Tak Kebagian Tempat Tidur, Putri Titian Buat Ilustrasi Kocak

Ada yang memiliki nasib serupa dengan Putri Titian?

23 April 2019

Tak Kebagian Tempat Tidur, Putri Titian Buat Ilustrasi Kocak
Instagram.com/putrititian

Putri Titian dan Junior Liem resmi menjadi orangtua dengan dua anak tepat di tanggal 15 Maret 2019 lalu. Pada tanggal tersebut, anak laki-laki bernama Mykah Iago Liem memberikan kebahagiaan baru untuk keluarga mereka. 

Kini keseharian dari Mama dua anak ini harus adil dalam mengurus Iori dan Iago agar bisa merasakan kasih sayang orangtuanya. 

Jika sebelumnya Putri Titian selalu berbagi cerita mengenai masa-masa kehamilan, kini kehadiran Iago juga membawakan cerita baru. Belum lama ini dirinya mengunggah beberapa foto di InstaStory yang menggambarkan dilema untuk sebagian para Mama ketika sudah memiliki anak. 

Tak Kebagian Tempat Tidur, Putri Titian Buat Ilustrasi Kocak
Instagram.com/putrititian

Melalui foto unggahannya, Putri Titian berinteraksi bersama para followers Instagram pribadinya dengan memberikan pertanyaan bertuliskan “di manakah momom berada?”

Pertanyaan yang dibuat oleh Putri Titian ini seakan-akan menggambarkan situasi ketika dirinya hampir tidak mendapatkan tempat untuk tidur karena dipenuhi oleh ketiga kesayangannya. 

Selain itu, dirinya juga membuat sebuah gambaran posisi tidur dari Iori, Iago, dan sang Suami seolah ingin memperjelas situasi yang terjadi di atas tempat tidur. Perempuan kelahiran Palembang ini pun memberikan opsi kepada followersnya untuk sekadar bisa membayangkan atau menjawab pertanyaannya seperti:

  • Posisi di bawah kaki dan Putri Titian harus waspada ketendang sepanjang malam.
  • Posisi menempel di dinding dan harus membuatnya harus sigap saat ada nyamuk yang mendekat.
  • Posisi berpura-pura menjadi guling agar bisa dipeluk oleh suaminya sepanjang malam.
  • Posisi di bawah kasur karena memang dirinya tidak kebagian tempat untuk tidur.

Keempat opsi ilustrasi yang digambarkan oleh Putri Titian membuat sebagian warganet memberikan komentarnya. Untuk Mama yang mengalami kejadian serupa kira-kira bagaimana nih dengan ilustrasi buatan dari Putri Titian, apakah cukup mewakili?

Terkait ilustrasi di atas, perlu sekali memastikan keamanan bayi ketika harus tidur dalam satu ranjang. Kali ini Popmama.com memberikan beberapa tips sederhana yang aman untuk diterapkan saat harus tidur satu ranjang dengan bayi.

Wajib dibaca ya, Ma! 

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat
sheknows.com

Sebelum berkeinginan untuk tidur satu ranjang dengan bayi pastikan kalau tubuh dalam keadaan yang sehat. Dilansir dari KidsHealth, usahakan untuk tidak tidur bersama ketika kondisi fisik sedang menurun seperti sedang flu, batuk, demam atau berbagai penyakit yang bisa menular. 

Jika sedang dalam kondisi sakit, maka tidur pun menjadi tidak nyenyak sehingga mengganggu tidur bayi. Tak hanya itu, bayi juga akan memungkinkan tertular penyakit dari orangtuanya. 

Lalu perhatikan juga kesehatan si Kecil dengan beberapa langkah ketika ingin tidur dengannya seperti: 

  • Berusahalah untuk tidak tidur bersama ketika berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang. Pada kondisi ini tanpa disadari dapat menurunkan kesadaran, sehingga bisa berdampak saat bayi sedang tidur. 
  • Jika termasuk perokok aktif, berusahalah untuk mengganti pakaian sebelum tidur dengan si Kecil. 
  • Berusahalah untuk melepas semua aksesori seperti perhiasan ketika tidur bersama bayi. Jika masih dipakai dapat memungkinkan anak mama terkena benda-benda yang tidak diinginkan. 

Banyak yang perlu diperhatikan nih!

Baca juga: Simak, 17 Lagu Pengantar Tidur Anak

Editors' Picks

2. Posisi tidur bayi harus aman

2. Posisi tidur bayi harus aman
Pixabay/smpratt90

Posisi tidur bukanlah hal yang sepele ya, Ma. Perlu disadari bahwa posisi tidur yang salah justru dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi karena harus terhalang jalan napasnya. 

Mama perlu memastikan kalau posisi telentang lebih baik, sehingga membantunya lebih bebas bernapas. Selain itu, siapapun yang akan tidur seranjang dengan si Kecil pastikan untuk menggunakan posisi seperti huruf C di samping bayi tertidur. 

Posisi ini bisa membantu agar si Kecil tetap terjaga ketika sedang tidur.  

Selain itu, Mama juga perlu memerhatikan berat badan yang akan tidur satu ranjang dengan si Kecil. Perlu diperhatikan kalau seseorang yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya harus berhati-hati sekali saat tidur bersama bayi. Banyak sekali kasus seorang bayi harus kehilangan nyawa karena tertiban oleh badan orangtuanya sendiri ketika harus tidur seranjang. 

Ada baiknya memang menempatkan bayi untuk tidur sendiri untuk meminimalisir segala kejadian buruk ya, Ma. 

Baca juga: Waspada SIDS, Sindrom Kematian Mendadak Pada Bayi Ini Paling Ditakuti!

3. Tempat ruang tidur harus dalam keadaan aman dan nyaman 

3. Tempat ruang tidur harus dalam keadaan aman nyaman 
rawpixel.com/McKinsey
Mitos fakta posisi tidur bayi

Ma, perlu diketahui bahwa bayi baru lahir perlu dijauhkan dari bantal, selimut atau benda-benda lainnya yang ada di atas tempat tidur. Terlalu banyaknya benda di sekeliling si Kecil dapat dikhawatirkan dapat menutup jalan napas. 

Jika ingin memberikan selimut sebagai penghangat, cobalah untuk memilih bahan selimut yang ringan dan usahakan tidak sampai menutupi kepala bayi. Selain itu, Mama perlu memakaikan pakaian tidur yang aman dan disesuaikan dengan suhu. 

Saat cuaca sedang dingin, Mama bisa memakaikan pakaian berlapis agar memberikan kehangatan untuk tubuhnya. Namun, jika cuacanya sedang sangat panas pastikan untuk menggunakan pakaian tipis saja agar si Kecil tidak terlalu berkeringat dan kurang nyaman. 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Mama terapkan ketika ingin tidur satu ranjang dengan si Kecil. 

Semoga bisa membantu ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!