TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kasus Covid-19 Terus Naik dalam 2 Minggu Terakhir

Kasus positif Covid-19 telah naik secara drastis dalam dua minggu terakhir

Pexels/Cotton Bro

Kasus positif Covid-19 di Indonesia mulai terjadi kenaikan dalam waktu dua minggu terakhir. Hal itu disampaikan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.  

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama dua minggu. Kenaikan tersebut dari angka 1.200 kasus dan kini menjadi 1.400 kasus positif. Pada minggu terakhir bahkan terjadi kenaikan lebih dari dua kali lipat atau mencapai 3.000 dari minggu sebelumnya.  

“Saat ini, kasus positif di Indonesia telah meningkat selama dua minggu berturut-turut,” ujar Wiku dalam Konferensi Pers untuk Penanganan Covid-19 secara daring.  

Menurut Wiku, kondisi seperti ini harus diantisipasi lebih lanjut lagi, karena kenaikan pasca-libur Natal dan Tahun Baru masih dapat terjadi pada minggu yang akan datang setelah melihat jumlah kasus yang terus mengalami kenaikan. Apalagi ketika melihat kasus positif dibandingkan dengan jumlah kasus sembuh dalam seminggu terakhir.  

Kali ini Popmama.com akan menjabarkan dengan jelas tentang kasus Covid-19 yang terus naik dalam dua minggu terakhir. Yuk kita simak! 

1. Kasus sembuh dari Covid-19 jauh lebih rendah daripada kasus positif yang terus meningkat

Unsplash/mufidpwt

Wiku mengatakan bahwa sangat terlihat jelas kasus positif jauh lebih banyak daripada kasus sembuh dari Covid-19. Seperti pada tanggal 6 Januari 2022, kasus positif sehari bisa mencapai 553 kasus, tetapi angka kesembuhan hanya mencapai 209 kasus.  

“Padahal data dalam tiga minggu sebelumnya, meskipun menunjukan tren yang fluktuatif, penambahan kesembuhan pada umumnya lebih tinggi daripada kasus positif. Hal ini tentunya menjadi catatan kita bersama,” ujar Wiku.  

Pemerintah membutuhkan investigasi serta analisis yang mendalam dan berkaitan dengan proporsi varian-varian yang saat ini sedang beredar di masyarakat dalam menangani kondisi tersebut.  

2. Pemerintah sangat penting perannya untuk menekan kasus Covid-19

IDN Times

Wiku telah menjabarkan berbagai data dan pengetahuan yang berhubungan dengan karakteristik penularan, gejala klinis, lama perawatan serta risiko kematian dari Covid-19 yang beredar menjadi sangat penting sebagai basis perumusan sebuah kebijakan yang akan diambil nantinya.  

Tetapi, perlu dukungan lebih dengan ketersediaan data yang valid dan kredibel secara real time presentatif dalam menganalisis berbagai aspek itu. Hal itu dapat diupayakan oleh setiap fasilitas kesehatan saat melaporkan perkembangan kasus yang terjadi.  

Menurutnya, diperlukan juga sebuah peran dari pemerintah daerah dalam menganalisis dan memantau kondisi kasus di daerahnya agar kenaikan kasus dari transmisi komunitas dapat segera teridentifikasi, tercatat serta tertangani tanpa harus meluas lebih lanjut. 

3. Kenaikkan kasus positif terbanyak masih dikarenakan oleh para pelaku perjalanan luar negeri

Freepik

Wiku mengatakan bahwa kenaikan positif masih banyak terjadi akibat perjalanan luar negeri. Jadi, pemerintah harus memastikan karantina dijalankan secara ketat agar kasus dapat terlacak hingga selesai.  

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondisi yang masih bisa terkendali dengan menunda perjalanan ke luar negeri jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Apalagi dengan adanya varian terbaru Covid-19, Omicron yang mulai banyak ditemukan dan adanya transmisi lokal.  

Itu dia Ma, beberapa penjelasan lebih lanjut terkait dengan kasus positif Covid-19 yang naik dalam dua minggu terakhir. Tetap jaga kesehatan dan protokol kesehatannya ya, Ma! 

Baca juga: 

The Latest