7 Rekomendasi Bedak dan Gel Anti Gatal Untuk Bayi

Jangan biarkan bayi mama terganggu dengan rasa gatal, segera atasi dengan produk-produk ini

3 April 2019

7 Rekomendasi Bedak Gel Anti Gatal Bayi
Flickr.com/aukirk

Kulit gatal adalah keluhan yang umum terjadi pada anak-anak. Parahnya, seringkali gatal yang timbul tidak saja menimbulkan rasa kurang nyaman tetapi juga dapat menimbulkan ruam yang sangat mengganggu sehingga membuat anak merasa sengsara sepanjang hari dan tidak bisa tidur di malam hari. 

Untungnya, saat ini ada beberapa produk perawatan umum yang dapat memberikan bantuan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit anak yang dapat diperoleh secara bebas di pasaran. Apa saja itu? Berikut ini 7 rekomendasi dari Popmama.com, Ma. 

1. Bambi Baby Prickly Powder

1. Bambi Baby Prickly Powder
bambi.co.id

Tidak hanya dapat mencegah dan mengurangi gatal akibat biang keringat dan iritasi ringan pada kulit bayi, Bambi Baby Prickly Powder yang dapat digunakan setelah mandi juga dapat meredakan kulit yang kemerahan, bercak-bercak putih, kulit kasar karena iritasi ringan dengan kandungan zinc oxide yang ada di dalamnya. 

Untuk kemasan 100 gram, bedak ini dibanderol dengan harga Rp 16.900 (Tokopedia). 
 

2. Caladine Baby Powder

2. Caladine Baby Powder
caladinebaby.com

Caladine Baby Powder adalah bedak tabur yang dibuat khusus untuk mengurangi iritasi dan ruam kemerahan pada bayi. Kandungan Calamine yang ada di dalamnya bertindak sebagai anti inflamasi yang membantu mengatasi gatal akibat iritasi, sedangkan kandungan aloe vera-nya memberikan efek sejuk pada kulit.

Mama bisa membeli bedak ini hanya dengan harga berkisar Rp 12.000 di Bukalapak.
 

Editors' Picks

3. Cussons Baby Prickly Heat

3. Cussons Baby Prickly Heat
cussonsbaby.co.id

Dengan wangi alaminya yang lembut, Cussons Baby Prickly Heat dapat digunakan untuk mengurangi biang keringat yang disebabkan oleh iritasi kulit saat bayi berkeringat. Bedak ini diformulasikan dengan Calamine yang bermanfaat untuk membantu menyejukkan kulit dan mencegah iritasi.

Bedak bayi ini juga mengandung witch hazel extract yang dapat membantu mengurangi rasa gatal. Taburkan pada lipatan kulit dan daerah popok untuk mengurangi kelembaban dan membantu menyerap keringat agar kulit bayi terbebas dari rasa gatal. 

Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa Mama pilih. Kemasan 50 gram seharga Rp 6.500 (Bukalapak), praktis untuk bepergian. Atau ingin lebih hemat untuk pemakaian sehari-hari, pilih kemasan 350 gram seharga Rp 25.700 (Bukalapak).

4. Herocyn Baby Powder

4. Herocyn Baby Powder
Tokopedia

Selain dapat mengurangi rasa gatal yang terutama timbul di dalam lipatan-lipatan kulit, baby powder yang satu ini sangat ideal untuk digunakan pada kulit bayi yang lembut. Dengan komposisi bahan yakni talc, zinc oxide, zinc stearate dan parfum.

Herocyn Baby Powder juga dapat bermanfaat untuk memelihara kulit bayi agar tetap sehat, segar, halus dan harum. Dapatkan bedak Herocyn baby powder ini dalam kemasan 100 gram dan 200 gram, dengan harga terjangkau yaitu Rp 8.500 dan Rp 13.000 (Tokopedia)

5. Zwitsal Extra Care Zinc Baby Powder

5. Zwitsal Extra Care Zinc Baby Powder
Tokopedia

Hadir dalam 2 kemasan dengan berat berbeda yaitu 100 gram dan 300 gram, Zwitsal Extra Care Zinc Baby Powder mengandung 5 bahan perlindungan untuk kulit, yaitu zinc, allantoin, canola Oil, sulphur, dan lactic acid yang berkhasiat untuk memberikan perlindungan optimal terhadap kulit. 

Bedak ini cocok meringankan rasa gatal akibat iritasi ringan dan juga biang keringat. Istimewanya, bedak bayi yang dapat mengurangi rasa gatal ini telah teruji hypo-allergenic yang baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif sekalipun.

Bedak dengan nuansa warna kemasan ungu ini tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 100 gram dan 200 gram. Harganya murah meriah, yaitu berkisar di harga Rp 7.600 dan Rp 15.000 (Tokopedia)
 

6. Konicare Gel Pengurang Gatal

6. Konicare Gel Pengurang Gatal
bundakonicare.com

Berbeda dengan produk yang telah dibahas sebelumnya, pengurang rasa gatal yang formulanya dibuat secara alami ini berbentuk gel lembut yang dapat memberikan sensasi sejuk sehingga dapat meredakan rasa gatal pada kulit bayi dan anak-anak 

Diformulasikan khusus dengan bahan mengandung komposisi ekstrak bunga Hammamelis, ekstrak Aloe Vera, Etanol, Carbomer, Propilenglikol, Trietanolamin, Parfum, Biru Cl no. 41090, Kuning Cl no. 19140, air murni, gel pengurang gatal yang dikemas dalam ukuran 60 ml ini praktis dibawa ke mana saja tanpa perlu khawatir tumpah dalam tas. Harganya pun terjangkau, berkisar Rp 12.000 saja (Tokopedia).

7. Caladine Gel Pengurang Gatal

7. Caladine Gel Pengurang Gatal
Tokopedia

Mama dapat mengoleskan Caladine Gel Pengurang Gatal saat ia mulai merasa kurang nyaman dengan kulitnya. Produk ini mengandung hammamelis extract yang bertindak sebagai anti gatal dan anti inflamasi serta champora & menthol yang dapat memberikan sensasi dingin pada kulit.

Tak hanya itu Caladine Gel Pengurang Gatal yang aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga ini juga berfungsi melembutkan kulit, mengurangi gatal dan anti peradangan dengan kandungan aloe vera dan cucumber extract-nya.

Dikemas dalam botol pump ukuran 50 ml, Caladine Gel Pengurang Gatal ini bisa dibeli dengan harga Rp 20.500 (Tokopedia)

Itulah 7 rekomendasi produk pengurang rasa gatal yang dapat Mama pada si buah hati. Namun, jika rasa gatal tetap tidak berkurang setelah menggunakan produk-produk di atas, sebaiknya segera ajak Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Jangan sekalipun menganggap remeh datangnya rasa gatal yang menyerang, sebab bisa jadi itu menjadi pertanda gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.