6 Manfaat Terong Untuk Ibu Hamil dan Janin

Ini dia manfaat terong untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang perlu Mama ketahui

27 Agustus 2020

6 Manfaat Terong Ibu Hamil Janin
under500calories.com

Terong ungu biasanya dimakan sebagai lalapan atau campuran di menu sayuran. Terong aman dimakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Teksturnya setelah dimasak jadi lunak, hanya saja kulitnya agak alot.

Pastikan si Kecil sudah memiliki gigi yang lengkap jika ingin ikut menyantapnya. Untuk bayi, biasanya terong dihaluskan terlebih dulu sebelum disajikan.

Nah, kali ini Popmama.com ingin membahas manfaat terong untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Terong ini bahan makanan yang murah dan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

1. Sebagai antioksidan

1. Sebagai antioksidan
Freepik/Dragana_Gordic

Manfaat terong untuk ibu hamil yang paling utama adalah sebagai antioksidan yang baik. Kandungan terong ungu baik untuk menangkal radikal bebas karena terong mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi.

Dengan mengonsumsi terong secara teratur maka sangat berguna untuk menjaga kesehatan selama hamil dan mencegah keluhan seputar kehamilan.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil

2. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil
ru.aliexpress.com

Manfaat mengonsumsi terong bagi ibu hamil adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dari serangan berbagai jenis penyakit. Terong, setelah diteliti ternyata merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam terong bahkan hampir menyerupai kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Sehingga bagus untuk mencegah dan mengobati sariawan serta panas dalam. Kandungan vitamin C pada terong berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Editors' Picks

3. Mencegah kerusakan otak janin

3. Mencegah kerusakan otak janin
micahlynnbirthstories.com

Terong ungu mengandung asam folat cukup tinggi yang berguna untuk menunjang perkembangan sistem saraf dan mencegah kerusakan otak pada janin. Daging merah juga memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan otak pada janin. Jika Mama merasa bosan makan daging, sesekali bisa memilih terong sebagai gantinya.

4. Mencegah dan menurunkan hipertensi

4. Mencegah menurunkan hipertensi
Freepik

Manfaat sayur terong untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu menjaga kestabilan tekanan darah. Setelah mengalami masalah dengan tekanan darah seperti hipertensi, kita kemungkinan besar akan mengalami penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, gagal ginjal, preeklampsia, gagal jantung, dan kerusakan mata.

Preeklampsia atau keracunan saat kehamilan dipicu oleh tekanan darah tinggi. Nah, untuk mencegah itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi terong sedikitnya seminggu dua kali. Terong bisa dijadikan sebagai lalapan dalam menu makanan sehari-hari. Jangan lupa untuk cuci dengan bersih terlebih dulu ya Ma.

5. Kaya akan asam folat nabati

5. Kaya akan asam folat nabati
Freepik

Kekurangan asam folat pada waktu hamil sangat beresiko menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah atau lahir prematur.

Nah, terong ungu memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan asupan asam folat yang cukup maka kesehatan dan pertumbuhan janin akan terpelihara serta menghindarkan janin dari kemungkinan kerusakan otak.

6. Kaya akan kandungan posfor dan magnesium

6. Kaya akan kandungan posfor magnesium
Freepik/valeria_aksakova

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan janin.

Terong mengandung fosfor dan magnesium dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam 100 gram terong ungu terkandung 24 mg fosfor dan 14 mg magnesium. Jumlah ini cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita selama kehamilan.

Selain kalsium, ibu hamil juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung fosfor dan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi selama hamil. Disamping itu, dua komponen tersebut berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

Itu dia enam manfaat terong untuk ibu hamil yang bisa Popmama.com bagikan. Mulai sekarang, jangan ragu untuk memasukan terong dalam menu harian di rumah ya Ma. Terong bisa jadi bahan di sayur lodeh, balado terong, lalapan, gulai, tumisan dan gado-gado. Selamat mencoba!

baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.