Oki Setiana Dewi Menangis Dengar Anak Masuk NICU karena Gangguan Napas

Langsung dipisah setelah lahir, anak Oki masuk NICU karena Transient Tachypnea of Newborn (TTN)

18 November 2020

Oki Setiana Dewi Menangis Dengar Anak Masuk NICU karena Gangguan Napas
Instagram.com/okisetianadewi/

Melahirkan anak tentu jadi momen membahagiakan bagi orangtua. Hal itu juga yang dirasakan oleh Oki Setiana Dewi ketika melahirkan anak keempatnya, Sulaiman Ali Abdullah. Namun, sayangnya si Kecil harus langsung dilarikan ke NICU (Neonatal Intensive Care Unit) karena mengalami gangguan napas.

Hal ini diceritakan Oki di Instagramnya sesaat setelah melahirkan anaknya Senin (16/11/2020) pagi. Oki baru memberitahukan kabar tersebut pada Senin malamnya. Dengan proses operasi caesar, Oki tak mendengar suara tangisan Sulaiman kala itu.

“Hanya saja.. saya tak mendengar lengkingan tangisan saat @sulaimanaliabdullah keluar kecuali sedikit saja. Tak seperti kakak-kakaknya,” jelas Oki.

Selanjutnya, Oki dan Sulaiman terpaksa harus berpisah sejenak karena anaknya harus dirawat di NICU dan dilakukan observasi. Rupanya Sulaiman mengalami gangguan napas yang sering diderita oleh bayi baru lahir akibat tidak bisa menyesuaikan dengan dunia luar.

Apa gangguan napas yang diderita oleh anak Oki Setiana Dewi? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Anak keempat Oki mengalami gangguan napas bayi baru lahir

1. Anak keempat Oki mengalami gangguan napas bayi baru lahir
Instagram.com/okisetianadewi/

Oki Setiana Dewi menceritakan ketika proses persalinan berlangsung secara caesar ia tak mendengar tangisan Sulaiman ketika lahir. Ia berniat melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) kepada bayinya. Namun, sang Bayi harus langsung dibawa ke NICU.

“Sulaiman langsung dipisahkan dari saya, untuk dibersihkan, diobservasi oleh dokter anak, dan beberapa menit kemudian.. saya diinfokan saya tak bisa melakukan IMD, karena Sulaiman harus dibawa ke NICU karena ada masalah dalam adaptasi pernapasan,” jelas Oki.

Editors' Picks

2. Oki menangis saat diberitahu anaknya alami Transient Tachypnea of Newborn

2. Oki menangis saat diberitahu anak alami Transient Tachypnea of Newborn
Instagram.com/okisetianadewi/

Kemudian, Mama empat anak ini pun diberitahu jika anak keempatnya, Sulaiman Ali Abdullah mengalami TTN (Transient Tachypnea of Newborn). Seketika itu, Oki Setiana Dewi langsung menangis mendengar kabar ini.

”Maka luruhlah airmata saya saat berada di ruang pemulihan. Saya diinfokan mungkin sehari atau lebih, Sulaiman berada di NICU karena Transient Tachypnea of Newborn (TTN),” jelas Oki.

TTN adalah kondisi masalah napas yang dialami oleh bayi baru lahir. Hal ini terjadi karena bayi tersebut memiliki kelebihan cairan di paru-paru yang dapat menyebabkannya tidak bisa bernapas dengan baik.

Kondisi ini biasanya menyebabkan tingkat napas lebih cepat (tachypnea) untuk bayi. Meskipun gejalanya mungkin membuat Mama khawatir, tapi hanya sedikit kasus dari TTN yang bisa berbahaya bagi bayi. Kondisi ini biasanya menghilang dalam satu hingga tiga hari setelah lahir.

3. Sulaiman masih harus diobservasi oleh beberapa dokter

3. Sulaiman masih harus diobservasi oleh beberapa dokter
Instagram.com/bukaan.moment/

Hingga saat ini, Rabu (18/11/2020) keadaan Sulaiman sudah mulai membaik. Meski begitu kondisi anak laki-laki Oki dan Ory Vitrio ini masih terus dipantau oleh beberapa dokter anak. Oki menyampaikan perlu ada pemeriksaan lanjutan terkait kondisi anaknya.

“TTN-nya sudah membaik, namun ternyata harus ada pemeriksaan lanjutan. Kemarin dokter anak mendatangi saya dan menyampaikan bahwa Sulaiman harus diobservasi oleh 6 dokter. Sampai hari ini.. selalu berdebar dada ini saat ada dokter yang mengumumkan hasil pemeriksaannya,” tutur Oki.

Mendengar kabar itu, Oki berusaha menahan tangis. Namun, tetap saja air mata mengalir dari mata aktris dalam film Ketika Cinta Bertasbih ini.

“Walaupun tak ingin menangis, nyatanya saya masih terus menangis sementara suami menenangkan dan berkata, Kemarin Allah sudah memberikan begitu banyak kebahagiaan.. kita jalani skenario Allah ini,” ucap Oki.

4. Penyebab dan faktor risiko bayi mengalami TTN

4. Penyebab faktor risiko bayi mengalami TTN
Instagram.com/okisetianadewi/

Dikutip dari Healthline, penyebab pasti TTN pada bayi baru lahir tidak selalu diketahui. Kondisi umumnya karena ketidakmampuan paru-paru bayi yang baru lahir untuk beradaptasi setelah proses persalinan.

Ada beberapa faktor risiko yang mungkin berpengaruh pada kondisi ini, beberapa di antaranya:

  • Bayi prematur karena paru-parunya belum sepenuhnya berkembang
  • Bayi yang lahir melalui persalinan caesar yang tidak mengalami perubahan hormonal sehingga tidak punya waktu untuk menyerap cairan
  • Ibu hamil menderita asma
  • Ibu menderita diabetes
  • Bayi laki-laki yang lahir dengan berat lahir lebih besar

5. Perawatan bayi baru lahir yang mengalami TTN

5. Perawatan bayi baru lahir mengalami TTN
Instagram.com/okisetianadewi/

Ketika bayi mama didiagnosis dengan kondisi TTN, tim dokter dan perawat akan langsung mengambil beberapa tindakan. Perawatan bayi yang mengalami TTN dilakukan dengan pengawasan ketat dan biasanya sang Bayi langsung dipindahkan ke ruang NICU.

Dikutip dari Stanford Children, perawatan yang mungkin dilakukan di antaranya:

  • Bantuan oksigen
  • Tes darah untuk mengukur jumlah oksigen dan karbon dioksida dalam darah
  • Continuous positive airway pressure, untuk menjaga saluran udara kecil di paru-paru tetap terbuka
  • Pemberian cairan infus IV (intravena) untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi dan hidrasi yang cukup
  • Pemberian nutrisi melalui selang jika kecepatan napasnya terlalu tinggi

Itulah tadi informasi mengenai keadaan anak keempat Oki Setiana Dewi dan Ory Vitrio Abdullah. Semoga baby Sulaiman cepat sehat dan bisa berkumpul dengan Mama Oki, Papa Ory Vitrio dan kakak-kakaknya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.