Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Ucapan Hari Ibu yang Sudah Meninggal, Semoga Mengobati Rindu

Berikut ini quotes yang bisa diungkapkan di Hari Ibu meski Ibu telah tiada

5 Desember 2022

15 Ucapan Hari Ibu Sudah Meninggal, Semoga Mengobati Rindu
Pexels/Albert Rafael

Hari Ibu memang menjadi momen penting bagi seorang anak untuk memberikan kado atau pesan spesial untuk Ibu tercinta. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan, penghargaaan, dan rasa terima kasih kepada Ibu atas jasa dan pengorbananya.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat menikmati momen perayaan Hari Ibu. Bagi Mama atau anak mama yang kehilangan sosok ibu, maka ucapan selamat Hari Ibu dapat tetap menghidupkan kenangan berharga bersama mereka sekaligus menjadi doa.

Berikut Popmama.com berikan ucapan Hari Ibuyang sudah meninggaldan bisa dipersembahkan meski Ibu sudah tidak lagi berada di dunia. Yuk simak!

1. Ungkapan kerinduan kepada sosok Mama

1. Ungkapan kerinduan kepada sosok Mama
Pexels/Марина Вотинцева

"Aku tidak pernah berhenti berharap kamu berada di sini bersamaku sehingga aku bisa memelukmu erat-erat dan memberitahumu betapa aku merindukanmu. Selamat Hari Ibu, Ma. Rinduku tak akan habis untukmu.”

Merasakan kerinduan kepada Mama yang telah meninggal dunia merupakan hal berat. Anak hanya bisa mengenang momen kebersamaan bersama dan sekadar mengungkapkan rasa kangen tersebut melalui doa.

2. Menyelipkan nama Mama di setiap doa

2. Menyelipkan nama Mama setiap doa
Pexels/RODNAE Productions

“Selamat Hari Ibu, untuk Mama yang jauh di sana. Dalam hariku, dalam setiap langkahku dan dalam setiap doa-doaku selalu selipkan namamu. Aku sangat rindu pada Mama. Semoga surga adalah tempat kelak kita bertemu.”

Saat Mama sudah tiada, maka anak hanya bisa mengirimkan doa dan menyebutkan nama Mama dengan harapan rasa rindu dapat tersalukan melalui lantunan doa yang diucapkan setiap hari, termasuk di saat Hari Ibu.

3. Tetap mengucapkan Hari Ibu melalui doa

3. Tetap mengucapkan Hari Ibu melalui doa
Pexels/Kampus Production

“Hari ini adalah peringatan Hari Ibu. Selamat Hari Ibu ya, Ma. Meski aku tak bisa mengucapkan langsung kepadam, semoga doaku sampai padamu dan membuatmu sejuk disana.”

Salah hal yang bisa dilakukan anak untuk tetap bisa menunjukkan rasa baktinya kepada orangtua yang telah meninggal adalah dengan selalu berdoa. Mengirimkan doa kepada Mama di Hari Ibu merupakan wujud bakti anak atas segala hal yang sudah Mama lakukan untuknya.

4. Berharap Mama selalu bahagia

4. Berharap Mama selalu bahagia
Pexels/Nicola Barts

“Selamat Hari Ibu. Aku kirimkan ucapan selamat Hari Ibu yang hangat untukmu di surga. Aku berharap di manapun Mama berada, Mama selalu bahagia dan tersenyum.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap anak ingin Mama terlihat selalu bahagia. Meskipun telah meninggal dunia, anak akan terus menyanyangi Mama dan mendoakan semoga kebahagiaan tetap mengelilingi Mama.

5. Senantiasa merindukan kehadiran Mama

5. Senantiasa merindukan kehadiran Mama
Pexels/Ron Lach

“Mamaku tersayang, aku harap Mama selalu mengawasiku dari mana pun kau berada. Seperti engkau yang selalu menjadi malaikat pelindungku. Selamat Hari Ibu, dari aku yang setiap hari selau merindukanmu.”

Kehilangan orangtua, terutama sosok Mama adalah hal berat bagi setiap anak. Meskipun sudah belajar ikhlas, terkadang rasa rindu dan bayang-bayang keberadaan Mama di samping anak masih saja terasa.

6. Mama selalu menjadi rumah bagi anaknya

6. Mama selalu menjadi rumah bagi anaknya
Pexels/Ketut Subiyanto

"Layaknya sebuah rumah, Mama memberikan kehangatan dan rasa aman hanya dengan kehadiranmu. Terima kasih selalu ada di sisiku, Selamat Hari Ibu. Aku rindu cinta Mama selamanya."

Seorang Mama adalah rumah bagi keluarganya dan surga bagi anak-anaknya. Ia selalu memberikan kasih sayang yang tak terhingga. Walau sudah tiada, sosok Mama dan kasih sayangnya akan tetap terkenang selamanya.

Editors' Picks

7. Kerinduan yang disalurkan melalui doa

7. Kerinduan disalurkan melalui doa
Pexels/Zen Chung

"Selamat Hari Ibu, Ma. Setiap kali aku merindukanmu, aku juga ingat betapa beruntungnya aku karena kamu ada dalam hidupku.”

Pada momen Hari Ibu, apabila Mama sudah meninggal dunia, maka yang dapat dilakukan oleh seorang anak hanyalah mengingat memori dan kenangan saat Mama masih ada. Lantas hanya rasa rindu yang bisa dirasakan, maka dari itu, doa menjadi perantara kerinduan antara anak dan Mama.

