5 Cara Mencegah Bayi Mengigit Puting Payudara Saat Disusui

Ternyata ada cara mencegah bayi menggigit puting payudara saat menyusu, Ma!

25 Agustus 2018

5 Cara Mencegah Bayi Mengigit Puting Payudara Saat Disusui
Freepik

Puting mengalami lecet akibat digigit si Kecil merupakan bagian dari tahap menyusui. Ya, sebagian dari Mama tentu pernah merasa ngilu dan nyeri saat si Kecil menggigit puting payudara Mama.

Mama yang mengalami hal ini harus tahu, respon menggigit puting yang dilakukan si Kecil tak jarang menjadi pertanda giginya sedang tumbuh.

Atau bisa juga meminta perhatian karena Mama asik menyusui sambil bermain gadget, menonton atau berbincang dengan orang lain.

Nah, agar si Kecil tak menggigit puting payudara saat menyusu, berikut beberapa cara meminimalisir bayi menggigit puting payudara Mama:

1. Susui pada posisi yang benar

1. Susui posisi benar
Freepik/Yanalya

Menyusui bayi dengan posisi yang benar rupanya menjadi salah satu cara mencegah bayi menggigit puting payudara.

Jika Mama menyusui bayi dalam posisi duduk, letakkan si Kecil dengan posisi kepala lebih tinggi daripada tubuhnya. Sangga bagian kepala dengan bantal ataupun tangan hingga posisi bayi benar-benar merasa nyaman.

Agar proses menyusui berjalan dengan baik, pastikan pula perlekatan antara mulut si Kecil dengan puting payudara menempel dengan sempurna.

Editors' Picks

2. Berikan perhatian

2. Berikan perhatian
Unsplash/Kyle Nieber

Seperti yang dibilang tadi Ma, penyebab bayi menggigit puting payudara salah satunya adalah karena kurangnya perhatian.

Jadi fokuskan perhatian Mama kepada si Kecil saat sedang menyusui. Dengan memperhatikannya pula, Mama jadi tahu kebiasaan-kebiasaan si Kecil saat menyusu termasuk dalam hal menggigit payudara saat proses menyusui dilakukan.

3. Menyusui di tempat yang tenang dan nyaman

3. Menyusui tempat tenang nyaman
Pixabay/Badarsk

Saat menyusui, Mama disarankan untuk memilih tempat yang tenang dan nyaman. Alasannya agar si Kecil dapat konsentrasi dalam menyusu dan tidak menggigit puting payudara.

Saat Mama menyusui di tempat yang ramai, ada kemungkinan si Kecil akan menoleh ke sumber suara yang menarik perhatiannya. Saat menoleh mencari sumber suara inilah ia dapat menggigit puting payudara karena tidak melepaskan mulutnya dari puting payudara.

4. Simak kebiasaannya

4. Simak kebiasaannya
tesco-baby.com

Biasanya si kecil akan mulai menggigit puting payudara ketika proses menyusui sudah hampir selesai.

Jadi Mama bisa mulai menarik perlahan puting payudara begitu melihat sedotannya mulai melemah dan terlihat puas. Jadi lagi-lagi, perhatikan kebiasaan si Kecil dengan seksama deh Ma.

4. Ajak bicara

4. Ajak bicara
Pixabay/Igrodela

Saat si Kecil mulai mengigit puting susu, berikan respon ketidaknyamanan Mama secara halus. Tatap matanya dan bicara kepadanya untuk tidak mengigit puting payudara Mama.

Bayi mungkin tidak langsung mengerti apa yang Mama maksud, namun jika Mama melakukan hal tersebut setiap bayi mulai menggigit puting payudara, secara perlahan ia akan mengerti.

Ajak bicara secara lembut ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.