Cara Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik saat Hamil Tua

Coba tips berikut untuk tidur semakin nyenyak yuk, Ma!

9 Mei 2021

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Lebih Baik saat Hamil Tua
Freepik/cookie_studio

Menemukan pola tidur yang baik memang sangat diperlukan oleh ibu hamil, apalagi jika kehamilannya sudah masuk trimester ketiga. Perut yang sudah semakin membesar, tak jarang menjadi kesulitan tersendiri ketika menginginkan tidur yang berkualitas. 

Selain itu, perut yang lebih besar memicu rasa tidak nyaman saat tidur di malam hari. Kondisi tersebut tak jarang membuat ibu hamil merasa kesulitan untuk tidur nyenyak. 

Padahal sangat penting untuk ibu hamil mendapatkan tidur yang berkualitas, apalagi bisa berpengaruh dengan kondisi janin di dalam perut. 

Dilansir dari Life as Mama, kali ini Popmama.com sudah merangkum informasi terkait pentingnya tidur yang cukup sekaligus cara meningkatkan kualitas tidur selama hamil tua. 

Simak informasinya yuk, Ma!

Apa Saja Alasan Tidur Cukup Sangat Penting saat Hamil Tua?

Apa Saja Alasan Tidur Cukup Sangat Penting saat Hamil Tua
Buzzfeed.com

Bayangkan apa yang biasanya Mama rasakan saat kurang tidur saat tidak dalam kondisi hamil? Tentu tubuh Mama akan lelah dan pikiran menjadi tidak fokus, bukan?

Sekarang bayangkan, bagaimana perasaan tubuh ketika tidak bisa tidur saat hamil? Misalnya, saat memberikan waktu istirahat pada otak dibutuhkan kesempatan itu untuk menanamkan ingatan.

Selain itu, Mama yang memiliki tidur berkualitas akan mendapatkan sirkulasi darah yang lebih baik di tubuh beserta janin di dalam kandungan. Sekarang jantung dan pembuluh darah bekerja untuk dua orang, mereka pun membutuhkan waktu untuk memperbaikinya.

Bahkan, dapat membantu mengatasi hipertensi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat tidur, tubuh dapat merespons insulin dengan lebih baik, yang membantu sistem kekebalan.

Editors' Picks

Cobalah Tidur saat Tidak Mengantuk dan Hindari Makan Berat

Cobalah Tidur saat Tidak Mengantuk Hindari Makan Berat
Freepik/bearfotos

Pilih waktu tidur dan pastikan Mama berbaring setelah waktunya tiba. Mama dapat menemukan berbagai metode untuk menenangkan diri sendiri agar bisa tidur, bahkan saat sedang tidak ingin tidur.

Contohnya saja bisa dengan memutar musik atau menonton film dokumenter yang membuat Mama mengantuk, lalu tertidur.

Mengonsumsi makanan berat yang diikuti dengan banyak minum dapat menghambat kemampuan Mama untuk tidur. Oleh karena itu, tindakan terbaik yang harus dilakukan yakni mengonsumsi makanan ringan saja apabila merasa lapar sebelum waktunya tidur.

Cari Posisi Tidur yang Senyaman Mungkin

Cari Posisi Tidur Senyaman Mungkin
Freepik

Mungkin alasan Mama tidak bisa tidur, yakni karena tempat tidur tidak nyaman. Ingat, berat badan Mama bertambah dan perut memang semakin lama kian membesar.

Jadi, Mama mungkin ingin membeli bantal khusus ibu hamil yang membantu memberikan rasa nyaman ketika tidur. Ini juga dapat mendukung kaki dan perut terasa nyaman saat tidur di malam hari.

Ketika sudah mendapatkan posisi yang nyaman, itu berarti Mama dapat dengan mudah tertidur. Siapkan juga beberapa bantal ibu hamil saat sedang duduk di sofa sambil menonton TV.

Cobalah Latihan Peregangan Sebelum Tidur dan Bermeditasi

Cobalah Latihan Peregangan Sebelum Tidur Bermeditasi
Pexels/mikoto.raw

Sebisa mungkin menghindari tugas berat seperti mengangkat barang yang berat-berat atau lainnya selama trimester ketiga kehamilan.

Jika tidak bergerak sekalipun Mama akan membahayakan diri sendiri juga dan itu tidak baik. Mama perlu rutin berolahraga jika ingin mendapatkan kualitas tidur lebih baik setiap malamnya.

Cara terbaik untuk melakukannya, yakni dengan berjalan-jalan setiap hari di luar sambil menghirup udara segar atau melakukan berbagai olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil.

Ini tidak hanya menyegarkan otak Mama, tetapi juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Setelah itu, Mama akan merasa rileks dan cukup tenang untuk tertidur lelap di malam hari. 

Meditasi juga termasuk alternatif cara yang bagus untuk memusatkan pikiran serta berpengaruh terhadap kualitas tidur. Ketika pikiran tengah rileks, maka tubuh pun tidak terlalu tegang.

Meditasi menjadi salah satu cara terbaik untuk tidur selama masa-masa kehamilan. Ini tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, melainkan menyegarkan pikiran ke arah yang lebih positif.

Wah, ternyata meningkatkan kualitas tidur yang baik mulai dari olahraga ringan dan menghindari makanan berat terlebih dahulu. Semoga  informasi ini membuat Mama bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik seperti sebelumnya ya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.