8 Asupan Bergizi Untuk Kecerdasan Otak Si Kecil!

Bahan makanan super untuk menunjang perkembangan kecerdasan otak bayi delapan bulan

24 Juni 2021

8 Asupan Bergizi Kecerdasan Otak Si Kecil
Freepik

Menginjak usia delapan bulan, si Kecil sudah mulai beradaptasi dengan berbagai jenis tekstur dan rasa pada makanannya. Berdasarkan rekomendasi UNICEF, bayi pada usia ini disarankan untuk mendapat asupan setengah gelas makanan lembut 2-3x dalam sehari dan satu camilan sehat setiap harinya.

Semakin banyak dan variatif pilihan makanan si Kecil, Mama tentu harus lebih selektif lagi dalam memilih asupan yang sehat dan bergizi untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Tidak perlu khawatir, Mama bisa berkreasi dengan makanan bayi delapan bulan untuk kecerdasan otak ini! Simak selengkapnya dalam artikel Popmama.com berikut ini, yuk!

1. Brokoli

1. Brokoli
Freepik/Racool_studio

Bahan makanan super pertama yang baik bagi kinerja otak bayi delapan bulan adalah brokoli. Kandungan DHA dan anti-oksidan dalam brokoli baik untuk mencegah kanker dan membantu syaraf-saraf otak untuk terhubung dengan baik.

Banyak bayi yang tumbuh tidak menyukai sayuran super satu ini karena tidak dibiasakan untuk mengonsumsi atau memiliki kesan yang buruk saat pertama mengonsumsinya. Untuk itu, Mama harus kreatif dalam mengolah brokoli agar tetap sedap disantap sedini mungkin.

2. Telur

2. Telur
Freepik/azerbaijan_stockers

Ini dia bahan makanan yang akan menjadi sahabat mama dalam menyiapkan menu untuk si Kecil! Selain mudah disukai anak-anak karena lezat, telur juga memiliki nutrisi penting seperti omega 3, asam lemak, zinc, lutein, dan kolin yang dapat meningkatkan daya konsentrasi bayi.

Tidak hanya itu, daya ingat si Kecil juga akan meningkat karena banyaknya produksi asetilkolin atau sel induk memori yang dipicu oleh kandungan zat kolin pada telur. Menarik bukan?

3. Alpukat

3. Alpukat
Pexels/daria

Mama tidak perlu meragukan khasiat buah hijau yang satu ini dalam menunjang kesehatan otak bayi. Kandungan lemak jenuh yang kaya pada alpukat akan melancarkan aliran darah ke otak. Sementara vitamin B kompleksnya yang tinggi akan mengurangi risiko hipertensi pada bayi.

Kandungan penting lain dalam buah ini adalah asam oleat yang berfungsi melindungi mielin, lapisan saraf tubuh yang membantu distribusi informasi secara cepat, bahkan setara kecepatan 200 mil per jam.

Editors' Picks

4. Ikan salmon

4. Ikan salmon
Freepik/Racool_studio

Sudah menjadi rahasia umum, kandungan asam lemak, omega 3, dan DHA pada salmon dikenal ampuh meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Tahukah Mama? Selain aktif dalam membantu pembentukan jaringan otak dan menjembatani komunikasi antar sel otak, kandungan vitamin D dalam ikan salmon dapat membantu meningkatkan kemampuan si Kecil mengelola stress, lho.  

5. Yoghurt

5. Yoghurt
Freepik/nensuria

Untuk camilan bayi usia delapan bulan, Mama bisa mulai berkreasi sehat dengan yoghurt.

Selain efektif menjaga fleksibilitas membran sel otak yang memudahkan pertukaran informasi dari dan menuju otak, kandungan vitamin B kompleks dalam yoghurt penting untuk pertumbuhan jaringan otak & saraf bayi.

6. Buah beri

6. Buah beri
Freepik/topntp26

Ingin memasukan buah dalam menu si Kecil? Yuk, coba beri-berian yang kaya akan antioksidan dan vitamin C! Kandungan sehat buah beri dapat mencegah stres pada otak dan meningkatkan daya ingat bayi.

7. Sayur tinggi antioksidan

7. Sayur tinggi antioksidan
Freepik/racool-studio

Alternatif lain untuk sumber antioksidan adalah sayur-sayuran seperti ubi, labu, wortel, kale, dan bayam. Selain baik untuk menjaga kesehatan sel otak karena antioksidannya yang berlimpah, sayur-sayuran, terutama sayuran hijau, kaya akan folat yang bagus untuk daya ingat si Kecil.

8. Gandum

8. Gandum
Freepik/jcomp

Selain nasi, Mama bisa mulai memberi gandum sebagai sumber energi sekaligus penunjang kesehatan otak bayi.

Gandum utuh memiliki folat yang penting bagi kinerja otak dan bersifat perlahan dalam melepaskan kandungan glukosa dalam darah sehingga si Kecil akan lebih awas dan fokus menjalani hari.

Itu dia delapan bahan makanan bayi delapan bulan untuk kecerdasan otak. Jangan lupa untuk mengolah bahan-bahan ini dengan kreatif agar si Kecil menyukainya ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.