Inspirasi Nama Bayi Bernuansa Islami dari Anak dan Cucu Quraish Shihab

Nama anak dan cucu dari Quraish Shihab berawalan N atau 'Nun' yang punya keistimewaan dalam Al-Quran

30 November 2020

Inspirasi Nama Bayi Bernuansa Islami dari Anak Cucu Quraish Shihab
Instagram.com/najwashihab

Nama bayi menjadi doa untuk anak ketika dia lahir ke dunia. Nama bayi ini bisa berasal dari berbagai bahasa. Untuk umat Islam, biasanya nama bayi diambil dari bahasa Arab atau nama-nama dalam Al-Quran.

Salah satu yang unik dari keluarga Quraish Shihab adalah nama anak dan cucunya. Dalam video yang dibagikan oleh Najwa Shihab, Quraish Shihab menjelaskan arti nama anak dan cucunya yang berawalan dengan N atau ‘Nun’ dalam bahasa Arab.

“Nama dari empat anak perempuan Abi Quraish Shihab ini berawalan huruf N. Begitu pula dengan nama cucu-cucu perempuannya: Nishrin, Naziha, Nuha, dan lainnya,” tulis Najwa Shihab.

Ia pun lalu menjelaskan lebih lanjut makan dari ‘Nun’ atau N yang menjadi inspirasi nama anak dan cucunya. Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai arti nama bayi yang bisa Mama jadikan inspirasi dari nama anak dan cucu Quraish Shihab.

1. Alasan memberikan nama anak dan cucu dengan ‘Nun’

1. Alasan memberikan nama anak cucu ‘Nun’
Instagram.com/najwashihab

Quraish Shihab menjelaskan pemilihan ‘Nun’ atau awalan N sebagai nama anak dan cucunya bukan sembarangan. Dilihat dari maknanya, Quraish Shihab menyebut ‘Nun’ memiliki banyak makna yang agung.

“Nun itu huruf sempurna. Karena yang pertama dia bisa berkedudukan sebagai alfabet dalam bahasa Arab dan bisa juga berkedudukan sebagai nama sesuatu. Bahkan Nun dengungnya saja sudah memiliki makna,” jelas Quraish Shihab.

Dalam keterangan videonya, Najwa Shibah menjelaskan Abinya menyatakan bahwa dalam Islam, nama adalah suatu hal yang penting karena terkandung doa di dalamnya.

“Nabi Muhammad SAW bahkan sering kali mengubah nama sahabatnya sebagai bentuk doa beliau kepada mereka,” tulis Najwa.

2. ‘Nun’ memiliki banyak kesitimewaan

2. ‘Nun’ memiliki banyak kesitimewaan
Instagram.com/najwashihab

Selanjutnya Quraish Shihab menjelaskan bahwa ‘Nun’ bisa memiliki berbagai makna yang dalam. Bahkan dalam Al-Quran, ‘Nun’ ini diartikan Quraish Shihab bisa memiliki arti yang macam-macam.

“Bisa berarti ikan yang menelan Nabi Yunus itu’nun’. Bisa berarti tinta. Bisa berarti mata pisau. Ini dari ‘Nun’ saja, belum kata-kata yang tersusun dari ‘Nun’-nya. Kata-kata yang menggunakan ‘Nun’ di depannya menunjukkan kejelasan, ketajaman, kekuatan, dan keluasan,” jelas Quraish Shihab.

3. Arti nama Najeela Shihab, anak pertama Quraish Shihab

3. Arti nama Najeela Shihab, anak pertama Quraish Shihab
Instagram.com/najelaashihab

Quraish Shihab memiliki lima anak, yakni empat orang perempuan dan satu orang laki-laki. Anak pertamanya diberi nama Najeela Shihab. Abi Quraish Shihab pun menjelaskan arti nama anaknya itu.

Najelaa, (artinya) mata yang terbuka.Dalam artian wawasan yang luas,” jelas Quraish Shihab.

Editors' Picks

4. Arti nama Najwa Shihab, anak kedua Quraish Shihab

4. Arti nama Najwa Shihab, anak kedua Quraish Shihab
Instagram.com/najelaashihab

Kemudian, nama anak keduanya adalah Najwa Shihab. Seperti yang sudah Mama tau, Najwa atau akrab di sapa Nana ini adalah salah satu jurnalis yang terkenal kritis di Indonesia.

