Batasi Konsumsinya, Ini Bahaya dan Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil

Bagaikan dua sisi, cokelat ternyata bisa berbahaya sekaligus membawa manfaat bagi ibu hamil

9 November 2020

Batasi Konsumsinya, Ini Bahaya Manfaat Cokelat Ibu Hamil
Freepik

Ibu hamil memang harus lebih bijak dalam mengonsumsi berbagai macam makanan. Sebab, tak hanya kesehatan diri sendiri, kesehatan janin yang dikandung juga harus diperhatikan agar kondisi bayi tetap sehat dan baik.

Bagi Mama yang suka mengonsumsi cokelat, Mama mungkin pernah mendengar bahwa konsumsi cokelat bisa membahayakan kesehatan janin.

Tunggu dulu Ma, cokelat rupanya tidak selamanya berbahaya untuk ibu hamil, karena cokelat juga membawa banyak manfaat. 

Penasaran apa saja bahaya dan manfaat cokelat untuk ibu hamil? Simak rangkuman dari Popmama.com berikut ini yuk Ma! 

1. Manfaatnya bisa mencegah stres lho!

1. Manfaat bisa mencegah stres
Freepik

Konsumsi cokelat pada ibu hamil dapat meminimalkan terjadinya stres, Ma. Bahkan dapat memberikan efek bayi lebih bahagia lho!

Buktinya sebuah penelitian yang dilakukan majalah kesehatan di Finlandia mengungkap bahwa konsumsi cokelat pada ibu hamil terbukti mampu menurunkan kadar stres pada janin dan ibu hamil. 

Editors' Picks

2. Bahayanya dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi

2. Bahaya dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi
Freepik

Sebenarnya, bahaya cokelat yang bisa menyebabkan kenaikan kadar gula yang tinggi lebih ditujukan kepada Mama yang menderita diabetes.

Namun, meski tidak mengalami diabetes, Mama juga harus tetap membatasi konsumsi cokelat berlebih untuk mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Kenaikan kadar gula darah yang tinggi secara tiba-tiba bisa terjadi karena cokelat mengandung kalori dan juga gula. Jadi batasi ya Ma, konsumsi cokelat selama kehamilan untuk menghindari bahaya ini!

3. Manfaatnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh

3. Manfaat mampu meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik/Kate Mangostar

Kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan alami terbilang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh mama sekaligus janin yang dikandung. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi pada cokelat juga diklaim mampu mengurangi risiko terkena penyakit kanker pada ibu hamil maupun janin yang dikandung. 

4. Bahayanya dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat

4. Bahaya dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat
Pexels/Rene Asmussen

Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, ada riset yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebih ibu wanita hamil dapat memicu bayi lahir cacat. Nah, Mama perlu tahu, cokelat juga mengandung kafein layaknya kopi dan teh. Jadi untuk menghindari hal ini, ada baiknya untuk mengurangi dan membatasi konsumsi minuman dan makanan berkafein termasuk cokelat secara bijak ya, Ma. 

5. Manfaatnya mencegah terjadinya preeklampsia

5. Manfaat mencegah terjadi preeklampsia
Freepik/Freepic.diller

Manfaat konsumsi cokelat pada ibu hamil berikutnya adalah mampu mencegah terjadinya preeklampsia, yaitu salah satu penyebab bayi lahir prematur. Preeklampsia merupakan gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah yang tinggi sehingga berisiko membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Adapun kandungan theobromin yang terdapat pada cokelatlah yang mampu menjaga tekanan darah untuk lebih stabil sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil. 

Itu dia Ma bahaya dan manfaat mengonsumsi cokelat untuk ibu hamil. Sebenarnya, Mama tak perlu khawatir berlebih terkait bahaya dari konsumsi cokelat pada ibu hamil. Mama hanya perlu memahami bahwa segala hal yang dikonsumsi berlebih dapat berefek buruk terhadap kesehatan, termasuk konsumsi cokelat. Jadi, batasi konsumsinya dan dapatkan manfaatnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.