Benarkah Membaca Surat Yusuf saat Hamil Membuat Anak Lahir Rupawan?

Ibu hamil membaca surat Yusuf agar mengharap kemuliaan seperti Nabi Yusuf selama hidupnya

9 November 2020

Benarkah Membaca Surat Yusuf saat Hamil Membuat Anak Lahir Rupawan
Pixabay/TayebMEZAHDIA

Membaca Alquran memang dikenal memiliki banyak keutamaan. Selain mendapatkan pahala, bagi ibu hamil membaca Alquran juga sangat baik untuk membantu perkembangan janin dalam perut.

Salah satu surat yang akrab dibaca oleh ibu hamil adalah Surat Yusuf. Banyak ibu hamil yang membaca surat ini berharap agar anak yang dilahirkannya rupawan seperti Nabi Yusuf Alaihisalam.

Surat Yusuf adalah surat dalam Alquran yang yang berjumlah 111 ayat dan tergolong dari surat Makiyyah karena diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Dinamakan surat Yusuf karena titik beratnya bercerita mengenai riwayat Nabi Yusuf Alaihisalam.

Berikut Popmama.com rangkum informasi manfaat membaca surat Yusuf untuk ibu hamil.

1. Janin bisa mendapatkan hormon bahagia lebih banyak

1. Janin bisa mendapatkan hormon bahagia lebih banyak
Freepik

Perjalanan kehamilan setiap mama tentu berbeda-beda. Namun, salah satu masalah yang banyak dijumpai dari ibu hamil adalah perbuahan mood. Ibu hamil cenderung lebih sensitif karena perubahan hormon selama masa kehamilan.

Perubahan mood ini bisa memengaruhi janin jika terlalu ekstrem lho. Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada 1984 menyebut orang yang membaca Alquran merasakan ketenangan hati hingga 97 persen, yang kemudian berpengaruh kepada mood mama menjadi lebih terjaga.

Ketenangan hati ini bisa meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh mama. Hormon serotonin merupakan hormon bahagia yang akan sangat berpengaruh untuk perkembangan janin.

Editors' Picks

2. Janin bisa memiliki kecerdasan emosional yang baik

2. Janin bisa memiliki kecerdasan emosional baik
Freepik

Ibu hamil yang rutin membacakan lantunan ayat Alquran ketika mengandung akan membuat kecedasan emosional bayi menjadi lebih baik. Sebaiknya tingkatkan intensitas membaca Alquran ketika mengandung supaya janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Musik klasik dinilai bisa sangat bermanfaat untuk janin. Ternyata dalam beberapa penelitian, murattal Alquran juga bisa menjadi alternatif lho.

3. Mengharapkan mendapat kemuliaan seperti Nabi Yusuf

3. Mengharapkan mendapat kemuliaan seperti Nabi Yusuf
Freepik

Banyak ibu hamil yang percaya bahwa membaca surat Yusuf terutama ketika mengandung anak laki-laki, akan mendapatkan anak yang tampan dan saleh seperti Nabi Yusuf. Apakah anggapan ini benar? Ternyata menurut beberapa pendapat anggapan ini kurang tepat.

Membaca Alquran ketika hamil tentunya lebih dari sekedar berharap agar anak cantik atau tampan secara fisik. Membaca atau melantunkan Alquran diharapkan ada keberkahan dan kebaikan yang akan berpengaruh terhadap buah hati mama.

Selain itu, membaca surat Yusuf saat hamil juga bermanfaat agar mendapat kemuliaan seperti Nabi Yusuf Alaihisalam.

    4. Keutamaan surat Yusuf untuk ibu hamil

    4. Keutamaan surat Yusuf ibu hamil
    Popmama.com/Onic Metheany
    This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

    Surat Yusuf mungkin tidak memiliki khasiat langsung membuat janin yang dikandung ibu hamil terlahir rupawan. Namun, keutamaan dan faedah surat Yusuf tetap luar biasa, dan tidak terkurangi sisi kesempurnaannya sebagai salah satu dari firman Allah SWT.

    Bahkan Allah membuka kisah tentang Yusuf dengan firman-Nya:

    “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu.” (QS. Yusuf: 3).

    Alquran mengisahkan dan menyebut bahwa sebaik-baiknya kisah, maka pastilah banyak pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan dalam kisah Nabi Yusuf yang terkandung dalam surat ini.

    Kisah Nabi Yusuf Alaihissalam mengajarkan kepada umat Islam bahwa di balik musibah yang menimpa, ada rencana indah yang Allah SWT siapkan. Beberapa kali Nabi Yusuf  menghadapi musibah, tapi di balik itu merupakan jembatan kemuliaan dan kebahagiaan bagi ia sendiri.

    Beliau juga menghadapi bujuk rayu dan godaan yang menggiurkan, tapi tetap teguh pada pendirian. Ini menjadi hal yang patut diteladani manusia dalam menghadapi ujian baik yang menyenangkan maupun yang menyusahkan. 

    Itulah tadi bacaan surat Yusuf untuk ibu hamil yang bermanfaat untuk janin dan Mama sendiri. Oleh karenanya Mama bisa memperbanyak membaca Alquran selama hamil karena bisa menenangkan emosi mama agar lebih bahagia dan agar janin memiliki kecerdasan emosional yang baik.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.