Kenali Bahaya Mangga Kweni untuk Ibu Hamil, Bolehkah Mengonsumsinya?

Mangga kweni umumnya tumbuh di negara-negara beriklim tropis

26 Mei 2021

Kenali Bahaya Mangga Kweni Ibu Hamil, Bolehkah Mengonsumsinya
Freepik/Stockking

Ibu hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah mangga. 

Meskipun begitu, Mama tidak diperbolehkan mengonsumsi mangga dalam jumlah banyak. Sebab, ada beberapa jenis mangga seperti mangga kweni yang bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan janin di dalam kandungan. 

Mangga kweni memang masih terdengar asing di telinga ibu hamil. Perlu diketahui bahwa mangga kweni pernah digunakan untuk membunuh gajah jinak di Aceh Timur pada 9 Juni 2018 lalu. 

Menurut laporan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, ditemukan mangga kweni dalam usus gajah mati tersebut. Gajah tersebut diduga diracun oleh orang tak bertanggungjawab menggunakan mangga kweni. 

Lantas, apa bahaya mangga kweni untuk ibu hamil? Bolehkah ibu hamil mengonsumsi mangga kweni? Berikut rangkuman penjelasan dari Popmama.com yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Apa itu Mangga Kweni?

Apa itu Mangga Kweni
Freepik/User7350813

Mangga kweni adalah buah-buahan yang masih satu keluarga dengan buah mangga. Kweni umumnya tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti Filipina, Thailand, Vietnam dan Indonesia. Buah ini memiliki nama latin Mangifera Odorata

Berbeda dengan jenis mangga pada umumnya yang beredar di pasaran, buah mangga kweni memiliki aroma yang cukup kuat meski belum dikupas. Mangga kweni juga memiliki serat yang cukup besar dibanding jenis mangga lainnya. Mangga kweni matang umumnya mengandung lebih banyak air dan memiliki rasa lebih manis. 

Editors' Picks

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Mangga Kweni?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Mangga Kweni
Freepik/Sokor

Ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi berbagai asupan makanan dalam jumlah wajar, termasuk saat makan mangga kweni. Setiap ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga Mama sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai jumlah mangga kweni yang dapat dikonsumsi. 

Satu buah mangga kweni mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, mencegah gangguan mata hingga meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Mangga kweni juga kaya akan vitamin B6 yang bisa meningkatkan sistem imunitas, bahkan dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel janin dalam kandungan. 

Sama seperti jenis mangga lainnya, mangga kweni juga mengandung vitamin C yang bisa bermanfaat sebagai antioksidan dan mengobati sariawan. Perlu diketahui bahwa antioksidan diperlukan untuk melindungi tubuh ibu hamil dari serangan berbagai penyakit selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Lalu, apa bahaya mengonsumsi mangga kweni dalam jumlah banyak?

1. Mengganggu sistem pencernaan

1. Mengganggu sistem pencernaan
Freepik/Topntp26

Selama kehamilan, sistem metabolisme tubuh mama menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, Mama perlu selektif dalam memilih makanan agar mudah dicerna. Ketika Mama mengonsumsi mangga kweni dalam jumlah banyak, dikhawatirkan sistem pencernaan menjadi terganggu hingga menyebabkan diare. 

Ketika diare, ibu hamil bisa mengalami kekurangan cairan yang berdampak pada asupan nutrisi untuk si Kecil dalam kandungan. 

2. Menimbulkan alergi selama masa kehamilan

2. Menimbulkan alergi selama masa kehamilan
Freepik

Selain mengganggu sistem pencernaan, mangga kweni juga bisa menyebabkan alergi apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak. Reaksi alergi timbul karena perubahan hormon selama kehamilan. Maka, tak heran jika Mama mudah mengalami alergi makanan selama masa kehamilan. 

Gejala alergi yang timbul setelah makan mangga kweni umumnya berupa kesulitan bernapas, muncul ruam di kulit hingga wajah membengkak. Kemudia, ada juga gejala alergi berupa gatal-gatal pada mata, mulut serta menyebabkan sesak napas.

Oleh karena itu, apabila Mama mengalami gejala alergi tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. 

3. Rentan terserang diabetes

3. Rentan terserang diabetes
Pixabay/Josch13

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa mangga kweni memiliki rasa yang manis. Artinya, mangga kweni mengandung lebih banyak gula dibanding jenis mangga lainnya. 

Sebuah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa mengonsumsi mangga kweni selama trimester kedua dan ketiga kehamilan bisa membuat ibu hamil rentan terserang diabetes gestasional. Diabetes gestasional bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang membuat bayi lahir dengan kelebihan berat badan, bayi lahir cacat atau terlahir prematur. 

Itulah beberapa risiko kesehatan yang bisa timbul ketika ibu hamil mengonsumsi mangga kweni, apalagi jika jumlahnya cukup banyak. Apabila Mama tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar tidak membahayakan kesehatan si Kecil dalam kandungan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.