Cara Mengajarkan Remaja Terbiasa Menjaga Kebersihan di Masa Pandemi

Jangan pernah merasa lelah untuk mengingatkan anak selama masa pandemi ini ya, Ma

29 Maret 2021

Cara Mengajarkan Remaja Terbiasa Menjaga Kebersihan Masa Pandemi
Freepik/pvproductions

Sudah setahun lebih nih Ma, kita hidup di era pandemi. Tapi kadang menjaga kebersihan dan keamanan masih jadi tantangan ya Ma, terutama bagi anak remaja. 

Pandemik merupakan tantangan tersendiri terutama bagi para Mama untuk melindungi keluarga. Seorang Mama adalah superhero untuk keluarganya. Agar setiap anggota keluarga memiliki kesadaran yang sama tingginya dalam menjaga kebersihan dan keamanan di masa pandemi, ada baiknya Mama mengajarkan lagi ke anak remaja di rumah.

Meski sudah diberitahukan pentingnya melakukan protokol kesehatan dan mendisinfeksi barang-barang setelah dipakai, kadang anak menyepelekan hal ini. 

Padahal mendisinfeksi barang-barang di sekitar adalah hal yang penting untuk menjaga kebersihan. Berikut Popmama.com telah merangkum cara simpel mengajarkan anak remaja untuk sadar menjaga kebersihan di masa pandemi.

Editors' Picks

1. Selalu siapkan masker di tas

1. Selalu siapkan masker tas
Pexels/August de Richelieu

Siapkan masker lebih dari 1 jika anak remaja mama pergi keluar rumah lebih dari 4 jam. Memakai masker pada saat keluar rumah sangat penting untuk menjaga diri sendiri demi menghindari perpindahan kuman dan bakteri yang tersebar melalui udara. 

Terkadang ada beberapa hal yang bisa terjadi hingga masker tidak bisa dipakai lagi, misalnya ketika jatuh ke lantai yang kotor.

Hal ini harus kita tanggulangi dengan cara membawa masker tambahan didalam tas ketika diluar rumah, sehingga ketika masker yang dipakai jatuh ke lantai yang kotor bisa langsung diganti dengan masker yang baru.

2. Sebelum masuk ke mobil sanitasi terlebih dulu

2. Sebelum masuk ke mobil sanitasi terlebih dulu
Dok. Origita

Jika anak remaja ikut Mama pergi berbelanja ke supermaket, sebaiknya biasakan anak untuk sigap melakukan hal ini:

  • pakai handsanitizer
  • sanitasi pakaian dan sepatunya
  • bantu Mama sanitasi tas belajaan sebelum masuk ke mobil.

Begitu sampai di rumah, bersih-bersih tas belanjaan pun bisa diulang sekali lagi. Berbelanja ke supermarket adalah salah satu rutinitas setiap bulan, jadi anak seharusnya bisa terbiasa dengan perilaku baru ini.

Stella oktaviani, selaku Brand Manager Origita menjelaskan dalam keterangan tertulis mengatakan, "Saat berbelanja di supermarket itu, banyak banget kuman dan bakterinya tanpa kita sadari. Terutama saat berada di dalam kerumunan banyak orang. Oleh karena itu setelah berbelanja, penting untuk terbiasa langsung di sterilisasi dengan disinfectant spray."

Ia mengimbau agar para Mama beserta seluruh anggota keluarga memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan secara utuh.

Mama juga perlu menjelaskan ini pada anak mama, sehingga hal ini menjadi kebiasaan baru bagi anak untuk memproteksi kesehatan keluarga.

"Pemilihan disinfectant spray juga harus tepat, harus dilihat kandungannya, dan aman ketika kena baju dan belanjaan atau tidak. Origita Disinfectant Spray adalah salah satu disinfectant spray yang multifungsi dan mempunyai aroma lemon segar, sehingga bisa digunakan untuk pengharum ruangan, sanitasi di baju keluarga dan di belanjaan juga, jadi belanja bulanan bisa lebih aman dan nyaman," ungkap Stella.

3. Penggunaan antiseptic cair dengan tepat dan bijak

3. Penggunaan antiseptic cair tepat bijak
Dok. Origita

Stella juga menjelaskan, "Sebagai Mama yang peduli akan kebersihan dan kesehatan keluarganya, wajib tahu penggunaan antiseptik cair. Penggunaan Antiseptik cair pasti lebih sering dari biasanya di masa pandemi ini."
 
Jika sebelum pandemik, mandi hanya memakai sabun, tapi kalau sekarang orang-orang jadi cenderung memakai Antiseptic Cair agar kuman dan bakteri yang menempel ditubuh langsung mati, dan rumah pun terlindungi. 

Stella menjelaskan, "Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan penggunaan antiseptic cair, contohnya untuk mandi, mengepel lantai, mencuci baju, membersihkan luka, dll. Namun pemilihan antiseptic cair juga harus tepat."

Tidak semua antiseptic bisa multifungsi seperti contoh yang disebutkan di atas, selain itu pemilihan kandungannya juga harus diperhatikan agar keluarga makin terjaga, jauh dari kuman dan bakteri. 
Stellah menjelaskan, "Produknya yang berupa liquid memiliki kandungan Chloroxylenol, dapat membunuh kuman dan bakteri, serta bisa multifungsi juga, tidak hanya untuk mandi, tapi bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti yang telah disebutkan. Wangi pine yang khas, membuat keluarga lebih rileks dengan aromanya, danmudah didapat di Mini Market terdekat."

Nah, kebiasaan menjaga kebersihan demi kesehatan keluarga sebaiknya ditularkan ke anak-anak. Itulah beberapa cara simpel membiasakan anak remaja menjaga kebersihan di masa pandemi yang bisa Mama terapkan. Semoga selalu terhindar dari segala virus, bakteri dan kuman ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.