TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Pohon Cemara bagi Kehidupan Manusia, Materi Kelas 3 SD

Si pohon konifer dengan segudang manfaatnya

Pixabay/Bergadder

Anak mama pasti tahu lagi Naik-Naik ke Puncak Gunung, kan? Nah, apa nama pohon yang disebutkan dalam lagu tersebut? Yup, pohon cemara. Nyatanya, tumbuhan yang satu ini memang banyak ditemui di daerah dengan udara dingin, seperti di pegunungan.

Bukan hanya di lagu saja, pohon cemara juga identik dengan perayaan Natal karena sering dijadikan sebagai hiasan pohon. Namun, manfaat pohon cemara bukan hanya itu saja lho, Ma.

Untuk melihat lebih jauh lagi, mari sama-sama simak informasi dari Popmama.com tentang manfaat pohon cemara bagi kehidupan manusia.

Mengenal Pohon Cemara Beserta Ciri-Cirinya

Pixabay/pixel2013

Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum mengetahui manfaatnya bagi kehidupan manusia, harus kenalan dulu dong sama pohon cemara. Termasuk dalam famili Casuarinaceae, pohon cemara merupakan jenis tanaman konifer, mirip pinus, dengan daunnya yang berbentuk seperti jarum. 

Buat Mama yang belum tahu, pohon cemara ini termasuk ke dalam tanaman evergreen. Artinya, daunnya akan selalu berwarna hijau. Sebab, daun yang ia miliki juga jarang mengering dan tidak mudah rontok.

Tanaman yang tersebar mulai dari Amerika, Eropa, Australia, Afrika, hingga Asia ini terdiri atas sekitar 70 spesies, lho. Adapun beberapa yang cukup populer adalah cemara kipas, cemara pensil, cemara pua-pua, cemara udang, cemara angin, dan sebagainya.

Kalau dilihat-lihat, pohon cemara mirip dengan tumbuhan konifer lainnya. Kendati demikian, pohon yang satu ini memiliki sejumlah ciri khas, yaitu:

  • Pohonnya dapat tumbuh tinggi dengan bentuk kerucutnya;
  • Warna daunnya lebih didominasi hijau gelap;
  • Bentuk daunnya runcing untuk mengurangi penguapan;
  • Pohon cemara menghasilkan runjung yang mirip buah pinus;
  • Cabang-cabangnya tumbuh rapat;
  • Kulit kayu cemara muda berwarna cokelat-kehijauan, sedangkan yang sudah tua berwarna cokelat gelap.

Tampilannya yang indah membuat pohon cemara dijadikan sebagai hiasan pohon Natal. Akan tetapi, masih ada banyak keutamaannya bagi kehidupan manusia. Baca poin berikutnya, yuk!

1. Manfaat pohon cemara sebagai pencegahan abrasi dan benteng tsunami

Unsplash/Eric TERRADE

Dianugerahi dengan akar-akar yang kuat, pohon cemara dapat dimanfaatkan sebagai pencegah abrasi. Abrasi sendiri berarti terkikisnya area pantai akibat terjangan gelombang dan arus laut.

Kondisi ini tentu sangat merugikan karena pantai akan menyusut sehingga ikan-ikan tidak lagi berkumpul di dekat pantai. Di samping itu, pohon cemara juga memiliki batang yang kokoh sehingga tidak mudah roboh meskipun diterjang angin kencang.

Keistimewaan ini juga membuat pohon tersebut cocok dijadikan sebagai benteng tsunami. Jadi bukan hanya tumbuhan bakau saja, pohon cemara juga cocok di tanam di pesisir pantai.

2. Manfaat pohon cemara sebagai penyubur tanah

Freepik/Rawpixel.com

Manfaat pohon cemara bagi kehidupan manusia selanjutnya adalah sebagai penyubur tanah. Memang tidak mudah rontoh, namun dedaunan dari pohon cemara akan sewaktu-waktu meluruh.

Daun yang gugur akan jatuh ke tanah dan menjadi humus yang dapat menggemburkan tanah. Tentu saja, para petani yang hendak menggarap lahan akan sangat diuntungkan dengan tanah yang subur lantaran dedaunan dari pohon cemara.

Bukan hanya menyuburkan tanah, laman IDN Times juga menyebutkan bahwa petani palawija secara terkhusus diuntungkan oleh kehadiran tumbuhan konifer tersebut. Ketahanannya terhadap hujan lebat dan angin kencang dapat melindungi tumbuhan di sekitarnya. Alhasil, tanaman milik para petani tetap dapat hidup dan malah tumbuh subur.

3. Aneka pemanfaatan kayu pohon cemara

Unsplash/Duy Hoang

Batangnya yang kokoh tentu tidak mengherankan jika dipergunakan sebagai bahan bangunan. Namun di Indonesia sendiri, kayu pohon cemara lebih sering disulap menjadi berbagai macam perabot, lantai kayu, kabinet, ataupun kerajinan. 

Pengolahan kertas juga sering memanfaatkan kayu pohon cemara. Hal ini karena serat kayunya yang panjang mampu menghasilkan kertas yang kuat. Selain itu, bahan standar pembuatan papan suara untuk gitar, biola, cello, dan lainnya, memerlukan pohon cemara.

Sebagai informasi juga nih, Ma, pesawat pertama yang diciptakan oleh Wright Bersaudara, yaitu Flyer, ternyata dibuat dari kayu pohon cemara, lho. Keren!

4. Pohon cemara sebagai dekorasi rumah

Unsplash/Arun Kuchibhotla

Manfaat pohon cemara bagi kehidupan manusia selanjutnya adalah sebagai dekorasi rumah. Salah satu yang paling populer adalah sebagai hiasan pohon Natal. Memang, banyak orang yang sudah menggantikannya menjadi yang sintetis dengan alasan supaya awet.

Namun nyatanya, daun, tangkai, hingga runjungnya juga bisa diubah menjadi hiasan rumah, lho. Bahan-bahan tadi diubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi dan pastinya bernilai jual.

5. Manfaat pohon cemara bagi kesehatan manusia

Pexels/cottonbro

Berbicara soal manfaat pohon cemara bagi kehidupan manusia, tidak lengkap kalau tidak membahas keutamaannya bagi kesehatan manusia. Faktanya, pohon berdaun jarum tersebut memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. 

Sebagai contoh, akan pohon cemara telah lama digunakan sebagai obat cacing untuk anak-anak. Kemudian, minyak atsirinya yang menyegarkan memiliki efek baik bagi kesehatan, terutama bagi orang yang sedang batuk, sinus, dan bronkitis.

Adapun manfaat pohon cemara lainnya bagi kesehatan manusia adalah:

  • Aromanya dapat meredakan stres;
  • Mengandung vitamin C yang nggak kalah tinggi seperti jeruk dan jambu;
  • Dapat membuat kulit cerah dan senantiasa awet muda;
  • Kambium dari batangnya dapat ditambah sebagai bumbu pelengkap masakan. 

Mama sudah baca ulasan mengenai manfaat pohon cemara bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, ya!

Baca juga:

The Latest