Najwa, (artinya) bisikan hati atau bisikan kalbu. Banyak maknanya, salah satunya ya itu membisikkan hati kepada Tuhan itu artinya terbuka terhadap Tuhan. Najwa juga berarti dialog. Jadi Nana ini sebenarnya dikabulkan doa Abi melalui nama ini,” jelas Quraish Shihab.

5. Arti nama Nasywa Shihab, anak ketiga Quraish Shihab

5. Arti nama Nasywa Shihab, anak ketiga Quraish Shihab
Instagram.com/nasywashihab

Selanjutnya adalah arti nama anak ketiga Quraish Shihab yakni Nasywa. DIjelaskan Abi Quraish kalau Nasywa dulu lahir ketika Abi Quraish baru mendapatkan gelar dari Universitas Al-Azhar.

Nasywa itu (artinya) puncak kegembiraan. Dulu Abi beri nama itu karena dia lahir ketika Abi dapat gelar doktor dari Al-Azhar. Jadi puncak kegembiraan anak ini. Abi juga tidak mau merasa bahwa selama ini Abi mengharapkan anak laki-laki. Tidak, perempuan bisa lebih hebat dari laki-laki. Maka untuk menggambarkan itu Abi sambut dia (Nasywa) dengan puncak kegembiraan,” tutur Quraish Shihab.

6. Arti nama Nahla Shihab, anak keempat Quraish Shihab

6. Arti nama Nahla Shihab, anak keempat Quraish Shihab
Instagram.com/najelaashihab

Terakhir, ada nama anak keempat Quraish Shihab yang berawalan huruf ‘Nun’ adalah Nahla. Diungkapkan oleh Quraish Shihab arti nama Nahla adalah sumber pengetahuan. Hal itu pun membuat Najwa Shihab berceletuk jika doa dalam nama Nahla dikabulkan.

“Nahla makanya paling pintar anaknya Abi, dokter Nahla,” jelas Najwa Shihab.

Lalu nama anak kelima Abi Quraish Shihab yang berjenis kelamin laki-laki adalah Ahmad. Bagi Quraish Shihab, nama ini mencerminkan sosok yang agung.

Kalau laki-laki, Ahmad. Karena itulah sosok yang paling agung. Bukan namanya Muhammad, karena saya sudah Muhammad, jadi dia Ahmad,” tuturnya.

7. Arti nama cucu-cucu Quraish Shihab yang punya makna indah

7. Arti nama cucu-cucu Quraish Shihab pu makna indah
instagram.com/najwashihab

Setelah menjelaskan satu persatu arti nama anaknya, kemudian Quraish Shihab pun menjelaskan arti nama dari cucu-cucunya secara bersamaan.

  • Nisrin yang bermakna bunga yang keharumannya menyebar
  • Nihlah yang bermakna anugerah Tuhan yang besar
  • Naziha yang bermakna kesucian dalam segala aspeknya
  • Nuha yang bermakna akal
  • Nayyirah yang bermakna bintang yang cemerlang
  • Nawarah yang bermakna kejelasan karena cahaya
  • Namiyah yang bermakna tumbuh dan berkembang

“Banyak sekali kata-kata yang dimulai dengan huruf ‘Nun’ yang menggambarkan sisi positif, keberhasilan, kesucian, kesuksesan, dan lain sebagainya. Nah, karena itu Abi memilih nama anak-anak Abi dan cucu-cucu Abi yang dimulai dengan ‘Nun’,” jelas Quraish Shihab.

8. Nama itu penting dan memengaruhi seseorang

8. Nama itu penting memengaruhi seseorang
instagram.com/najwashihab

Meski arti nama itu penting, banyak orang yang masih tidak peduli dengan pemberian nama bayinya. Menurut Abi Quraish, memberikan makna terhadap anak itu penting. Karena bisa menjadi motivasi anak tersebut untuk mewujudkan sosok yang sesuai dengan namanya.

“Nama itu karena memengaruhi seseorang. Pilihlah nama-nama terbaik yang menjadikan seseorang merasa bangga dan terdorong untuk mewujudkan (nama) itu. Lalu, nama itu juga sebagai doa,” tutur Quraish Shihab.

Itulah tadi inspirasi arti nama bayi bernuansa Islami dari nama anak dan cucu Quraish Shihab. Mama bisa menjadikan ini inspirasi nama bayi bernuansa Islami untuk anak mama yang baru lahir atau akan segera lahir.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.