Jangan Cuma Olahraga, Ketahui Dulu 7 Manfaat Yoga pada Masa Kehamilan!

Salah satunya bermanfaat untuk bonding bersama Si Kecil di perut

8 November 2019

Jangan Cuma Olahraga, Ketahui Dulu 7 Manfaat Yoga Masa Kehamilan
Unsplash/form

Prenatal yoga adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri Mama sendiri serta janin yang sedang tumbuh. Selain mudah untuk dilakukan, Mama juga dapat melakukannya dimana pun. Entah itu melakukannya dirumah dengan bantuan video YouTube, ataupun pergi ke studio yoga.

Namun jika ingin melakukannya di studio yoga, pastikan bahwa instruktur pranatal yoga Mama bersertifikasi untuk mengajari pose yang paling aman untuk ibu hamil.

Ketika berlatih bersama instruktur prenatal yoga, Mama harus melepaskan kekhawatiran atau ketakutan yang terkait dengan keselamatan Mama dan Si Kecil. Mama juga harus percaya pada instruktur dan menikmati proses pelatihannya.

Nah, berbicara mengenai yoga, dilansir dari capwellnesscenter.com, yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah, gula darah, mengurangi stres, memperbaiki fungsi jantung, mengurangi sakit punggung, serta meningkatkan kesehatan tulang.

Bukan hanya itu saja, Popmama.comjuga akan merangkum manfaat lainnya yang dapat Mama dapatkan dari pranetal yoga. Simak langsung yuk manfaatnya!

1. Meningkatkan stamina dan kekuatan

1. Meningkatkan stamina kekuatan
Unsplash/bruce mars

Saat si Kecil tumbuh di dalam tubuh Mama, maka akan lebih banyak pula energi dan kekuatan yang dibutuhkan untuk dapat membawa beban tersebut.

Melalui pranetal yoga, pose-pose yang dilakukan dapat memperkuat pinggul, punggung, lengan dan bahu Mama lho!

2. Keseimbangan

2. Keseimbangan
Unsplash/chris montgomery

Keseimbangan diri Mama akan diuji ketika janin tumbuh di dalam perut. Peningkatan progesteron dan estrogen juga dapat memengaruhi naik turunnya emosional Mama.

Nah, ketika Mama mencoba untuk fokus bernapas melalui setiap pose yoga, maka dengan begitu Mama dapat menyesuaikan keseimbangan diri secara fisik dan emosional.

3. Meredakan ketegangan pada tubuh

3. Meredakan ketegangan tubuh
Unsplash/larm rmah

Saat bayi tumbuh, maka akan lebih banyak tekanan yang diberikan otot pada tubuh Mama. Pinggul akan semakin besar karena tekanan tambahan dari berat badan si Kecil di perut Mama.

Bukan hanya pinggul, payudara, punggung bagian atas, leher dan bahu pun akan bertambah besar dan tegang. Salah satu cara untuk meredakan ketegangannya adalah dengan melakukan pose prenatal yoga.

Baca juga: 5 Posisi Yoga Terbaik untuk Ibu Hamil

Editors' Picks

4. Menenangkan sistem saraf

4. Menenangkan sistem saraf
Unsplash/dingzeyu

Melalui pernapasan dalam, sistem saraf akan masuk ke mode parasimpatik dan akan menimbulkan reaksi relaks pada diri Mama.

Ketika tubuh Mama berada dalam mode itu, maka pencernaan akan bekerja dengan baik, kualitas tidur membaik, dan sistem kekebalan tubuh juga akan lebih optimal.

5. Membangun koneksi dengan bayi

5. Membangun koneksi bayi
Unsplash/ignacio campo

Latihan prenatal yoga memungkinkan Mama untuk memusatkan perhatian pada apa yang terjadi di dalam tubuh.

Melalui pernafasan dan pose yoga, Mama dapat menjadi lebih sadar akan apa yang sedang terjadi di dalamnya. Mama akan lebih menikmati setiap tendangan kecil yang bayi lakukan.

Wah, harus dicoba nih Ma!

6. Meningkatkan sirkulasi

6. Meningkatkan sirkulasi
Unsplash/mickael tournier

Sirkulasi tubuh dapat ditingkatkan melalui sendi-sendi dan otot-otot yang dilatih selama melakukan pose prenatal yoga.

Selain melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, yoga juga dapat mengurangi pembengkakan sehingga membuat Mama lebih fit serta membantu perkembangan Si Kecil di dalam perut.

7. Latihan pernapasan

7. Latihan pernapasan
Unsplash/sarah diniz outeiro

Pranetal yoga adalah kegitan yang tepat untuk mempersiapkan persalinan. Jika Mama dapat mengatur nafas dengan baik maka tekanan darah dan detak jantung akan lebih mudah diatur sehingga dapat membuat Mama lebih relaks.

Kalau Mama relaks, bayi diperut juga akan tenang kan Ma?

Sekarang Mama sudah tahu kan banyaknya manfaat prenatal yoga yang Mama lakukan pada masa kehamilan trimester kedua?

Jadi walaupun sedang hamil, bukan berarti Mama tidak boleh olahraga lho! Olahraga justru akan membuat Mama dan Si Kecil semakin dekat dan sehat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!