Normalkah Berat Badan Ibu Hamil Turun di Akhir Kehamilan?

Idealnya berat badan naik saat hamil. Tapi, bagaimana jika sebaliknya?

3 Juli 2022

Normalkah Berat Badan Ibu Hamil Turun Akhir Kehamilan
Pexels/SHVETS production

Berat badan menjadi salah satu hal penting yang diperhatikan ibu hamil selama masa kehamilan. 

Pada umumnya, ibu hamil disarankan untuk menambah berat badan jika berat badannya dinilai kurang. Berat badan yang cukup selama masa kehamilan dapat mencegah bayi mengalami gagal tumbuh dan berkembang.

Lalu, bagaimana jika berat badan mama turun di akhir masa kehamilan? Apakah normal jika berat badan turun di akhir kehamilan?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, berikutPopmama.comtelah rangkum dari berbagai sumber mengenai normalkah berat badan ibu hamil turun di akhir kehamilan?

Editors' Picks

Normalkah jika Berat Badan Ibu Hamil Turun di Akhir Kehamilan?

Normalkah jika Berat Badan Ibu Hamil Turun Akhir Kehamilan
Pinterest.com/Inspired By This

Jika mengalami penurunan berat badan di trimester ketiga, Mama tidak perlu khawatir berlebih. Hal ini dikarenakan penurunan berat badan di akhir masa kehamilan ini merupakan suatu hal yang normal.

Turunnya berat badan di akhir kehamilan ini sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh bersiap-siap untuk persalinan.

Kehilangan beberapa kilogram berat badan tidak akan berdampak pada perkembangan janin. Jadi, tidak perlu khawatir, ya, Ma.

Penyebab Berat Badan Alami Penurunan di Akhir Kehamilan

Penyebab Berat Badan Alami Penurunan Akhir Kehamilan
Freepik/gpointstudio

Beberapa penyebab umum mengapa berat badan dapat mengalami penurunan di trimester ketiga adalah:

  • Berkurangnya Cairan Ketuban

Meski ketuban belum pecah, tingkat cairan ketuban di menjelang masa akhir kehamilan akan mulai berkurang. Ketika cairan ketubang berkurang, maka berat badan mama pun akan turut berkurang.

  • Tingkat Aktivitas yang Tinggi

Saat Mama melakukan banyak aktivitas, misalnya memasak, membersihkan rumah, atau bahkan bekerja, maka kalori yang dikeluarkan akan lebih banyak pula.

  • Sering Berkeringat

Ketika masuk masa pada akhir kehamilan, tubuh mama akan sering berkeringat. Sering berkeringat nyatanya bisa membuat berat badan turun.

  • Lebih Sering BAK dan BAB

Di trimester ketiga, kepala bayi akan menekan kandung kemih. Hal ini membuat Mama sering buang air kecil. Tak hanya itu, ketika mendekati waktu persalinan, usus akan mengendur sehingga Mama lebih sering buang air besar. Seringnya buang air kecil dan buang air besar di akhir kehamilan berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

  • Nafsu Makan Berkurang

Menjelang waktu persalinan, akan ada kemungkinan Mama kehilangan nafsu makan. Ketika tidak ada makanan yang masuk ke perut, berat badan pun akan berkurang.

Apa yang Harus dilakukan saat Berat Badan Turun?

Apa Harus dilakukan saat Berat Badan Turun
Freepik/yanalya

Saat berat badan terlihat menurun, hal yang perlu Mama lakukan adalah tetap menjaga asupan nutrisi. Jangan lupa bahwa Mama masih perly memberikan nutrisi pada janin hingga hari kelahiran.

Menjaga asupan nutrisi, terutama nutrisi yang dapat membangun otak bayi seperti DHA dan protein akan sangat bermanfaat bagi perkembangan janin.

Hal penting lainnya adalah pastikan Mama setidaknya minum air putih sebanyak 8-12 gelas perhari. Minum air yang cukup dapat menggantikan cairan tubuh yang keluar.

Itulah tadi informasi mengenai penurunan berat badan di masa akhir kehamilan. Jadi, normal jka berat badan ibu hamil turun di akhir kehamilan. Semoga informasi dapat bermanfaat, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk