Bacaan Niat dan Doa Berwudhu yang Perlu Anak Mama Ketahui

Wudhu termasuk syarat sah salat sehingga wajib dilakukan dengan benar

13 Februari 2021

Bacaan Niat Doa Berwudhu Perlu Anak Mama Ketahui
Pixabay/muhammedweb

Mengajarkan anak tentang amalan wajib, seperti salat fardhu merupakan tanggung jawab setiap orangtua. Tidak hanya mengajarkan anak bacaan niat dan tata cara salat, penting juga memberi pemahaman tentang syarat sah dalam salat. 

Salah satunya mengajarkan anak cara berwudhu yang benar, Ma. Wudhu bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran atau najis sehingga umat Islam berada dalam keadaan suci ketika menunaikan salat. 

Mengingat pentingnya peran wudhu sebelum mengerjakan salat, sudah sepatutnya orangtua mengajarkan bacaan niat, doa, dan cara wudhu yang sesuai ajaran agama Islam. Sebagai panduan, Mama dan Papa mungkin dapat menyimak penjelasan Popmama.com berikut ini. 

Editors' Picks

1. Bacaan doa sebelum wudhu dan artinya

1. Bacaan doa sebelum wudhu artinya
Pixabay/3345408

Wudhu termasuk syarat sah atau penentu apakah salat yang ditunaikan diterima Allah SWT atau tidak. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis.

Diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dalam hadits Bukhari, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

“Allah tidaklah menerima sholat salah seorang di antara kalian ketika ia berhadats sampai ia berwudhu.”

Maka, sudah sepatutnya umat Islam memahami bacaan doa serta tata cara wudhu yang baik dan benar. Sebelum melakukan wudhu, dianjurkan untuk melafalkan doa, Ma. Berikut doa sebelum wudhu yang dapat Mama ajarkan pada anak.

Asyhadu al lâ ilâha illa-Llâhu wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasûluhu.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

2. Bacaan niat dan tata cara melaksanakan wudhu

2. Bacaan niat tata cara melaksanakan wudhu
Pixabay/drfuenteshernandez

Segala sesuatu yang dilakukan hendaknya dibarengi dengan niat. Tidak terkecuali saat melaksanakan wudhu sebelum salat. Berikut bacaan niat wudhu yang sebaiknya Mama ajarkan pada anak. 

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa.

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu karena Allah”.

Dalam mengajarkan wudhu pada anak, arahkan juga mereka untuk melakukan gerakan wudhu dengan benar dan tertib. Adapun tata cara berwudhu secara fardhu (wajib dilakukan berurutan), yaitu:

  • membaca niat berwudhu,
  • membasuh seluruh telapak tangan sampai ke sela-sela jari,
  • berkumur untuk menghilangkan sisa kotoran dalam mulut dan gigi,
  • membersihkan lubang hidung dengan menghirup air lalu mengeluarkannya,
  • membasuh wajah mulai dari ujung kepala mengenai rambut hingga ke bawah dagu,
  • membasuh tangan hingga mengenai siku dan dimulai dari tangan kanan,
  • mengusap bagian kepala,
  • mengusap kedua bagian telinga, dan
  • membasuh kaki hingga mengenai mata kaki dimulai dari kaki kanan.

Selain melakukan seluruh gerakan wudhu secara berurutan, ada beberapa gerakan wudhu yang juga disunahkan/dianjurkan Rasulullah SAW. Saat mencuci telapak tangan, mengusap telinga, dan berkumur, sebaiknya dilakukan selama 3 kali dalam masing-masing gerakan. 

3. Bacaan doa setelah wudhu dan artinya

3. Bacaan doa setelah wudhu artinya
Pixabay/muhammedweb

Sama seperti saat hendak melakukannya, setelah wudhu selesai pun dianjurkan untuk memanjatkan doa. Berikut doa sesudah wudhu yang perlu anak ketahui, Ma.

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).”

Itulah bacaan niat serta doa berwudhu, dilengkapi dengan tata cara wudhu yang benar. Semoga dapat menjadi referensi bagi Mama dan Papa dalam mengajarkannya pada anak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.