketahui juga bahwa berzikir menjadi cara untuk menghubungkan diri ibu hamil dengan janin yang di dalam kandungnya secara spiritual. Suasana spiritual yang tenang dan penuh kasih dapat tercipta melalui berzikir. Kegiatan positif ini dapat memengaruhi janin dan memberikannya pengaruh positif terhadap pembentukan moral bayi di kandungan.

Nah, kali ini Popmama.com rangkum beberapa kalimat zikir untuk ibu hamil untuk melindungi dan membentuk moral bayi.

Kumpulan Kalimat Zikir untuk Ibu Hamil

1. Zikir meminta kekuatan untuk ibu hamil

1. Zikir meminta kekuatan ibu hamil
Freepik/prostooleh

Artinya:

"Tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan izin Allah."

Zikir ini ditujukan bagi setiap orang tanpa membatasi usia. Tetapi, dikhususkan dan lebih baik jika ibu hamil mengamalkan zikir satu ini. Bacalah zikir di atas sebanyak banyaknya, di kisaran 100-300 kali berzikir diselingi mengusap tangan ke perut untuk mengartikan tujuan dari zikir ini.

Editors' Pick

2. Zikir membaca istighfar

2. Zikir membaca istighfar
Pexels/Timur Weber

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya. Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Kehamilan adalah momen penting dalam kehidupan seorang perempuan, di mana ia menciptakan ikatan spiritual yang kuat dengan Allah. Membaca istighfar secara rutin memperkuat hubungan spiritual ibu hamil dengan Sang Pencipta, bahkan bisa meningkatkan keimanan dan keyakinan bahwa Allah selalu hadir dalam setiap aspek kehidupan mereka.

3. Zikir untuk ibu hamil agar terlindungi dari setan

3. Zikir ibu hamil agar terlindungi dari setan
Freepik/Rawpixel.com

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

Jika Mama membaca zikir ini di pagi hari, dapat melindungi umat muslim dari godaan setan hingga sore menjelang malam. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang mengucapkan, ‘Lailahaillallah wahdahula syarikalah lahul mulku walahul hamdu wa huwa’ala kulli syai’in qadir’ setiap harinya sebanyak 100 kali maka ia seperti membebaskan sepuluh budak. Dituliskanlah untuknya seratus kebaikan. Dihapuskan darinya seratus keburukannya. Dia akan memiliki pengaman dari setan selama sehari itu hingga datang waktu sore. Tidak ada pekerjaan lain yang lebih banyak nilainya daripada ini, kecuali bila ia mengucapkannya lebih banyak lagi.” (HR. Bukhari)

4. Zikir menyerahkan diri kepada Allah untuk ibu hamil

4. Zikir menyerahkan diri kepada Allah ibu hamil
Pexels/Tayeb MEZAHDIA

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Zikir di atas mengandung makna pengakuan atas kelemahan dan dosa-dosa manusia, serta penyerahan diri kepada Allah SWT sebagai tempat memohon ampunan dan pertolongan. Mama yang sedang hamil disarankan untuk mengamalkan zikir ini seusai salat 5 waktu, yang diniatkan untuk janin di dalam kandungan.

5. Zikir untuk ibu hamil agar janin senantiasa dijaga Allah SWT

5. Zikir ibu hamil agar janin senantiasa dijaga Allah SWT
Pexels/RDNE

Artinya:

"Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk."

Zikir ini sangat pas jika Mama terapkan di kehidupan selama masa kehamilan dan pasca melahirkan, Pasalnya, zikir di atas dipercaya mustajab agar anak-anak kita selalu dalam lindungan dan pemeliharaan Allah SWT.

Nah, itu dia beberapa kalimat zikir untuk ibu hamil yang bisa Mama lafalkan setiap detiknya.

Baca juga:

The Latest