8. Cinta Mama tetap abadi

8. Cinta Mama tetap abadi
Pexels/Ketut Subiyanto

“Dunia tentu berubah dari tahun ke tahun, hidupku pun berjalan dari hari ke hari, tetapi cinta dan kenangan darimu tak akan pernah hilang. Selamat Hari Ibu, Ma."

Kasih sayang Mama kepada anaknya sudah tidak dapat diragukan lagi. Besarnya rasa cinta dan kasih sayang dari seorang Mama akan dapat menjadikan anak sosok yang baik. Sehingga meski Mama telah meninggal dunia, anak akan senantiasa  mengingat segala kenangannya bersama Mama.

9. Selamanya menjadi malaikat bagi anak

9. Selama menjadi malaikat bagi anak
Pexels/RODNAE Productions

“Mama adalah malaikat tanpa sayap yang saat ini sudah tinggal bersama di samping Tuhan. Bahagialah selalu di sana ya, Ma. Selamat Hari Ibu dari aku yang selalu merindukanmu."

Walau Mama sudah meninggal dunia, anak yang berbakti tentu akan tetap mengingat kebaikan yang telah Mama lakukan. Kebaikan serta kesabaran yang Mama berikan kepada anak layaknya malaikat.

10. Selalu mengenang kebaikan Mama

10. Selalu mengenang kebaikan Mama
Pexels/amber currin

"Engkau adalah berkah terbesar yang diberikan Tuhan untukku. Aku bersyukur kaulah yang melahirkanku. Selamat Hari Ibu Ma, kenanganmu akan selalu aku jaga."

Segala kenangan antara Mama dan anak nyatanya tetap abadi meskipun salah satu dari mereka telah meninggal dunia. Dalam momen Hari Ibu pun, anak akan mengucap syukur atas segala jasa dan perbuatan yang telah Mama berikan kepadanya.

11. Bantuan Mama merupakan hal berarti bagi anak

11. Bantuan Mama merupakan hal berarti bagi anak
Pexels/Annushka Ahuja

“Selamat Hari Ibu, Ma. Terima kasih telah membantuku tumbuh dan merekah menjadi diriku seperti ini. Aku mencintaimu dan selalu merindukanmu.”

Mama adalah manusia yang sangat berjasa di kehidupan anak-anaknya. Tak ternilai perjuangan seorang Mama yang telah mengandung, melahirkan, hingga merawat hingga dewasa, sebab karna jasa itulah anak bisa hidup sampai saat ini meski Mama telah tiada.

12. Mama adalah sosok yang tidak tergantikan

12. Mama adalah sosok tidak tergantikan
Pexels/Zen Chung

"Dalam hidup, aku sangat mencintaimu, dalam kematian aku pun masih mencintaimu. Dalam hatiku, Mama memiliki tempat istimewa dan tidak ada orang lain yang akan menggantikannya. Selamat Hari Ibu, Ma."

Tak mudah memang kehilangan sosok orangtua, apalagi seorang Mama. Meski Mama sudah tiada di dunia, keberadaan Mama akan tetap terasa dan tidak dapat digantikan oleh siapapun.

13. Sosok Mama adalah hadiah terbesar bagi anak

13. Sosok Mama adalah hadiah terbesar bagi anak
Pexels/Kampus Production

"Mama adalah hadiah terbesar yang diberikan Tuhan buatku. Rasa syukur selalu kuucap karena engaku yang telah melahirkanku. Selamat Hari Ibu Ma, kenanganmu senantiasa kuingat dan kujaga selamanya."

Tidak hanya kehadiran seorang anak, kehadiran seorang Mama pun adalah sebuah hadiah dan berkat bagi anak. Kesabaran yang besar dari seorang Mama akan selalu dirasakan dan dijaga oleh anak walau Mama meninggal dunia.

14. Doa anak tidak akan terputus untuk Mama

14. Doa anak tidak akan terputus Mama
Pexels/Barbara Olsen

"Walau kini tidak ada lagi raga yang dapat kupeluk. Namun doaku tidak akan pernah terputus untukmu. Aku hanya berharap Mama kini tenang dan bahagia. Selamat Hari Ibu, Ma."

Mendoakan orangtua baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal adalah hak mereka dan untuk mendapatkannya anak memiliki kewajiban untuk melakukannya. Maka dari itu, kekuatan doa dari anak hendaknya tidak boleh terputus dan senantiasa terucap demi kebahagiaan dan ketenangannya.

15. Kenangan Mama selalu terasa hidup

15. Kenangan Mama selalu terasa hidup
Pexels/RODNAE Productions

"Mamaku tersayang, kenangan terindah yang engkau tinggalkan untukku adalah satu-satunya yang mampu menghiburku. Dengan penuh cinta, aku mengucapkan Selamat Hari Ibu. Kenanganmu akan selalu hidup di hatiku."

Keberadaan sosok Mama adalah hal penting bagi anak, sebab dengan adanya Mama anak akan selalu merasa terhibur dan tidak merasa kesepian. Walau Mama telah meninggal dunia, percayalah bahwa kenangan dan kebahagian yang tercipta bersama Mama akn selalu terasa hidup dan terkenang dalam waktu yang lama.

Nah, itulah referensi tentang ucapan Hari Ibuuntuk Ibu yang sudah meninggal. Ketidakhadiran Mama di Hari Ibu mungkin membuat sedih, namun jangan sampai lupa untuk terus mendoakannya ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk