5 Cara Membuat Bayi Bersendawa dan Manfaatnya untuk Kesehatan Si Kecil

Caranya gampang, bisa langsung Mama praktikkan sendiri lho!

30 Agustus 2018

5 Cara Membuat Bayi Bersendawa Manfaat Kesehatan Si Kecil
Pixabay/regina_zulauf

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki orang tua adalah membuat si Kecil bersendawa, Ma. Sebab, bersendawa bisa menyingkirkan sebagian udara yang tertelan bayi saat menyusui.

Seperti dikutip dari parents.com, seorang dokter anak dan blogger, Shalini Forbis, mengatakan gas dalam sistem gastrointestinal, yang berhubungan dengan lambung dan usus, memang seharusnya dikeluarkan dari tubuh, Ma. Salah satu caranya adalah dengan bersendawa.

Bagi orang dewasa, sendawa bisa dianggap kondisi yang lumrah. Sebaliknya, pada bayi, sendawa merupakan hal yang sangat penting, Ma.

Pasalnya, ketika bayi minum susu, gelembung udara dalam air susu akan terbawa ke lambung sehingga bisa menyebabkan kembung.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat bersendawa bagi si Kecil yang sudah Popmama.com rangkum.

1. Mencegah gumoh

1. Mencegah gumoh
Pixabay/GiselaFotografie

Gumoh pada bayi bisa dicegah dengan cara bersendawa, Ma. Bayi yang sering mengalami gumoh sangat mungkin tidak bisa bersendawa sehabis menyusui, Ma.

Selain itu, gumoh juga bisa terjadi ketika tempat untuk menampung susu bayi telah terisi sebagian dengan udara. Akibatnya udara menekan ke atas dan keluar melalui mulut si Kecil, Ma.

2. Mengatasi rewel

2. Mengatasi rewel
Pexels/pixabay

Tidak bisa bersendawa juga dapat menyebabkan si Kecil selalu rewel, Ma. Bahkan yang membingungkan ialah ketika ia rewel setelah kenyang minum susu. Nah, bisa jadi rewel yang terjadi bukan karena bayi masih lapar, melainkan merasa tidak nyaman pada bagian perutnya.

Kemungkinan besar si Kecil belum bersendawa atau kalaupun bersendawa belum sempurna sehingga di dalam perutnya masih ada gas yang terperangkap.

3. Meringankan kolik

3. Meringankan kolik
Pixabay/fancycrave1

Manfaat bersendawa lainnya ialah bisa meringankan bayi ketika sedang mengalami kolik, Ma. Mungkin juga kolik yang terjadi pada si Kecil salah satunya karena penumpukan gas di dalam perutnya.

Adapun teknik membuat bayi bersendawa seperti berikut ini.

Editors' Picks

1. Membaringkan bayi di dada

1. Membaringkan bayi dada
dnevni-list.ba

Teknik ini cocok untuk bayi yang baru lahir dan belum bisa menyangga kepalanya. Mula-mula, baringkan bayi di dada Mama. Posisi dagungnya di pundak Mama. Lalu sangga kepala dan pundak si Kecil dengan tangan Mama. Kemudian, usap-usap punggung bayi dengan lembut.

Jika di rumah ada kursi goyang, Mama bisa memanfaatkannya. Caranya, ikuti cara di atas terlebih dahulu dan duduklah di kursi. Lalu goyangkan secara perlahan-lahan. Teknik ini juga bisa membantu si Kecil lekas bersendawa.

2. Letakkan bayi di pangkuan

2. Letakkan bayi pangkuan
babycenter.com

Teknik kedua ini bisa dilakukan ketika si Kecil sudah bisa posisi duduk. Caranya, topang bagian tubuh bayi dengan tangan Mama. Lalu sangga dadanya menggunakan salah satu telapak tangan Mama dan sangga juga bagian rahang dan dagu si Kecil dengan jari-jari Mama.

Perhatikan juga jangan sampai mencekik leher atau tenggorokan si Kecil. Setelah itu, biarkan ia bersandar di salah satu tangan Mama dan gunakan tangan yang lain untuk mengusap-usap atau menepuk-nepuk perlahan punggungnya.

3. Tengkurap di pangkuan

3. Tengkurap pangkuan
medicalnewstoday.com

Teknik ini caranya juga cukup mudah, Ma. Pertama-tama, tengkurapkan secara melintang si Kecil di pangkuan Mama. Lalu salah satu tangan Mama menyangga dagu dan rahangnya.

Lalu tempatkan kepala si Kecil dengan posisi yang lebih tinggi dari tubuhnya. Kemudian, usap-usap atau tepuk-tepuk perlahan punggungnya dengan tangan Mama yang lain.

4. Letakkan bayi di bahu

4. Letakkan bayi bahu
babycenter.com

Jika bayi sudah cukup besar dan bisa menopang sendiri kepalanya, Mama bisa menggunakan cara ini. Mula-mula gendong bayi dengan membelakangi Mama. Letakkan si Kecil di bahu Mama dan biarkan perutnya agak tertekan.

Setelah itu, dalam waktu bersamaan pengangi si Kecil dengan satu tangan Mama dan tangan yang lain menepuk-nepuk perlahan punggungnya. Jangan lupa perhatikan juga ia bisa bernapas dengan nyaman.

5. Memijat perutnya

5. Memijat perutnya
babiesfirstfitness.com

Jika cara di atas tidak berhasil membuat si Kecil bersendawa, ada kemungkinan ia tidak ingin bersendawa. Tapi lihat dulu, Ma, jika ia merasakan sesuatu yang tidak nyaman, cobalah untuk mengganti posisi atau teknik sendawa yang sebelumnya.

Namun, jika mengganti posisi belum berhasil juga, Mama bisa menerapkan cara lain agar si Kecil bersendawa, yaitu dengan memandikannya dengan air hangat sembari memijat perutnya dengan lembut untuk membantu mengeluarkan udara dari perutnya.

Seiring dengan perkembangan dan bertambahnya usia, yakni 4-6 bulan, si Kecil akan bisa bersendawa dengan sendirinya. Untuk itu, di usia empat bulan ke bawah, ia tentunya masih membutuhkan pertolongan Mama agar bisa bersendawa.

Baca juga: Begini Ma, cara meredakan kembung perut bayi mama

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.