Tragis, Balita 13 Bulan Jadi Korban Covid-19 Termuda di Australia

Dakota Nenke meninggal dalam tidurnya akibat terpapar Covid-19

7 Januari 2022

Tragis, Balita 13 Bulan Jadi Korban Covid-19 Termuda Australia
dailymail.co.uk

Pandemi virus corona terus memengaruhi masyarakat di seluruh dunia, termasuk bayi dan anak-anak.

Hingga saat ini, beberapa negara mengalami lonjakan infeksi Covid-19. Salah satunya Australia yang peningkatan hingga 572 persen selama dua minggu, dengan rata-rata lebih dari 25.000 kasus baru per hari.

Angka kematian juga meningkat 56 persen selama dua minggu, dengan rata-rata sembilan kematian terkait Covid-19 per harinya.

Lonjakan kasus Covid-19 ini juga menyerang balita berusia 13 bulan yang telah meninggal akibat virus corona, yang juga dicatat sebagai penduduk Australia termuda yang meninggal karena Covid-19.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Dakota mengembuskan napas terakhirnya pada saat tertidur

1. Dakota mengembuskan napas terakhir saat tertidur
dailymail.co.uk

Ryan Nenke (29) dan Karly Conry (27) baru saja kehilangan anak perempuannya yang berusia 13 bulan, bernama Dakota Nenke. Hingga kini, Dakota juga dicatat sebagai penduduk Australia termuda yang meninggal akibat Covid-19.

Penyebab kematian Dakota masih belum diketahui, tetapi balita tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah meninggal. 

Pada 27 Desember 2021, Nenke dan Conry menidurkan Dakota di rumahnya yang terletak di North Haven, Adelaide, namun mereka bahkan tak mengetahui bahwa anak bungsunya tersebut telah tertular virus corona. 

Diketahui bahwa Dakota menghembuskan napas terakhirnya pada saat tertidur. Dilansir dari Daily Mail, saat meninggal, 'malaikat kecil' mereka dan saudara kembarnya, baru saja mulai berjalan.

2. Suhu tubuh Dakota sempat panas dan juga diberikan obat dua kali

2. Suhu tubuh Dakota sempat panas juga diberikan obat dua kali
Freepik

Sang Papa menceritakan kepada Daily Mail Australia bagaimana kronologi Dakota sebelum meninggal keesokan harinya. Dikatakan bahwa suhu tubuh Dakota sempat lebih panas dari biasanya, tetapi tidak ada 'yang luar biasa'.

"Kami memberinya Panadol dua kali hari itu, dia tidur siang seperti biasa dan bermain dengan saudara-saudaranya di sore hari dan pergi tidur," ujar Nenke pada wawancaranya bersama Daily Mail.

Pada tanggal 28 Desember 2021, orangtua dari empat orang anak tersebut jadi terkejut ketika dokter memberi tahu bahwa Dakota dinyatakan positif Covid. Hal ini karena Dakota tidak memiliki kondisi yang mendasarinya, dan penyebab kematiannya masih belum ditentukan.

Editors' Picks

3. Seluruh anggota keluarga Nenke kemudian dinyatakan positif Covid-19

3. Seluruh anggota keluarga Nenke kemudian dinyatakan positif Covid-19
dailymail.co.uk

Sejak itu juga, seluruh anggota keluarga dinyatakan positif Covid-19. Ryan Nenke menambahkan bahwa anggota keluarganya tersebut telah melakukan vaksinasi.

Ia dan sang istri, Conry sangat mengkhawatirkan bagaimana keadaan saudara kembar Dakota, yang bernama Hallie. Hallie bahkan menghabiskan satu hari bersamanya di rumah sakit, setelah kematian tragis saudara perempuannya. Namun saat ini, Hallie telah pulih sepenuhnya.

"Dia kembali ke dirinya sendiri sekarang, dan kami semua baik-baik saja," ujar Nenke.

4. Dakota diingat sebagai gadis kecil yang bahagia dengan kepribadian ceria

4. Dakota diingat sebagai gadis kecil bahagia kepribadian ceria
dailymail.co.uk

Sang Papa juga mengingat Dakota sebagai gadis kecil 'bahagia' dengan 'kepribadian ceria'.

"Dakota baru saja mulai berjalan. Ia sangat mencintai kakak laki-lakinya Kaylan, kakak perempuan Ella, dan saudara kembarnya Hallie." ujarnya.

Meskipun mengalami kehilangan anak balita perempuannya, Nenke juga berterima kasih kepada keluarga dan teman-teman karena telah menghampiri dan menghibur mereka dengan membawa makanan, mainan, dan kegiatan untuk membuat mereka jadi lebih terhibur.

5. Mendapatkan bantuan donasi serta pesan penghiburan dari keluarga dan teman

5. Mendapatkan bantuan donasi serta pesan penghiburan dari keluarga teman
Freepik/jannoon028

Brooke Page, seorang teman dari keluarga, membuka donasi dari Go Fund Me untuk memastikan Nenke dan Conry tak perlu khawatir tentang uang saat mereka berduka. Beberapa orang yang mengirim donasi juga menyematkan pesan untuk keluarga Nenke.

"Mereka yang mengenal Karly dan Ryan tahu bahwa anak-anak mereka adalah hidup mereka dan mereka selalu menjadi orangtua yang sabar, penuh kasih, perhatian, dan mengagumkan,"

"Kesayangan mereka yang berusia 13 bulan kini memiliki sayap dan pergi ke surga.

"Kehancuran yang mereka rasakan tak tertahankan."

"Dakota akan selalu ada di hati kita dan selamanya dirindukan. Dia sekarang dirawat oleh malaikat kita yang lain."

"Hatiku hancur."

"Kami sangat menyesal mendengar tentang Dakota kecil tersayangmu, kesedihan yang tak terbayangkan, kami memikirkan kalian semua dan mengirimkan cinta."

"Kami ingin mengumpulkan sejumlah uang untuk membuat keluarga ini merasa nyaman dengan tidak langsung kembali bekerja, memberi mereka waktu untuk berduka atas kehilangan yang tiba-tiba, membantu mereka dengan biaya hidup dan menghabiskan waktu bersama anak-anak dan orang-orang tersayang." tulis Page dalam laman Go Fund Me.

6. Australia mengalami lonjakan infeksi Covid-19, dengan rata-rata lebih dari 25.000 kasus baru per hari

6. Australia mengalami lonjakan infeksi Covid-19, rata-rata lebih dari 25.000 kasus baru per hari
Freepik/Prostooleh

Dilansir dari New York Times, Australia saat ini mengalami lonjakan infeksi Covid-19, dengan rata-rata lebih dari 25.000 kasus baru per hari. Ini menjadi peningkatan 572 persen selama dua minggu terakhir.

Wilayah tempat Dakota Nenke tinggal, adalah wilayah yang terkena dampak terburuk kedua di negara itu, dengan 122 kasus per 100.000 orang. Ini setara dengan rata-rata harian lebih dari 2.000 infeksi Covid-19 per hari.

Daerah yang terkena dampak terburuk di Australia saat ini adalah New South Wales dengan lebih dari 15.000 infeksi Covid-19 per hari, setara dengan 187 kasus per 100.000 orang

Kematian juga meningkat di Australia dengan rata-rata sembilan kematian, yang meningkat 56 persen selama dua minggu terakhir.

Sebelum kematian Dakota, penduduk Australia termuda yang diketahui meninggal karena virus corona adalah anak berusia 10 tahun dari Victoria pada bulan November 2021.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.