Manfaat Minum Jus Setiap Hari untuk Anak Selama Puasa Ramadan

Inilah manfaatnya untuk kesehatan anak dan perhatikan juga takaran minum jus yang disarankan

6 Mei 2021

Manfaat Minum Jus Setiap Hari Anak Selama Puasa Ramadan
Freepik

Ramadan, bulan suci penuh ampunan. Orang berloma-loma untuk melakukan kebaikan. Banyak orang meningkatkan cara menjaga kesehatan tubuh. Bermacam hal dilakukan agar ibadah puasa di bulan Ramadan bisa berjalan dengan baik.

Begitu pula dalam menjaga kesehatan anak-anak. Mama tentu ingin mereka tetap sehat dengan cara yang alami. Tidak ingin anak mengalami gangguan pencernaan yang akhirnya bisa membuat anak terganggu karena tidurnya terganggu.

Konsumsi jus kini menjadi salah satu gaya hidup sehat yang banyak dijalani oleh orang-orang terutama di perkotaan. Banyak orangtua juga menerapkan ini kepada anak-anaknya.

Banyak alasan yang membuat orang sangat suka minum jus setiap hari. Mengapa?

Banyak manfaat yang didapat dari minum jus setiap hari selama menjalankan puasa di bulan Ramadan, terutama untuk menjaga kesehatan anak.

Agar efeknya bisa optimal, berikut Popmama.com telah merangkum ulasan lengkapnya dari tim Ngovee terkait manfaat minum jus untuk anak setiap hari.

1. Menyehatkan sistem pencernaan

1. Menyehatkan sistem pencernaan
Freepik

Konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat sangat baik terutama terhadap saluran pencernaan seseorang. Konsumsi buah dan sayur ini akan membantu untuk membersihkan usus, ginjal hingga perut dari kotoran dan juga racun.

2. Meningkatkan stamina tubuh

2. Meningkatkan stamina tubuh
Freepik

Jus buah segar yang kaya akan vitamin dan juga mineral sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh anak secara cepat.

Alhasil, energi dan juga stamina tubuh pun akan meningkat berkat keberadaan nutrisi yang penuh dari jus buah dan juga sayuran tersebut.

Editors' Picks

3. Membantu menurunkan berat badan

3. Membantu menurunkan berat badan
Freepik

Dilansir dari laman Mayoclinic, “Orang yang sedang menjalani diet banyak yang disarankan untuk mengonsumsi jus buah dan sayur sebagai pengganti makanan utama ataupun pendampingnya. Jus yang dibuat dari buah dan sayur sangat tinggi akan kandungan serat yang baik untuk mengenyangkan tubuh dan menurunkan berat badan.”

Jika anak mama mengalami masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas, maka inilah saatnya untuk melakukan perubahan. Anak perlu merasakan manfaat minum jus setiap hari.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

4. Meningkatkan kesehatan kulit
Pexels/Pixabay

Kandungan vitamin dan juga mineral dari jus sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seseorang. Alhasil, kulit pun akan lebih lembab, terhidrasi dengan baik dan juga menurunkan risiko penuaan dini pada seseorang.

5. Menormalkan tekanan darah

5. Menormalkan tekanan darah
Womenshealthmag.com

Konsumsi jus secara teratur sangat baik untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi jus tersebut juga sangat baik untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap normal dan baik.

Tidak ada gejala khusus pada anak yang mengalami kolesterol. Tapi perlu diketahui, usia yang ideal untuk melakukan cek kolesterol adalah 9-11 tahun, kemudian mengulangi cek kolesterol saat usia anak 19-21 tahun.

Mencegah tentu akan lebih baik kan, Ma?

Baiknya minum jus setiap hari bagi anak-anak adalah bisa menormalkan tekanan darah. Ini juga bisa menstabilkan suhu tubuh anak selama menjalankan puasa.

6. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

6. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik

Beberapa buah-buahan sangat kaya akan kandungan zat antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah tubuh dari paparan radikal bebas berbahaya. Contohnya seperti jeruk, buah naga, plum, stroberi atau kiwi.

Jika Mama memberikan pada anak secara rutin dan anak mau mengonsumsi jus yang dibuat dari buah-buahan ini, maka akan sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Imun anak pun akan semakin kuat.

Hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Anjuran Minum Jus

Hal Harus Diperhatikan Mengenai Anjuran Minum Jus
Freepik/drobotdean

Banyak pakar ahli kesehatan yang lebih menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar ketimbang jus. Meski begitu, bukan berarti mengonsumsi jus tidak disarankan. Mengonsumsi jus memiliki manfaat yang besar bagi tubuh terutama jika jus buah tidak diberikan tambahan bahan pemanis.

Sebenarnya jika jus yang Mama buat sendiri hanya terdiri buah murni, maka tidak masalah untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Yang harus sangat diperhatikan adalah ketika jus tersebut merupakan jus kemasan ataupun sudah ditambahkan dengan pemanis buatan.

Apabila jus yang dikonsumsi anak adalah jus kemasan ataupun jus dengan penambahan pemanis, maka telitilah jumlah glukosa pada setiap kemasannya.

Hindari mengonsumsinya terlalu banyak mengingat kadar glukosa tinggi dalam darah tidaklah baik.

Hal yang sama juga disampaikan oleh tim nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, “Jus sendiri merupakan salah satu cara alternatif untuk memenuhi kebutuhan asupan buah, sayur, dan serat sehari-hari. Menurut Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan, setidaknya orang membutuhkan 2-3 porsi buah dan 3-4 porsi sayur dalam sehari untuk dikonsumsi.”

Lalu bagaimana agar bisa mendapat manfaat secara maksimal dari jus yang diminum setiap hari oleh anak?

“Untuk konsumsi jus yang baik, disarankan untuk membuat jus sendiri dan sesaat setelah dibuat bisa segera diminum agar mendapatkan manfaat vitamin dan mineral secara maksimal. Gunakan gula alami seperti madu secukupnya untuk menambah rasa dan selera. Disarankan untuk tidak menambah gula lagi secara berlebihan saat mengonsumsi jus segar agar tidak menambah kalori berlebih dari konsumsi jusnya,” demikian keterangan Kelvin Halim.

Itulah penjelasan dari manfaat minum jus untuk kesehatan anak dan aturan mengonsumsi yang aman. Dapatkan saran dari ahlinya dengan konsultasi kepada ahli gizi. Mama juga bisa dapatkan saran melalui aplikasi kesehatan, salah satunya melalui Jovee agar anak tetap sehat dan bugar selama puasa di bulan Ramadan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.