Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Bayi

Rasanya tidak tega jika bayi tersiksa karena radang tenggorokan yang dideritanya ya, Ma

31 Mei 2019

Penyebab Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Bayi
Freepik/user6014584

Radang tenggorokan merupakan infeksi yang lazim menyerang bayi dan anak-anak. Bagi orang dewasa, radang tenggorokan ini menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit saat menelan hingga demam. Apalagi jika rasa sakit ini diderita bayi yang masih belum dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya. Tentu tidak tega melihatnya ya, Ma.

Umumnya infeksi yang disebabkan oleh virus ini akan masuk ke dalam tubuh dan berkembang hingga memunculkan gejalanya. Radang tenggorokan yang terjadi karena virus, secara umum disebabkan karena virus influenza, adenovirus, dan virus herpes. Selain itu, meski jarang, tetapi sebanyak 15 hingga 30 persen kasus radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri Streprococcus dan Corynebacterium diphtheriae.

Editors' Picks

Mengenali Gejala Radang Tenggorokan pada Bayi

Mengenali Gejala Radang Tenggorokan Bayi
newkidscenter.com

Dilansir dari raisingchildren.net.au, radang tenggorokan pada bayi umumnya terjadi selama 3-4 hari. Kondisi ini dapat dikenali dengan memperhatikan gejalanya, antara lain:

  • Batuk yang disertai lendir,
  • pilek,
  • suara serak,
  • sakit telinga,
  • amandel memerah yang terlihat saat bayi membuka mulut,
  • demam,
  • muntah yang disertai dengan kesulitan menelan serta leher tampak membengkak.

Secara umum bayi yang terkena radang tenggorokan akan kehilangan selera makan serta cenderung rewel karena ketidaknyamanan yang dialaminya. 

Dengan memperhatikan tanda yang ada, yang perlu Mama waspadai saat kondisi anak sudah menunjukkan gejala yang lebih berat seperti kesulitan bernapas dan menelan, mengeluarkan air liur berlebihan, lehernya tampak kaku dan bengkak, serta mengalami demam tanpa alasan. Jika hal ini terjadi, segera bawa ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat sebelum kondisinya semakin parah. 
 

Mengatasi Radang Tenggorokan pada Bayi

Mengatasi Radang Tenggorokan Bayi
Freepik/Zilvergolf

Mengatasi radang tenggorokan atau yang dikenal dengan nama medis faringitis ini, sebenarnya bergantung pada penyebabnya. Sebagai informasi, radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus sebenarnya tidak dapat diobati, melainkan hanya dapat mengatasi gejalanya. Misalnya, dengan memberikan tetes hidung untuk meredakan mampet. Obat pereda demam juga biasanya diresepkan dokter untuk meredakan demam dan membuat badan bayi lebih nyaman. 

Saat bayi terkena radang tenggorokan, usahakan untuk memberikan cairan yang cukup, terutama ASI. Tindakan ini penting untuk meringankan iritasi pada tenggorokannya. Ingat, untuk bayi di bawah usia empat tahun, jangan pernah mencoba memberikan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.