Manfaat Berhubungan Seks saat Hamil Tua

Ada beragam manfaat berhubungan seks saat hamil tua!

22 April 2019

Manfaat Berhubungan Seks saat Hamil Tua
Freepik

Saat hamil, pertanyaan-pertanyaan mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan memang terus bergulir Ma, tak terkecuali mengenai berhubungan seksual saat hamil tua. Mama yang sedang hamil tentu akan bertanya-tanya, mengenai boleh atau tidaknya berhubungan seks saat hamil tua, termasuk mengenai keamanannya.

Sebenarnya terkait hal ini, banyak penelitian yang membuktikan bahwa berhubungan seksual saat hamil tua aman untuk dilakukan.  

Namun dengan catatan, Mama tidak menderita komplikasi kehamilan, perdarahan, rahim lemah, menderita plasenta previa, memiliki riwayat keguguran, atau pernah melahirkan bayi prematur.

Mama yang memiliki kondisi kesehatan yang baik dan dokter memberikan sinyal bahwa berhubungan seksual saat hamil aman saja untuk dilakukan, rasanya boleh melakukan hubungan seksual yang aman.

Dilansir dari laman Firstcry Parenting dan beberapa sumber lainnya, ada beragam manfaat berhubungan seks saat hamil, berikut di antaranya:

1. Meningkatkan keintiman dengan pasangan

1. Meningkatkan keintiman pasangan
Freepik

Dilansir dari Parenting Firstcry, berhubungan seks saat hamil tua dapat meningkatkan keintiman Mama dan pasangan. Kontak fisik yang terjadi saat berhubungan seks memang mampu membangkitkan kembali kedekatan Mama dan pasangan.

Perasaan senang dan bahagia mungkin akan Mama dan pasangan rasakan seusai bercinta dilakukan.

2. Mendapatkan orgasme yang lebih baik

2. Mendapatkan orgasme lebih baik
Freepik

Mama harus tahu bahwa sebagian perempuan merasa mendapat orgasme yang lebih baik saat melakukan hubungan seksual saat hamil, dibanding sebelum hamil.

Mama ingin tahu alasannya mengapa? Ini karena kehamilan membuat adanya peningkatan produksi dua hormon penting dalam tubuh yaitu progesteron dan estrogen.

Nah peningkatan kadar estrogen dalam tubuh, dapat membuat perempuan merasa lebih terangsang dibanding sebelumnya.

Selain itu, peningkatan suplai darah yang membuat puting menjadi lebih besar saat hamil juga membuat puting menjadi lebih sensitif. Karena adanya penigkatan sensitivitas di area tubuh tertentu inilah Mama dapat mencapai orgasme yang lebih baik.

Baca juga:

3. Meningkatkan imunitas tubuh

3. Meningkatkan imunitas tubuh
smartmama.com

Tak hanya mampu memperkuat otot-otot dasar panggul saja Ma, berhubungan seks saat hamil, tak terkecuali saat hamil tua dapat membawa manfaat yang baik bagi imunitas tubuh.

Seperti yang Mama tahu, saat hamil, sistem kekebalan tubuh Mama sedikit melemah akibat adanya perubahan hormon kehamilan. Nah, dengan melakukan hubungan seks saat hamil, imunitas tubuh Mama dapat meningkat karena adanya peningkatan zat  antibody IgA di dalam tubuh

Namun perlu diingat pula Ma, jangan hanya melakukan hubungan seks yang aman saja saat hamil, Mama juga harus menjalani pola hidup sehat jika ingin imunitas tubuhnya tetap terjaga.

Editors' Picks

4. Mencegah terjadinya preeklampsia

4. Mencegah terjadi preeklampsia
Freepik/Rawpixel.com

Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, berhubungan seks saat hamil juga dapat membantu mencegah preeklampsia. Mama ingin tahu apa alasanya? Alasannya adalah karena sperma pria memiliki protein khusus yang disebut dengan HLA-G.

Protein ini dianggap mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu menurunkan tekanan darah perempuan selama kehamilan.

Itulah manfaat berhubungan seks saat hamil tua yang tidak bisa disepelekan Ma. Mama disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terkait posisi yang disarankan dan pastikan kenyamanannya agar seks berjalan lancar dan membawa manfaat bagi kesehatan.

5. Mengurangi stres

5. Mengurangi stres
Freepik/Prakasit Khuansuwan

Mendekati persalinan, beberapa perempuan hamil kerap kali mengalami stres Ma. Nah, Mama harus tahu, berhubungan seks saat hamil tua bisa menjadi cara untuk mengurangi stres yang Mama alami.

Mama ingin tahu alasannya mengapa?

Dilansir dari Fox News, oksitosin, yang merupakan hormon cinta yang dikeluarkan tubuh ketika Mama mengalami orgasme, dapat membantu menghilangkan sebagian dari stres yang Mama rasakan. Bahkan ini juga membantu Mama untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres dan Cemas Berlebihan

6. Mempermudah proses persalinan

6. Mempermudah proses persalinan
kidborn.com

Berhubungan seks saat hamil tua juga dapat mempermudah Mama dalam melahirkan. Mama tak percaya? Dilansir dari Fox News, kaitan antara hubungan seksual dengan persalinan yang lebih mudah terletak pada orgasme yang Mama dapatkan saat berhubungan seks. 

Saat Mama mencapai orgasme, kontraksi di dasar panggul akan mengalami peningkatan. Nah, peningkatan kontraski di dasar panggul ini dapat membantu memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk persalinan dan setelah melahirkan Ma. Inilah alasan mengapa berhubungan seks saat hamil tua terkadang dokter sarankan. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!