6 Manfaat Petai untuk Ibu Hamil, Bisa Meningkatkan Selera Makan

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan petai tidak aman bagi ibu hamil

10 Januari 2022

6 Manfaat Petai Ibu Hamil, Bisa Meningkatkan Selera Makan
Freepik/Kaiskynet

Mendengar kata petai, apa yang terlintas di dalam pikiran Mama? Petai adalah salah satu makanan dengan aroma yang tajam. Beberapa orang, termasuk ibu hamil, mengonsumsi petai untuk meningkatkan nafsu makan. 

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang menyatakan petai tidak aman bagi ibu hamil. Namun, sejumlah mitos yang beredar di masyarakat justru melarang ibu hamil untuk mengonsumsi petai. Pada dasarnya, Mama tidak boleh mengonsumsi makanan yang mentah karena dapat meningkatkan risiko infeksi. 

Selama Mama masih mengolah petai hingga matang, petai justru bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh selama masa kehamilan. Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat petai bagi kesehatan ibu hamil.

Penjelasan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan mama untuk tetap mengonsumsi petai selama kehamilan. 

Yuk Ma, disimak!

1. Memberikan sumber energi untuk tubuh

1. Memberikan sumber energi tubuh
Shopee.co.id

Petai dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil karena mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketiga nutrisi tersebut bisa mengembalikan energi tubuh untuk menunjang aktivitas harian mama. 

Perlu diingat bahwa masa kehamilan memang membuat tubuh mudah capek saat beraktivitas. Dengan mengonsumsi petai dalam porsi yang tepat, Mama bisa mendapatkan energi yang cukup untuk bisa beraktivitas seperti biasanya.

2. Memenuhi kebutuhan serat

2. Memenuhi kebutuhan serat
Shopee.co.id

Bagi Mama yang sering sembelit selama hamil, maka petai bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Petai mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. 

Kandungan serat dalam petai juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, Mama bisa terhindar dari sembelit yang menyakitkan. 

Editors' Picks

3. Meningkatkan selera makan

3. Meningkatkan selera makan
Shopee.co.id

Perubahan hormon akibat kehamilan bisa menurunkan selera makan. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus, janin dalam kandungan dikhawatirkan tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan janin bisa terganggu. 

Untuk mengembalikan selera makan, cobalah untuk mengonsumsi petai. Pasalnya, aroma tajam yang dihasilkan petai bisa meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

Selain mengembalikan selera makan, petai juga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. 

4. Mengatasi anemia

4. Mengatasi anemia
Shopee.co.id

Apabila Mama memiliki riwayat anemia atau kekurangan darah sebelum hamil, maka risiko terserang anemia saat hamil menjadi lebih tinggi. Petai bisa menjadi solusi untuk mencegah anemia karena petai mengandung zat besi yang cukup tinggi. 

Kandungan zat besi dalam petai bermanfaat untuk meningkatkan volume darah dalam tubuh. Oleh karena itu, Mama dapat terhindar dari serangan anemia yang membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. 

5. Mencegah risiko hipertensi

5. Mencegah risiko hipertensi
Shopee.co.id

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon dan tekanan darah. Maka tak heran jika ibu hamil lebih rentan terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apabila tidak segera diobati, hipertensi bisa membahayakan kesehatan mama dan janin dalam kandungan. 

Di sisi lain, petai mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Artinya, petai bisa memperkecil risiko hipertensi pada ibu hamil. 

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Shopee.co.id

Biji petai mengandung hex thionine dan trithiolane yang mampu menangkal serangan radikal bebas. Tubuh mama akan terlindungi dari serangan bakteri jahat yang bisa menurunkan sistem imunitas tubuh. 

Artinya, mengonsumsi petai bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, petai juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus. 

Meski memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, petai juga bisa menyebabkan dampak buruk seperti sakit punggung, meningkatkan risiko terserang asam urat, dan memicu pegal-pegal. Oleh karena itu, Mama sebaiknya mengonsumsi petai secukupnya selama hamil. 

Untuk mengetahui seberapa banyak petai yang bisa dikonsumsi, cobalah untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Jangan mengonsumsi petai secara berlebihan, terutama jelang persalinan. Ini dilakukan demi mencegah hal-hal buruk yang dapat mengancam kehamilan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.